Tingkatkan Pengetahuan Pengendalian Hama dan Peyakit Kakao, Petani di Luwu Ikuti Pelatihan Berbasis Lingkungan
  • Jelajahi

    Copyright © kabartujuhsatu.news
    Best Viral Premium Blogger Templates


    Daftar Blog Saya

    Tingkatkan Pengetahuan Pengendalian Hama dan Peyakit Kakao, Petani di Luwu Ikuti Pelatihan Berbasis Lingkungan

    Kabartujuhsatu
    Jumat, 18 Juni 2021, Juni 18, 2021 WIB Last Updated 2021-06-18T10:21:51Z
    masukkan script iklan disini
    Para peserta pelatihan pengendalian hama dan penyakit pada tanaman kakao berbasis lingkungan saat ke lokasi  (Ist).

    Luwu (Sulsel), Kabartujuhsatu.news,-Terus berupaya dalam meningkatkan kompetensi pengurus dan anggota kelompok tani dalam upaya percepatan pencapaian kedaulatan pangan nasional, Pelatihan Tematik Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman Kakao bagi Non Aparatur Angkatan II digelar untuk memotifasi petani kakao guna mengembalikan kejayaan tanaman kakao di Kecamatan Bupon.

    Kepala Badan Penyuluhan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi, pernah mengatakan salah satu faktor penting dalam membangun pertanian adalah SDM. "Oleh sebab itu, kita akan terus berupaya agar SDM Pertanian Indonesia terus meningkat skill, pengetahuan, kemampuan, khususnya penyuluh, petani, petani milenial, poktan hingga gapoktan," kata Dedi.



    Irwan Hamka, Pimpinan BPP Bupon ingin kembali mengembangkan Tanaman Kakao yang menjadi unggulan Kelompok Tani di Kecamatan Ponrang Selatan. Komoditas Perkebunan ini pernah menjadi yang terbesar di Kabupaten Luwu. Sebagai UPTD yang merupakan perpanjangan tangan Kementerian Pertanian beliau terus berupaya memberdayakan pelaku utama dan pelaku usaha dalam pendampingan serta fasilitasi inovasi baru petani dan penyuluh yang datang di BPP Bupon.

    Bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan petani kakao tentang hama dan penyakit tanaman kakao sehingga petani dapat mengendalikan dengan bijak berbasis lingkungan untuk meningkatkan produktifitas serta bersemangat untuk memelihara tanaman kakaonya sehingga dapat meningkatkan hasil produksi kakao Kelompok Tani di BPP Bupon. Ungkap Irwan yang sering disapa cuang oleh penyuluh dan petani Kecamatan Bupon.

    Salah seorang peserta pelatihan, Indra dari Kelompok Tani Mingkede, Kec. Bupon merasa termotivasi dan senang mengikuti pelatihan ini karena banyak ilmu yang bisa diperoleh, khususnya penangendalian hama dan penyakit. Metode pengajaran yang diterimapun sangat konvensional dengan video pengendalian yang dapat mereka ikuti nantinya saat dilapangan nanti.

    Kegiatan yang sama juga terlaksana di BPP Belopa Utara dengan Pelatihan Teknis Tematik Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman Cengkeh Bagi Non Aparatur Angkatan I di BPP Larompong, Pelatihan Teknis Tematik Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman Bawang Merah Bagi Aparatur Angkatan II di BPP Latimojong Kabupaten Luwu sebanyak 30 orang peserta, Tanggal 17 s/d 19 Juni 2021 besok. (Al-Aziz/Yuli N).
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini