Upaya Berdayakan Petani, Komoditas Jagung Jadi Sasaran Sekolah Lapang di Jeneponto
  • Jelajahi

    Copyright © kabartujuhsatu.news
    Best Viral Premium Blogger Templates


    Daftar Blog Saya

    Upaya Berdayakan Petani, Komoditas Jagung Jadi Sasaran Sekolah Lapang di Jeneponto

    Kabartujuhsatu
    Kamis, 10 Agustus 2023, Agustus 10, 2023 WIB Last Updated 2023-08-10T16:29:39Z
    masukkan script iklan disini

    Jeneponto, Kabartujuhsatu.news, Paradigma penyuluhan pertanian yang diperlukan untuk menghadapi era agribisnis dan otonomi daerah ini adalah paradigma yang memposisikan petani dan keluarganya sebagai fokus kegiatan pembangunan pertanian. 

    Kegiatan penyuluhan pertanian diarahkan sebagai upaya memberdayakan petani dan keluarganya agar mampu menerapkan konsep agribisnis secara utuh dan selaras dengan potensi wilayah. 

    Program Rural Empowerment Agricultural Development Scaling Up (READSI) yang sangat fokus pada peningkatan kapasitas SDM pertanian yang dilaksanakan dalam bentuk pelatihan bagi Penyuluh Pertanian guna membekali para Penyuluh Pertanian dengan pengetahuan dan keterampilan untuk melakukan pendampingan terhadap kelompok tani di lokasi Program READSI dalam penerapan Sekolah lapang Komoditas Jagung di wilayah Jeneponto, Sulawesi Selatan. 

    Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) dalam membuka program sekolah lapang di Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan menyampaikan kegiatan ini merupakan bagian dari program Rural Empowerment And Agricultural Development Scalling-Up Innitiative (READSI) sebagai upaya pemerintah dalam mendorong peningkatan usaha tani dan kesejahteraan petani melalui teknologi.

    "Program ini sangat penting karena ilmunya berlangsung pada bagaimana membangun desa yang makin kuat, makin baik dan bagaimana membangun agar masyarakat desa lebih khusus perempuan dan generasi mudanya terlibat membangun desa yang makin sejahtera," ujar SYL . 

    Sementara itu, Kepala BPPSDMP Kementan, Dedi Nursyamsi mengatakan bahwa program Readsi erat kaitannya dengan kegiatan penyuluhan dengan sekolah lapang ini.

    "Penyuluhan ini tidak lepas dari peran penyuluh pertanian lapang dimana penyuluh pertanian lapang dapat membantu petani memperoleh informasi mengenai segala sesuatu yang berhubungan dengan pertanian yang mana" katanya. 

    Melalui kegiatan sekolah lapang. Kegiatan sekolah lapang ini dimaksudkan agar para kelompok tani mampu menyalurkan aspirasi atau pendapatnya tentang pertanian khususnya dalam peningkatan produksi tanaman jagung supaya dapat berproduksi secara maksimal. 

    Seperti diketahui bahwa dilingkungan Desa bontoramba dan karelayu ini, banyak petani yang membudidayakan tanaman jagung dan belum sepenuhnya mengetahui bagaimana langkah-langkah memaksimalkan produksi tanaman jagungnya. 

    Harapannya pada Sekolah lapang ini diadakan untuk memberikan pengetahuan-pengetahuan kepada petani seputar tanaman jagung danjuga tahapan-tahapan membudidayakan tanaman jagung secara baik dan benar sehingga nantinya para petani tidak kesulitan dalam memelihara tanaman jagung yang ditanamnya.

    Pelaksanaan  Sekolah Lapang ini berlangsung dari Bulan Agustus sampai Desember2023 pelaksanaan sekolah lapang ini dipantau langsung oleh di tim Pusat Pelatihan Pertanian.

    (Red/**)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini