-->
  • Jelajahi

    Copyright © kabartujuhsatu.news
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Daftar Blog Saya

    Dua Desa Bertetangga di Kecamatan Liliriaja Soppeng Berubah dari Status Desa Berkembang Menjadi Desa Maju

    kabartujuhsatu
    Senin, 03 Mei 2021, Mei 03, 2021 WIB Last Updated 2021-05-04T06:06:59Z
    masukkan script iklan disini
    Kepala Desa Jampu, Nurhafsah, S.Sos. MM dan Kades Barang Andi Anwar (Foto Istimewa).

    Soppeng (Sulsel), Kabartujuhsatu.news,- 2 Desa dikecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng mengalami peningkatan status dari Desa Berkembang Menjadi Desa Maju, Jumat(30/4)

    Kedua Desa yang mengalami Peningkatan Status tersebut yakni Desa Jampu yang di pimpin Nurhafsah, S.Sos. MM dan Desa Barang yang di pimpin oleh Andi Anwar.

    Pendamping lokal desa, Yunita Lisa Putri, S. Pd, yang di Komfirmasi menjelaskan bahwa peningkatan status kedua Desa tersebut berdasarkan IDM (Indeks Desa Membangun) yang disusun dari tiga pilar utama yakni Indeks Sosial, Indeks Ekonomi, dan Indeks Lingkungan kemudian diturunkan menjadi 22 variabel dan 52 indikator sehingga ketiganya berubah status.

    Kepala Desa Jampu,Nurhafsah, S.Sos. MM saat menerima SK status Desa dari P3MD, Yunita Lisa Putri S. Pd, Rustang ST disaksikan Babinkhantimas Rudhy (Foto Istimewa

    Menurut Yunita Sapaannya, "Dalam pengukuran status desa oleh Kemendes, terdapat lima klasifikasi status desa dalam Indeks Desa Membangun yaitu yang pertama Desa Sangat Tertinggal, Kedua Desa Tertinggal, Ketiga Desa Berkembang, Ke empat Desa Maju dan Kelima Desa Mandiri.

    "SDM yang kreatif dan inovatif, serta Partisipasi Masyarakat dan menjadi pelaku dan penggerak utama dari pertumbuhan kawasan pedesaan."Kata Yunita

    Selain itu Kata Yunita, meningkatkan pengembangan kapasitas berupa pelatihan teknis serta mengembangkan sarana dan prasarana ataupun dalam memacu dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDES).

    Kepala Desa Barang saat menerima SK peningkatan status bersama P3MD dan Babinsa (foto istimewa)

    Terkait Desa Jampu dan Desa Barang menurut Yunita, dari Awal memang kedua Kepala Desa ini, baik Nurhafsah, S.Sos. MM maupun Andi Anwar memang sangat aktif dalam membangun Desanya khususnya dalam prioritas penggunaan Dana Desa, Pungkasnya.

    Sekedar diketahui kedua Desa ini, baik Desa Jampu maupun Desa Barang keduanya adalah Desa yang bertetangga dan berbatasan langsung yang berada di ujung timur Kecalakaan Liliriaja berbatasan dengan kecamatan Citta Kabupaten Soppeng. (RED/Young).
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini