Cegah Penyebaran Virus Covid-19, Pemdes Masara dan BPD Sukses Gelar Program Vaksin Covid-19 Tahap Pertama
  • Jelajahi

    Copyright © kabartujuhsatu.news
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Daftar Blog Saya

    Cegah Penyebaran Virus Covid-19, Pemdes Masara dan BPD Sukses Gelar Program Vaksin Covid-19 Tahap Pertama

    Kabartujuhsatu
    Rabu, 05 Mei 2021, Mei 05, 2021 WIB Last Updated 2021-05-06T03:52:21Z
    masukkan script iklan disini
    Kades Masara Abdul Rahman (kiri) bersama Sekdes Hasanudin, S.Sos saat divaksin (Foto Istimewa)

    Muna Barat (Sultra), Kabartujuhsatu.news,-Pemerintah Desa (Pemdes) Masara Kecamatan Napano Kusambi kabupaten Muna Barat, baik Kepala Desa maupun seluruh jajaran perangkatnya melakukan vaksinasi Covid-19 tahap pertama yang dilangsungkan di Puskesmas Sidamangura Kecamatan Kusambi Kabupaten Muna Barat kemarin Rabu, (05/05/21).

    Vaksinasi tersebut diikuti oleh Kepala Desa dan tujuh orang perangkatnya, satu orang kader posyandu juga Ketua BPD masara yang merupakan mitra kerja pemerintah desa turut berpartisipasi dalam menyukseskan program nasional tersebut.

    Pelaksanaan vaksinasi ini merupakan bagian dari pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 tahap II di Muna Barat bagi pelayan publik yang didalamnya termasuk Aparatur pemerintahan di Desa. 

    Vaksinasi di Desa Masara baru dilakukan  pertama kali dan tahap keduanya akan dilaksanakan pada tanggal 1 juni 2021 mendatang. 

    Kepala Desa Masara Abdul Rahman menjelaskan tentang Tata Cara agar masyarakat mendapatkan pelayanan Vaksinasi Virus Covid-19 ini, yaitu dengan melakukan pendaftaran terlebih dahulu dengan menunjukan Identitas kepada bagian pelayanan untuk dilakukan verifikasi sambil mengikuti Rapid Tes dan pemeriksaan kondisi tubuh.

    Setelah diverifikasi Lanjut Rahman,Dokter akan melakukan anamnesis dan pemeriksaan fisik sederhana untuk melihat kondisi kesehatan & mengidentifiasi penyakit peserta. 

    Jika kondisi peserta sehat, maka dilakukan penyuntikan Vaksinasi oleh tenaga medis dari puskesmas setempat.

    Setelah itu, penerima Vaksin akan menuju ruang pencatatan dan observasi yaitu petugas mencatat hasil pelayanan vaksinasi. 

    Penerima Vaksin selanjutnya diobservasi selama 30 menit untuk memonitor, kemungkinan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi atau biasanya disingkat KIPI,dan selanjutnya menerima kartu vaksinasi.jelas kades Masara.

    Tidak hanya itu,Kepala Desa Masara juga menghapkan kepada masyarakat  khususnya Desa Masara untuk tidak ragu dan takut untuk divaksin,demi ketahanan dan menambah Imun tubuh demi mencegah virus mematikan itu.

    Karena Melalui vaksinasi ini, di harapkan dapat membentuk kekebalan pada tubuh. Artinya, jika vaksinasi ini terus digencarkan dan diperluas, tidak hanya individu-individu yang lebih kebal dalam mencegah serangan Virus ini namun juga  akan dapat membentuk kekebalan di tingkat  di masyarakat yang lebih luas.

    "Harapan kami sebagai Pemdes, Demi pencegahan virus ini di harapkan agar masyarakat jangan takut terhadap vaksin karena virus ini menyebar dengan begitu cepat bila kita tidak cegah, tentunya di mulai dari diri kita sendiri".Harapnya

    Sementara itu Sekretaris desa, yang kerap di panggil Hasan, mengungkapkan Jajaran Pemdes dan BPD desa masara sudah divaksin tahap pertama, di dukung dengan pelayanannya sangat luar biasa, tahapan-tahapanya sangat jelas apalagi petugas-petugasnya baik dan ramah.

    Menurutnya lanjut Mantan Ketua DPM Fisip UHO ini, proses vaksinasi sangat cepat dan sesuai prosedur kesehatan yang optimal. "Alhamdulillah disuntik tidak terasa dan sekilas langsung selesai, karena mungkin kita usia di atas 20 tahunan jadi masih agak kuat secara fisik".imbuhnya

    "Saya kira ini sangat bagus dalam rangka untuk membangun kekebalan tubuh terhadap virus Covid-19 secara nasional, dimulai dari kita semuanya dan sekitar kita dan mudah-mudahan bisa berjalan dengan baik," Tutup Hasan.

    (Red/Darlan Cardoba)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini