Kementan Tingkatkan Kompetensi Pengetahuan Agribisnis Jahe Melalui Pelatihan Sasar Para Penyuluh
  • Jelajahi

    Copyright © kabartujuhsatu.news
    Best Viral Premium Blogger Templates


    Daftar Blog Saya

    Kementan Tingkatkan Kompetensi Pengetahuan Agribisnis Jahe Melalui Pelatihan Sasar Para Penyuluh

    Kabartujuhsatu
    Selasa, 30 April 2024, April 30, 2024 WIB Last Updated 2024-04-30T13:42:31Z
    masukkan script iklan disini

    Gowa, Kabartujuhsatu.news, Dalam rangka untuk mendukung program Jamu Sebagai Identitas Bangsa, Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Batangkaluku sebagai salah satu UPT Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian, menggelar Pelatihan Agribisnis Tanaman Jahe bagi Penyuluh Pertanian, yang dilangsungkan di BBPP Batangkaluku, Selasa (30/04/2024).

    Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi berupa pengetahuan, keterampilan, sikap Penyuluh Pertanian dalam beragribisnis jahe sebagai upaya untuk meningkatkan produktivitas pertanian secara berkelanjutan dalam peningkatan kesejahteraan bagi petani.

    Berkaitan dengan hal tersebut, Kepala BPPSDMP, Dedi Nursyamsi menyampaikan bahwa kunci keberhasilan pembangunan pertanian tidak lain adalah untuk peningkatan produktivitas.

    “Tujuannya adalah dengan menyediakan pangan bagi 280 juta penduduk Indonesia, meningkatkan kesejahteraan petani serta menggenjot ekspor,” ungkapnya.

    Sementara itu, Kepala BBPP Batangkaluku, Muhammad Sidiq dalam sambutannya mengatakan bahwa program Jamu sebagai Identitas Bangsa merupakan program yang telah disepakati oleh Bappenas dan DPR.

    "Program tersebut bertujuan untuk mengangkat dan mempromosikan jamu sebagai integral dan warisan budaya indonesia yang unik dan berharga.


    "Jamu yang merupakan sistem pengobatan tradisional berbasis herbal yang telah digunakan selama berabad-abad tersebut tidak hanya merepresentasikan kearifan lokal, tetapi juga memiliki potensi ekonomi yang siginifikan," ungkapnya.

    Muhammad Sidiq menambahkan bahwa pelatihan agribisnis jahe tidak hanya dirancang sebagai forum pembelajaran tetapi juga sebagai perform untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan teknis tentang budidaya dan pemasaran jahe.

    "Sama seperti komoditas lainnnya, tanaman jahe juga menghadapi sejumlah tantangan teknis, mulai dari persiapan lahan, hingga pasca panen yang perlu kita atasi bersama, sehingga diperlukan pengenalan dan pengalaman melalui pelatihan bagaimana beragribisnis tanaman jahe yang baik agar tercapai hasil optimal secara kualitas, kuantitas, dan kontinuitas," terangnya.

    Kegiatan pelatihan berlangsung selama 7 (tujuh) hari, diikuti oleh peserta yang berasal dari seluruh provinsi se-Sulawesi, dan dibagi menjadi 2 (dua) angkatan untuk masing-masing angkatan terdiri dari 30 (tiga puluh) orang peserta.

    Adapun metode pelatihan yang digunakan berupa ceramah, diskusi, praktek, simulasi, demonstrasi dan metode lainnya.
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini