Masa Perbaikan Dokumen Bacaleg Peserta Pemilu di Soppeng Dilakukan di Hari Terakhir
  • Jelajahi

    Copyright © kabartujuhsatu.news
    Best Viral Premium Blogger Templates


    Daftar Blog Saya

    Masa Perbaikan Dokumen Bacaleg Peserta Pemilu di Soppeng Dilakukan di Hari Terakhir

    Kabartujuhsatu
    Minggu, 09 Juli 2023, Juli 09, 2023 WIB Last Updated 2023-07-11T02:43:33Z
    masukkan script iklan disini

    Partai Gerindra Kabupaten Soppeng saat melakukan pengajuan perbaikan dokumen Bacaleg (Ist).

    Soppeng, Kabartujuhsatu.news,- Sejumlah Partai Politik peserta pemilu legislatif di kabupaten Soppeng melaksanakan tahapan perbaikan Dokumen berkas Bacaleg di hari terakhir, Minggu (9/7/2023).


    Dari pantauan media, Ketua KPU Soppeng Irwan Usman bersama 4 komisioner KPUD kabupaten Soppeng Muh Hasbi, Haswinardi, Lanyalla Suwarno dan Risal melakukan tahapan masa perbaikan dokumen Bacaleg mulai dari pukul 16.00 hingga pukul 24.00.


    Komisioner KPU kabupaten Soppeng Risal menyebutkan sebanyak 5 hari masa perbaikan yang disediakan bagi partai peserta pemilu.


    Dari 14 partai peserta pemilu legislatif 2024 untuk kabupaten Soppeng yang melakukan masa perbaikan Dokumen berkas Bacaleg, hampir semua dilakukan di hari terakhir yang dimulai dari partai Gelora, PBB, Golkar, PKS, PPP, Buruh, Nasdem, Perindo, Gerindra, PDIP, PKB, PSI, Demokrat dan PAN.


    Anggota KPUD kabupaten Soppeng Haswinardi mengatakan," Batas masa perbaikan terakhir hari ini Minggu (9/7/2023) hingga pukul 24.00.


    Sementara itu anggota KPUD kabupaten Soppeng Muh Hasbi menyebutkan bahwa sampai pukul 23.59 yang penting sudah registrasi maka berkas bara Bacaleg Partai peserta Pemilu dapat diproses meski melewati batas waktu pukul 24.00 wita.


    "Bagi Partai peserta pemilu yang melewati batas registrasi tetap di proses namun tidak memenuhi syarat (TMS), ungkapnya.


    Dari pantauan media dalam tahapan masa perbaikan tersebut, ada beberapa pengurus partai peserta pemilu legislatif yang sempat tegang seperti PKS yang salah satu Bacalegnya terdaftar di PBB sehingga Ketua KPU Soppeng Irwan Usman menegaskan harus ada surat pernyataan yang bersangkutan ingin di partai mana.


    Karena menurut Irwan Usman harus ada surat pernyataan bahwa Dia dalam kondisi sadar telah memilih dan menjadi Bacaleg di partai mana, ungkapnya.



    Sementara itu, Partai Gerindra yang sempat datang lebih awal pada sore hari namun juga terkendala dengan jaringan yang error'  (Silon internal Partai yang mengharuskan daftar persetujuan Bacaleg dari DPP) sehingga sekitar pukul 10.15 baru dapat dinyatakan aman dan lengkap, begitupun dengan Perindo dan PKB.


    Sedangkan PDIP dari pantauan media ini tidak mengalami kendala, hanya saja pukul -+ jam 10.30 baru sempat melakukan mengajuan perbaikan dikarenakan ketua DPD PDIP baru saja dari Jakarta langsung ke pesta perkawinan.


    Basri LO PDIP mengatakan dari sore kami sudah siap namun Ketua PDIP kami tunggu, katanya.


    Dari pantauan media ini, partai Demokrat, PSI tiba di KPU yang hampir bersamaan sekitar pukul 11 lebih, sementara PAN di waktu injury time.


    Dari informasi yang dihimpun KPUD Soppeng setelah menerima para partai peserta pemilu dalam tahapan masa perbaikan berkas Bacaleg melakukan pleno yang saksikan oleh Bawaslu kabupaten Soppeng dan akan diumumkan para partai peserta pemilu apakah memenuhi syarat (MS) ataupun tidak memenuhi syarat (TMS).


    Diketahui, Hingga selesainya kegiatan ini, para komisioner KPUD Soppeng tersebut, langsung berangkat ke Makassar untuk melakukan perjalanan dinas ke Jakarta Senin pagi.


    (Red)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini