Kiprah Asis Kepsek SDN 4 Sinjai Jadikan Kelas Sekolah Nampak Indah Dengan Konsep Dua Arah
  • Jelajahi

    Copyright © kabartujuhsatu.news
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Daftar Blog Saya

    Kiprah Asis Kepsek SDN 4 Sinjai Jadikan Kelas Sekolah Nampak Indah Dengan Konsep Dua Arah

    kabartujuhsatu
    Kamis, 11 Agustus 2022, Agustus 11, 2022 WIB Last Updated 2022-08-12T02:59:04Z
    masukkan script iklan disini

    Sinjai, Kabartujuhsatu.news,- Nampak terlihat ada perubahan signifikan baik di lingkungan pekarangan maupun dalam ruangan kelas belajar-mengajar, di Sekolah Dasar Negeri 4 Sinjai, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, Kamis (11/8/2022).

    Dibagian pekarangan terdapat taman literasi yang baru saja rampung dibangun.

    Sedangkan di dalam ruangan kelas 1 sampai kelas 6 tampak terlihat “kemilau” seperti hasil potretan kamera.

    "Terpantau perpaduan warna dinding ruangan kelas dengan sejumlah kursi dan meja sangat tertata dengan rapi.

    Menurut kepala sekolah Abdul. Asis, program belajar mengajar akan memiliki energi “nyaman” dan aktifitas berjalan lancar apabila ada ketertarikan warga sekolah saat berada didalam ruangan.


    Lanjut, Abdul. Asis, kepala Sekolah SDN 4 Sinjai menyebut penataan ruangan tersebut selain melibatkan pihak sekolah turut aktif melibatkan orang tua siswa-siswi, katanya.

    Dikatakannya, “Kita disini terus melakukan inovasi (kelas inspiratif) melalui dua arah, baik konsep dari pihak sekolah maupun orang tua anak didik.

    "Artinya kolaborasi dan sinergi terus dikokohkan”, terang Abdul Asis, kepada awak media di ruang kerjanya, kamis siang (11/8/2022).

    Kendati, Abdul. Asis mengemukakan dengan gamblang, terkait tujuan kelas Inspiratif tersebut.

    "Tentu bukan hanya pelibatan orang tua siswa dalam hal menata kelas, tetapi orang tua siswa juga akan diikutkan dalam bersinegi melalui komunikasi (aktivitas) sekolah uban, jelasnya.

    "Dengan begitu, baik pihak sekolah maupun orang tua siswa dapat dipastikan terus menerus berpartisipasi dalam memerdekakakan anak.

    "Selain itu program sekolah uban ini dapat menekan angka kekerasan terhadap anak dan dapat pula memberikan pembekalan pemahaman lebih luas terhadap anak maupun orang tua.

    "Pada intinya bertujuan menyelamatkan anak dari bahaya dampak negatif terhadap anak akibat kurangnya pemahaman terhadap lingkungan dan pengawasan orang tua.

    “Aktifitas Sekolah uban akan dioperasikan tahun 2022 ini, tahap proses sudah memasuki babak pembembentukan ketua, dan sekretaris serta penataan ruang kelas.

    "Setiap kegiatan sekolah selalu dikoordinasikan dengan Dinas Pendidikan dan komite sekolah, dan Alhamdulillah selalu mendapatkan dukungan”, terangnya.


    Perlu diketahui SDN 4 Sinjai ini tepat berlokasi di Jl.Cokroaminoto, kecamatan Sinjai Utara, bersebrangan jalan dengan lapangan Gelora Sinja Bersatu atau dominan dikenal sekolah terdekat dengan bangunan Benteng Balangnipa.

    Di tahun 2022 ini SDN 4 Sinjai berdasarkan data, memiliki warga sekolah sebanyak kurang lebih 400 orang.

    Dengan rincian Anak didik sebanyak 355 orang, Tenaga pendidik dan kependidikan sebanyak kurang lebih 30 orang, dari jumlah tersebut, kata Abdul Asis, tenaga pendidik dari PNS sebanyak 18 orang.

    “Jumlah anak didik sebanyak 355 tersebut senantiasa melakukan aktifitas penghafalan ayat suci Al-Quraan 1 Jus setiap pagi “setiap hari”, sebelum memasuki jam belajar pada umumnya.

    "Jadi semisal jam belajar 7.30 maka aktifitas penghafalan Al-Quran setiap pukul 7.00 setiap pagi hari”, jelasnya.

    Lebih lanjut diketahui terkait krikulum merdeka belajar, Abdul Asis menjelaskan pihaknya telah menerapkan di sekolah SDN 4 Sinjai sejak adanya penerapan kurikulum tersebut.

    “SDN 4 Sinjai ini telah menerapkan kurikulum merdeka belajar, alhamdulillah berjalan dengan lancar”, tutur Asis.

    Ditanya terkait perhatian Dinas Pendidikan kabupaten Sinjai dalam hal bantuan fasilitas pendidikan (sarana-prasaranan) Abdul Asis menerangkan terkait bantuan Sekolah yang ia pimpin turut mendapatkan bantuan bersumber dari Disdik Sinjai, secara bertahap.

    “Tahun 2021 sebanyak 29 unit laptop dan tahun 2022 SDN 4 Sinjai kembali mendapat bantuan berupa pembangunan LAB Komputer yang akan segera dibangun”, pungkasnya.

    Penulis : Supriadi Buraerah
    Editor : Red K71
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini