PLN UPDK Pandan, Berkolaborasi PTBN Sosialisasikan Penerapan Bank Sampah Berbasis Eco Ensyme
  • Jelajahi

    Copyright © kabartujuhsatu.news
    Best Viral Premium Blogger Templates


    Daftar Blog Saya

    PLN UPDK Pandan, Berkolaborasi PTBN Sosialisasikan Penerapan Bank Sampah Berbasis Eco Ensyme

    Kabartujuhsatu
    Jumat, 08 Juli 2022, Juli 08, 2022 WIB Last Updated 2022-07-08T15:27:14Z
    masukkan script iklan disini

    Pandan, Kabartujuhsatu.news, -
    Sosialisasi tentang penerapan Bank Sampah dilakukan di Kota Pandan, Tapanuli Tengah oleh PTBN (Parhobas Tano Batak Nauli ) diketuai oleh Arni Mariani Siringo-ringo, bekerjasama dengan UPDK PLN Pandan, wujudkan PLN PEDULI melaksanakan SOSIALISASI BANK SAMPAH di Kelurahan Sihaporas Nauli, Kecamatan Pandan, dengan menggandeng Nara Sumber para Pegiat Lingkungan, Kamis, (07/07/2022).

    Dalam sambutanya, Ketua PTBN menyampaikan bahwa," Kegiatan Sosialisasi Bank Sampah ini, terkait Sosialisasi Pengelolaan Sampah Berbasis Ekonomi Kreatif & Pengenalan Bank Sampah.

    "Hal ini sebagai wujud dari program PTBN dalam rangka Peduli Lingkungan, terlebih lagi di wilayah Tano Batak untuk senantiasa menunjang kemajuan sektor pariwisatanya dengan tetap memperhatikan kebersihan lingkungan," ujarnya.


    Pegiat Lingkungan Hidup sebagai Narasumber pertama oleh Fatmawati Lubis menyampaikan bahwa ,"Selama masih ada kehidupan maka sampah akan selalu ada, dan sampah meningkat sesuai jumlah pertumbuhan jumlah penduduk dan model gaya hidup, untuk itu perlu diberikan edukasi yang tepat mengenai cara memilah sampah dan penempatan sampah pada tempat yang tepat" ujarnya.

    Dikesempatan berikutnya ,
    Narasumber kedua Ir.Rena Arifa Simbolon M.Si selaku Relawan eco enzyme Indonesia menuturkan, "Semua sampah organik basah, bisa dijadikan eco enzyme terutama kulit buah dan tangkai sayur daripada dibuang jadi sampah," tuturnya dengan nada lugas.

    "Diharapkan semua sampah rumah tangga untuk organik basah jangan dibuang namun dikumpulkan lebih dahulu kemudian di jadikan eco enzyme , ini salah satu cara kita menggurangin sampah rumah tangga," sembari membawa contoh eco enzyme dalam botol kemasan, yang langsung dipamerkan dihadapan peserta.

    Tampak menghadiri acara ,
    Perwakilan PT.PLN (Persero) Unit Induk (UIKSBU) Sastro Ulya Romadhon , serta Manager PLN UPDK Pandan Aries Indrianto Elisa diwakilkan MB Keuangan dan Umum Khoirul Harahap bersama staf lainnya, Lurah Sihaporas Nauli , Dyna Yanti Manalu didampingi perangkat kelurahan serta kepala lingkungannya dan Tokoh Masyarakat, kepengurusan PTBN (Parhobas Tano Batak Nauli ); Ketua, Arni Mariani Siringoringo
    Sekretaris Agam Sinaga, SE,
    Bendahara Elisabet Aritonang AMkeb,Wakil ketua Rosdiana Siringoringo, Humas Robin Turnip
    Korlap Sibolga-Tapteng, Sudarma Sibagariang Korlap Medan Simon H. Siboro, Chandra Sinambela, Mesliwati Sitohan,Intan Siboro.


    Dalam wawancara singkat, MB Keuangan dan Umum UPDK PLN Pandan, Khoirul Harahap menyampaikan bahwa, "Kegiatan Sosialisasi Bank Sampah ini adalah bentuk kerjasama dengan PTBN, perwujudan program PLN PEDULI degan menyalurkan CSR dari perusahaan untuk menopang kemajuan Destinasi Wisata sebagai wujud kepedulian peningkatan Kesejahteraan Masyarakat."tutur Khoirul.

    Tak lupa juga Lurah Sipahoras Nauli mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diterima warganya dari PT.PLN (Persero) yang dilaksanakan PTBN , harapan kedepannya jalinan kerjasama dengan PTBN dapat berkelanjutan hingga terbentuknya kepengurusan sebagai pengelola.


    Acara selanjutnya serah terima berbagai macam bantuan berupa peralatan kerja untuk mengelola Bank Sampah serta bantuan bahan baku untuk menghasilkan Eco Enzyme, yang ditutup dengan foto bersama warga Kelurahan Sihaporas Nauli.

    Salah seorang peserta bernama Pariatua Sipahutar berujar ,"Saya antusias mengikuti sosialisasi ini , atas kehadiran PTBN dan Pihak PLN Sihaporas Nauli untuk lebih baik lagi, saya berucap terima kasih atas kedatangannya, pungkasnya.

    (Red/Robin)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini