Bunda Rita Dorong UMKM Tetap Eksis Saat Pandemi Covid-19
  • Jelajahi

    Copyright © kabartujuhsatu.news
    Best Viral Premium Blogger Templates


    Daftar Blog Saya

    Bunda Rita Dorong UMKM Tetap Eksis Saat Pandemi Covid-19

    Kabartujuhsatu
    Jumat, 16 April 2021, April 16, 2021 WIB Last Updated 2021-04-17T03:30:25Z
    masukkan script iklan disini

    Wabup Ponorogo Lisdyarita (Bunda Rita) saat kunjungi pengusaha kuliner di Desa Pulung Kecamatan Singgahan Kabupaten Ponorogo Jatim (Foto Istimewa)

    Ponorogo (Jatim), Kabartujuhsatu.news, - Wabup Ponorogo, Lisdyarita atau biasa disapa Bunda Rita masih menyempatkan Sambang Desa. Kali ini Bunda Rita bersama dengan Ketua TP PKK Ponorogo, Susilowati Sugiri Sancoko bersama pengurus menyapa pelaku usaha UMKM di Desa Pulung dan Singgahan, Kecamatan Pulung, Jum'at (16/4/2021).

    Pada kegiatan itu, Bunda Rita dan rombongan disuguhi aneka macam kuliner Ndeso dan kerajinan lokal dijajakan oleh para pelaku UMKM. "Alhamdulilah di saat Pandemi Covid-19, pelaku UMKM disini masih eksis bertahan dan usahanya tetap menggeliat," ujar Bunda Rita.

    Saat mengunjungi salah satu stand bazar, Bunda Rita dikenalkan dengan makanan unik, namanya Nasi Tedun. Menurut Lusi, penjual Nasi Tedun mengatakan bahwa makanan itu adalah kombinasi dari nasi gurih, ketan dan jagung, biasanya dibuat oleh para petani pada saat panen padi.

    Akan tetapi saat ini sudah jarang petani yang membuat Nasi Tedun, bahkan hampir punah. Bunda Rita berpesan agar makanan khas lokal seperti halnya Nasi Tedun atau makanan lokal lainnya agar tetap ditampilkan dan dikenalkan kembali.

    Lebih lanjut Bunda Rita berharap masyarakat atau wisatawan tidak hanya mengenal Ponorogo dengan sate dan pecel saja tapi ada makanan-makanan khas lainnya. "Jadi ketika mengunjungi Ponorogo, para wisatawan banyak disuguhi menu kuliner," ujarnya.

    Melalui kegiatan itu, Bunda Rita juga ingin memastikan para pelaku UMKM dan masyarakat mematuhi protokol kesehatan. "Untuk mengurangi dampak sosial pada masa pandemi, perekonomian harus tetap bergerak terutama para pedagang kecil namun juga harus disiplin dalam melaksanakan protokol kesehatan," pintanya.

    Adanya Pasar dan Bazar Ramadhan di seluruh Desa/Kelurahan yang ada di Bumi Reyog, pihaknya mengaku selain memberi semangat para pelaku usaha kecil, sekaligus memberi edukasi pentingnya mematuhi prokes untuk pencegahan penyebaran Covid 19. "Dan ini harus dilakukan secara konsisten karena Covid-19 belum berlalu," jelasnya.

    Bahkan Pembina Dekranasda dan juga Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Ponorogo tersebut menjelaskan hampir di seluruh wilayah di Ponorogo, terutama di ibu kota kecamatan, pada waktu bulan ramadhan banyak ibu-ibu yang menjual berbagai macam makanan dan jajanan untuk berbuka puasa. "Tentunya ini kegiatan produktif yang perlu didukung karena sangat membantu perekonomian keluarga," urainya. (Muh Nurcholis)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini