Alex A Putra Beberkan Manfaat Debat Capres-cawapres Dalam Berbagai Aspek dan Regulasi Hukum
  • Jelajahi

    Copyright © kabartujuhsatu.news
    Best Viral Premium Blogger Templates


    Daftar Blog Saya

    Alex A Putra Beberkan Manfaat Debat Capres-cawapres Dalam Berbagai Aspek dan Regulasi Hukum

    Kabartujuhsatu
    Senin, 04 Desember 2023, Desember 04, 2023 WIB Last Updated 2023-12-04T11:05:18Z
    masukkan script iklan disini

    Alex A Putra Praktisi hukum (Ist).

    Jakarta, Kabartujuhsatu.news, Alex A. Putra, SH selaku Praktisi Hukum menyampaikan pendapatnya terkait debat capres-cawapres, ia menyebut hal itu merupakan salah satu instrumen demokrasi yang penting dalam pemilihan umum, ungkapnya, Senin (4/12/2023).

    Menurutnya, "Debat ini menjadi sarana bagi para calon presiden dan calon wakil presiden untuk menyampaikan visi, misi, dan program kerja mereka kepada masyarakat luas, ucapnya.

    "Debat capres-cawapres juga menjadi kesempatan bagi masyarakat untuk menilai kualitas para calon pemimpin mereka, jelasnya.

    "Dalam perspektif hukum tata negara, debat capres-cawapres memiliki beberapa aspek penting, yaitu Aspek legalitas.

    "Debat capres-cawapres merupakan salah satu instrumen yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum. Undang-undang ini mengatur bahwa debat capres-cawapres harus dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), sebut Alex.


    Sementara itu dalam aspek konstitusionalitas, maka Debat capres-cawapres itu merupakan salah satu instrumen yang dijamin oleh konstitusi yakni pada Pasal 22E ayat (3) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 (UUD NRI 1945) yang menyebutkan bahwa pemilihan umum dilaksanakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.l, sehingga Debat capres-cawapres ini merupakan bagian dari pelaksanaan pemilihan umum yang bebas dan jujur, urainya.

    Sedangkan dalam aspek imparsialitas, maka Debat capres-cawapres harus diselenggarakan secara imparsial dan tidak memihak kepada salah satu pasangan calon.

    "KPU harus memastikan bahwa debat capres-cawapres diselenggarakan secara fair dan tidak ada intervensi dari pihak-pihak tertentu", pungkas Alex.

    Published : HSW
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini