Fokus Pendidikan di Daerah Timur, Astra Tugaskan 11 Guru Muda Garda Depan di Borong
  • Jelajahi

    Copyright © kabartujuhsatu.news
    Best Viral Premium Blogger Templates


    Daftar Blog Saya

    Fokus Pendidikan di Daerah Timur, Astra Tugaskan 11 Guru Muda Garda Depan di Borong

    Kabartujuhsatu
    Jumat, 21 Juli 2023, Juli 21, 2023 WIB Last Updated 2023-07-22T01:43:51Z
    masukkan script iklan disini


    Borong, Kabartujuhsatu.news, Astra melalui Yayasan Pendidikan Astra – Michael D Ruslim (YPA-MDR) menetapkan 26 guru muda untuk program Guru Muda Garda Depan angkatan keempat untuk Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, dan Kecamatan Borong, Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur. Jumat (21/7/2023).


    Hadir dalam pelepasan ini Ketua DPRD Kabupaten Manggarai Timur, Bupati Manggarai Timur Agas Andreas, Dinas Pendidikan diwakili Winsensius Tala, serta Ketua Pengurus YPA-MDR Gunawan Salim di Menara Astra, Jakarta.


    Program Guru Muda Garda Depan yang diprakarsai oleh Astra melalui YPA-MDR bertujuan membantu dan
    mengakselerasi peningkatan kualitas pendidikan di sekolah binaan Astra, melalui keterampilan dan
    pengetahuan yang komprehensif, untuk menciptakan suasana belajar yang inspiratif dan mendorong inovasi di kalangan guru & siswa.


    Sosok Guru Muda sebanyak 26 sosok Guru Muda Garda Depan ditugaskan di dua wilayah, yang terbagi menjadi 15 guru muda untuk wilayah IKN Nusantara dan 11 guru muda di wilayah Manggarai Timur.


    Sebelumnya 15 Guru Muda Garda Depan area Serambi IKN sudah dilepas bersamaan dengan penandatanganan MoU Kerjasama pada tanggal (18/7) berlokasi di Titik Nol Nusantara, serta di hadiri oleh Kementerian dan Pejabat Daerah.


    Seluruh peserta Guru Muda Garda Depan angkatan ke-empat untuk penugasan area Borong, Manggarai Timur - NTT juga diserahkan secara langsung ke pihak Bupati Manggarai Timur yang berlokasi di Rumah Jabatan Bupati, harapannya dapat berkolaborasi serta mewujudkan pendidikan yang unggul di daerah sekitarnya.


    “Kami mengucapkan terima kasih kepada 11 Guru Muda Garda Depan yang telah bersedia menerima tugas ini dengan hati yang penuh semangat.


    "Kami berharap dapat menikmati penugasan ini serta memberikan dampak positif yang besar bagi sekolah binaan Astra.’’ Ujar Ketua Pengurus YPA-MDR Gunawan Salim.


    Sementara itu Bupati Manggarai Barat Agas Andreas menyampaikan, “Terima kasih untuk Astra, melalui Yayasan Pendidikan Astra – Michael D RUslim (YPA-MDR) untuk kolaborasi percepatan pendidikan di area Borong manggarai Timur, kedepan GMGD ini nantinya akan
    dapat berkolaborasi dengan sekolah supaya dapat mewujudkan sekolah unggul” Ujarnya.


    Sedangkan Ketua DPRD Manggarai Barat Agus Tangkur S. AP menyabut baik program ini dengan mengatakan, ‘’Kami sangat menyambut dengan baik kolaborasi pendidikan antara Astra dan Pemerintah Kabupaten di Borong, karena perlu adanya inovasi kedepan agar sekolah di area Borong agar dapat berkembang dengan .cepat, begitupun para Guru Muda Garda Depan ini nantinya juga bisa mengimbaskan ke sekolah- sekolah sekitar’’, Ujarnya.

    Guru Muda Garda Depan ini sebelumnya telah menjalani proses seleksi yang ketat serta mengikuti pelatihan komprehensif di Salatiga.


    Program pelatihan ini membekali mereka dengan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk siap dalam menjalankan tugas serta melewati berbagai tantangan yang mungkin mereka hadapi di daerah
    masing-masing.


    Astra melalui YPA-MDR berdedikasi untuk menciptakan ekosistem kolaboratif di mana para Guru Muda Garda Depan dapat berbagi praktik terbaik, mendorong inovasi, dan bekerja untuk memajukan kualitas pendidikan di sekolah binaan.


    Astra percaya bahwa program berkelanjutan Guru Muda Garda Depan sangat penting untuk membangun masa depan yang lebih cerah bagi sektor pendidikan dan memajukan generasi yang akan datang.



    Inspirasi 14 Tahun YPA-MDR untuk Pendidikan Indonesia YPA-MDR berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam memajukan pendidikan Indonesia di wilayah tertinggal melalui pola pembinaan empat pilar yaitu akademi, karakter, seni budaya dan kecakapan hidup yang adaptif, innovatif dan berdampak.


    Hingga saat ini pembinaan sudah dilakukan kepada 2.010 guru dan 27.268 siswa.


    Program bantuan pendidikan YPA-MDR telah menyentuh 136 sekolah jenjang SD, SMP dan SMK sebagai konsep Sekolah Eskalator dan tersebar di 15 Kabupaten yang berada di Provinsi Lampung, Banten, Jawa Barat, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Tengah dan Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Timur.

     
    Sekilas Tentang Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim (YPA-MDR) Yayasan Pendidikan Astra Michael D. Ruslim (YPA-MDR) secara khusus didirikan oleh PT Astra International Tbk untuk melaksanakan tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat di bidang pendidikan di daerah tertinggal.

    Sesuai dengan butir pertama filosofi Astra, Catur Dharma, yaitu “Menjadi Milik yang bermanfaat bagi Bangsa dan Negara,” YPA-MDR memiliki visi untuk menjadi lembaga sosial yang terkemuka dan kredibel di bidang pendidikan, khususnya di daerah agar seluruh elemen pendidikan mampu meningkatkan kualitas dari segi akademik, intelektual dan kompetensi kecakapan hidup, seni budaya serta memiliki karakter yang didasarkan pada nilai luhur Bangsa Indonesia yang majemuk sebagai bagian dari Sistem Pendidikan Nasional.

    YPA-MDR berperan aktif sebagai agent of change dan agent of development dalam peningkatan mutu pendidikan di sekolah dengan membantu pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas, pengembangan kurikulum dan manajemen sekolah serta penyediaan sarana prasarana sekolah sesuai Standar Mutu Pendidikan Nasional.

    YPA-MDR mengapresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh pihak terkait yang bersama sama telah
    mendukung dan turut berkontribusi memajukan dunia pendidikan khususnya di daerah tertinggal.


    Published : Ardi

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini