Aksi Peduli PKPM Makassar Lakukan Pendampingan Terhadap Pasien Warga Kurang Mampu
  • Jelajahi

    Copyright © kabartujuhsatu.news
    Best Viral Premium Blogger Templates


    Daftar Blog Saya

    Aksi Peduli PKPM Makassar Lakukan Pendampingan Terhadap Pasien Warga Kurang Mampu

    Kabartujuhsatu
    Selasa, 11 April 2023, April 11, 2023 WIB Last Updated 2023-04-11T14:50:16Z
    masukkan script iklan disini


    Gowa, Kabartujuhsatu.news,- Menindak Lanjuti Informasi dari masyarakat dengan adanya warga kurang mampu yang saat Ini membutuhkan penanganan medis di Rumah Sakit.


    Identitas Pasien yakni :
    Nama : Rivai R
    Umur : 58 Tahun
    Alamat        : Lekoboddong
    Kelurahan   : Benteng Somba Opu
    Kecamatan : Barombong
    Kabupaten  : Gowa
    Provinsi       : Sulawesi Selatan.


    Ketua Umum PKPM Bersama Divisi Kesehatan DPD Makassar, mengkroscek langsung di rumah pasien dan komunikasi langsung dengan pasien tersebut pada tanggal 4 April 2023 Jam 21.45 WIT.


    Rivai D (Pasien) menyampaikan langsung bahwa dirinya sudah lama sakit kurang lebih 1 Bulan sesak nafas, batuk dan lemas dan hanya bisa terbaring di tempat tidur.


    Selain itu, Muh Surya R (Anak Pasien) menyampaikan bahwa Bapaknya hanya bekerja selaku penjaga rumah adat Wajo yang sudah kurang lebih 30 tahun dan saya sangat kasihan dengan bapakku yang saat ini hanya bisa terbaring di tempat tidur, ungkapnya.


    "Kita tidak tau mau bagai mana lagi, saya sudah berusaha minta tolong sama tetangga (Rukman) untuk membawa ke rumah sakit karena Bapakku tidak mempunyai biaya dan kartu KIS pada akhirnya 3 Rumah Sakit yang kami datangi semuanya tidak ada yang menerima, tandasnya.


    Lebih lanjut dikatakan, Dirinya  hanya bisa pasrah dan merawat di rumah apa adanya karena tidak mempunyai biaya untuk merawat ortunya (bapak) di Rumah Sakit, katanya.


    "Untuk makan kami sehari hari saja dibantu sama tetangga- tetangga bergantian membawakan kami makanan, tuturnya.


    "Saya sangat berharap kepada lembaga PKPM agar dapat dan bisa membantu Bapakku untuk bisa dibawa ke rumah sakit, pinta anak Rivai.


    Terkait informasi tersebut, Ketua Umum PKPM bergerak cepat menghubungi langsung Ibu Rosmini Pandin (Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan), dengan menyampaikan bahwa saat ini kami meninjau salah satu warga kurang mampu yang membutuhkan penanganan medis di Rumah Sakit, Beliau adalah penjaga rumah adat Wajo.


    "Selama Beliau jaga, tidak ada Gaji dari dinas terkait, tidak seperti penjaga Rumah Adat lainnya dan beliau tidak mempunyai biaya atau KIS dari Pemerintah, ujar ketua PKPM melaporkan situasi pasien kepada kadis kesehatan provinsi Sulawesi Selatan.


    Dikesempatan itu, Ibu Rosmini Pandin Kepala Dinas Kesehatan Prov Sulawesi Selatan mengarahkan agar langsung ke RSUD Labuang Baji, imbuhnya.


    "Kasian beliau dengan kondisi seperti itu yang seharusnya dan secepatnya di bawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan dengan baik, kata Kadis.


    "Setelah mendapat petunjuk dan arahan dari Ibu Rosmini Pandin, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan sehingga, Pasiennya Kami bawa langsung ke RSUD Labuang Baji dengan menggunakan angkutan umum Maxim.


    "Alhamdulillah setelah tiba di RSUD Labuang Baji pasien langsung di tangani oleh Dokter dan perawat.


    "Dari hasil pemeriksaan pasien harus rawat Inap untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.


    "Pada Hari Kamis Tanggal 6 April 2023 pasiennya sudah bisa pulang karena terkendala dengan kelengkapan berkas maka dari itu pasiennya harus menunggu hingga kelengkapan berkasnya sudah lengkap.


    Pada Hari Senin Tanggal 10 April 2023 Jam 22.55 Ketua Umum bersama Divisi Kesehatan DPD Makassar bersama-sama ke RSUD Labuang Baji mempertanyakan status pasien karena desakan dari keluarga pasien yang selalu di pertanyakan mengenai pasien yang saat Ini belum ada info kapan bisa dipulangkan karena dari hari Kamis Dokter menyampaikan kalau pasiennya sudah bisa pulang.


    "Alhamdulillah setelah mediasi bersama staff Rumah Sakit yang dinas malam menyampaikan bahwa pasiennya sudah bisa pulang dan besok pagi harus kembali mengambil surat Kontrol ke puskesmas.


    Oleh sebab itu, KETUA UMUM PKPM beserta jajarannya mengucapkan terima kasih yang sebesar besarnya kepada Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan, Direktur RSUD Labuang Baji, Dokter dan Perawat yang telah membantu pasien dan melayani dengan sepenuh hati, Senyuman dan Santun, ungkapnya.


    Salam Peduli Masyarakat !!!

    Andi Nur Afni, S.AP
    Wakil Sekretaris Jendral PKPM

    Pendamping
    - Eka Darmawansyah
    Ketua Umum PKPM

    - Asmawati
    Divisi Kesehatan DPD PKPM Makassar

    (Red/**)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini