Tingkatkan Kemampuan dan Pemahaman Profesi Jurnalis, DPD JOIN Gowa Gelar Penyegaran Anggota Hadirkan Kapusdiklat Nasional
  • Jelajahi

    Copyright © kabartujuhsatu.news
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Daftar Blog Saya

    Tingkatkan Kemampuan dan Pemahaman Profesi Jurnalis, DPD JOIN Gowa Gelar Penyegaran Anggota Hadirkan Kapusdiklat Nasional

    Kabartujuhsatu
    Sabtu, 18 Maret 2023, Maret 18, 2023 WIB Last Updated 2023-03-18T18:42:50Z
    masukkan script iklan disini


    Gowa, Kabartujuhsatu.news,- Dewan Pengurus Daerah (DPD) Jurnalis Online Indonesia (JOIN) Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan menggelar penyegaran bagi wartawan dan atau jurnalis yang tergabung di DPD JOIN Gowa yang dilangsungkan di lokasi wisata Kurcaci, Kota Wisata Malino, Sabtu (18/3/2023).


    Dalam kegiatan ini DPD JOIN Gowa menghadirkan wartawan senior yang juga selaku kepala Pusdiklat DPP JOIN Nasional Zulkarnain Hamzon.


    Acara ini dikemas dalam  bentuk dialog, yang tujuannya untuk memberikan dan menambah pemahaman yang baik kepada peserta utamanya metode penulisan berita dan akurasi fakta.


    Menurut Ketua JOIN Gowa, Hendra, Dalam kegiatan yang menggunakan metode diskusi aktif ini, sedianya di ikuti sejumlah peserta namun karena masing-masing sibuk yang tidak bisa ditinggalkan aktivitasnya sehingga hanya 25 orang yang sempat hadir, namun hal itu tidak mengurangi suksesnya acara ini, terangnya.


    Dalam metode diskusi tersebut, pemateri Zulkarnain Hamzon menjelaskan tentang 4 jenis Fakta Berita yakni Fakta Empirik, Fakta Publik, Fakta Psikologis dan Fakta Opini.


    Setelah di jelaskan dan diurai satu persatu dengan contoh jenis fakta yang dimaksud, Ketua Pusdiklat DPP JOIN Zulkarnain Hamzon mengingatkan bahwa, " Seorang Jurnalis dan atau wartawan sangat penting untuk memahami fakta sebelum menulis berita, imbuhnya.


    Dikesempatan itu juga Pimpinan Redaksi disalah satu media ini memberikan  pemahaman dan penerapan Etika dalam penulisan berita.


    Yang menurutnya, "Kekeliruan penulisan berita terkadang dikarenakan kurangnya pemahaman pada fakta dan etika, tandas Zulkarnain Hamzon.


    Selain itu, kata Bang Zul sapaan akrab humas yang juga Dosen Universitas Indonesia Timur (UIT) ini mengatakan bahwa, "Pemberlakuan standar kompetensi jurnalis oleh Dewan Pers penting untuk menunjang perbaikan mutu berita," tuturnya.


    "Sekalipun yang terpenting yang mesti dipahami adalah bukan sertifikasi yang utama, melainkan pemahaman dan pengetahuan akan fakta dan etika berita, jelasnya.



    Sementara itu, pada sesi malam penyegaran dilanjutkan dengan pembahasan Etika oleh Kemal Situru (Ketua JOIN Takalar) yang kemudian membagi 2 pemateri lagi yaitu untuk pembahasan etika profesi dalam hal ini kode etik wartawan Indonesia, yang materinya di sampaikan oleh Zulkarnain Hamzon, dan untuk materi kode etik organisasi JOIN di sampaikan oleh Nurdin Achmad yang membidangi Organisasi, Kaderisasi dan Keanggotaan (OKK).



    Dikesempatan itu, Zulkarnain Hamzon mengurai lebih detail tentang segala kode etik jurnalistik yang perlu betul-betul dipahami seorang wartawan.


    Sementara Nurdin Achmad menegaskan bahwa OKK adalah bidang yang bertanggung jawab untuk melakukan pembinaan kepada semua anggota, Ujarnya.


    Ia juga menekankan pentingnya anggota JOIN Gowa, mengaktifkan kegiatan bulanan yang bermanfaat bagi anggota, organisasi, pemerintah dan masyarakat umum, imbuhnya.


    Ketua Pusdiklat DPP JOIN Zulkarnain Hamzon menambahkan bahwa, "JOIN sudah berada di 15 kabupaten/kota di seluruh Sulawesi Selatan, dengan kurang lebih 350 anggota.


    "Sejak 2018 Pusdiklat JOIN telah meluluskan 2.300 lebih alumni, baik jurnalis maupun profesi lainnya.


    "Dan tercatat 500 lebih jurnalis dari tiga organisasi wartawan, anggota Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Tentara Nasional Indonesia (TNI), Kepolisian Republik Indonesia (Polri), Dosen, Aparat Sipil Negara (ASN) Organisasi Kepemudaan (OKP), Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Organisasi Intra Sekolah (OSIS).


    "Semua lembaga itu di 12 kabupaten/kota, Provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara dan Papua Barat, terang Bang Zul.


    Dikesempatan itu Direktur Pusdiklat JOIN Nasional Zulkarnain Hamzon membeberkan bahwa, periodenya akan berakhir di 2023, sehingga akan dipilih direktur baru yang akan menggantikannya, terang Zulkarnain Hamson, yang juga dosen Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Makassar.


    Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) JOIN Sulsel, Dr. Arry Abdi Syalman, yang sedang berada di Jepang, menyambut baik aktivitas DPD JOIN Gowa. Sekretaris Sudarman Djoni dan Bendahara Umum Irma, yang sedang bertugas di Sulawesi Barat, menyatakan dukungan pada kegiatan JOIN Gowa.


    (Red/**)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini