Kunyit Memelihara Kesehatan Kulit
  • Jelajahi

    Copyright © kabartujuhsatu.news
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Daftar Blog Saya

    Kunyit Memelihara Kesehatan Kulit

    Kabartujuhsatu
    Jumat, 22 April 2022, April 22, 2022 WIB Last Updated 2022-04-23T06:07:30Z
    masukkan script iklan disini
    Kunyit (Ist)

    Banten, Kabartujuhsatu.news,-
    Penyakit kulit bisa di sebabkan karena alergi atau infeksi mikroorganisme yang menyebabkan kulit menjadi kering, gatal, ruam, bintik-bintik, bersisik, kadang sampai terjadi luka dan panas.

    Seperti halnya dengan penyakit kurap pada kulit, kurap merupakan infeksi kulit yang di sebabkan oleh jamur dalam istilah medis di sebut infeksi tinea. 

    Karakteristik kurap berupa luka berbentuk cincin dengan lingkaran merah dan batas bersisik. 

    Infeksi bisa terjadi kepada orang yang memakai barang secara bersamaan dan dari hewan yang terinfeksi, lingkungan tidak sehat dan orang yang imun nya sedang lemah.

    Gejala penyakit kurap

    Gejala penyakit kurap adalah adanya gatal gatal ringan yang di ikuti dengan peradangan eksudat yang di tandai dengan pengelupasan kulit, atau perubahan warna kulit. Sebenarnya keluhan hal tersebut bisa di atasi dengan kunyit.

    Kunyit (Curcuma domestica). Nama daerah Makassar kunyi, bugis unyi, jawa temu kuning, sunda koneng, toli toli pagidon dan lain lain.

    Tinjauan secara ilmiah

    Minyak kunyit dalam curcumin, yang telah di isolasi pada kunyit, telah di uji terhadap lima belas isolat dermatofit, empat isolat jamur patogen dan enam isolat ragi. 

    Aktifitas penghambatan minyak kunyit di uji terhadap trichophyton yang diinduksi dermatofitosis pada kelinci percobaan hasil penelitian menunjukkan bahwa semua isolat dari lima belas dermatofit dapat di hambat oleh minyak kunyit pada pengenceran 1:40-1:320, sedangkan curcumin tidak memberikan daya hambat untuk semua jamur yang di uji. 

    Empat isolat jamur patogen di hambat oleh minyak kunyit pada pengenceran 1:40-1:80, enam isolat ragi yang di uji terbukti tidak sensitif terhadap minyak kunyit dari curcumin pada hewan percobaan, minyak kunyit pengenceran 1:80 di gunakan secara dermal pada hari ke tujuh setelah induksi dermatofitosis dengan trichophyton rubrum. 


    Perbaikan terjadi pada lesi yang di amati dalam dua sampai lima hari dan lesi hilang enam sampai tujuh hari setelah penggunaan minyak kunyit.

    Pohon kunyit (Ist) 

    Khasiat ramuan kunyit secara empiris

    Kunyit secara tradisional berhasiat untuk kudis, borok, gatal, koreng, radang usus buntu, radang rahim, amandel, perut nyeri, darah tinggi, mencret, nipas, disentri dan lain lain.

    Ramuan kunyit untuk kurap
    1kepal tangan, di parut dan lalu di borehkan atau di tempel pada yang sakit. 

    Tetapi antisipasi terhadap penyakit kurap harus di lakukan seperti, menggunakan handuk masing-masing, bersihkan kulit setiap hari dengan sabun dan air, hindari pemakaian yang dapat menimbulkan kelembaban pada kulit, hindari kontak kulit langsung kepada orang yang mengalami infeksi.

    Agie
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini