Sukseskan Program Asbatik, Desa Timusu Gandeng Penyuluh Pertanian
  • Jelajahi

    Copyright © kabartujuhsatu.news
    Best Viral Premium Blogger Templates


    Daftar Blog Saya

    Sukseskan Program Asbatik, Desa Timusu Gandeng Penyuluh Pertanian

    Kabartujuhsatu
    Minggu, 30 Mei 2021, Mei 30, 2021 WIB Last Updated 2021-05-30T11:49:12Z
    masukkan script iklan disini

    Kades Timusu Firdaus (tengah) bersama Penyuluh Pertanian saat penyerahan bibit ikan kepada kelompok tani (ist).

    Soppeng (Sulsel), Kabartujuhsatu.news,- Dalam rangka menyukseskan program Asbatik (Ase Bale Itik ) di Desa Timusu, Pemerintah Desa Timusu yang di nakhodai Firdaus, S.Sos menggandeng  Penyuluh Pertanian kabupaten Soppeng.


    Sebelumnya pemerintah Desa Timusu Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng bekerja sama dengan penyuluh pertanian melaksanakan kegiatan pelatihan Budidaya Ikan Tawar dengan sistem Asbatik yang dipusatkan di kelompok tani Tammetta Timusu.


    "Hal itu dilakukan untuk memberikan bekal ilmu Program Asbatik dengan tujuan agar nantinya apa yang diharapkan dapan program ini dapat tercapai. Ungkap Kades Timusu Firdaus. Minggu (30/5/2021).


    "Selain kapasitasnya selaku leading sektor pertanian, kerjasama dengan  penyuluh pertanian ini bertujuan untuk bersama sama pemerintah Desa Timusu mendorong masyarakat petani agar nantinya dapat melaksanakan program Asbatik dengan baik, jelas Firdaus.


    Menurutnya, dengan program Asbatik ini para petani berpeluang besar untuk mendapatkan nilai tambah penghasilan selain dari hasil pertanian.


    "Penghasilan tambahan yang dimaksud dalam program Asbatik ini yakni selain penghasilan dari hasil tanaman padi maka secara bersamaan juga mendapatkan pendapatan dari hasil budidaya ikan Mas, hasil pemeliharaan Itik ( Asbatik ) serta tanaman sayur sayuran yang ada pada pematang sawah para petani, terang Kades Timusu Firdaus.



    Yang pasti kata Firdaus," Tidak ada sejengkal tanah tidak dimanfaatkan, tandasnya.



    Firdaus membeberkan," Langkah awal yang dilakukan dalam program Asbatik ini yakni membuat area' percontohan yang dapat dijadikan sarana belajar dan sekaligus wahana untuk mengedukasi para petani sehingga program ini  untuk sementara hanya pada Kelompok Tani Tamettta untuk dijadikan sebagai Pilot projects atau percontohan, ujar Firdaus.


    "Dengan demplot tersebut diharapkan program ini betul-betul harus berhasil sehingga petani yang lainnya termotivasi untuk melakukan hal yang sama yaitu bertani dengan sistem Asbatik.


    Kades Timusu Firdaus meyakini bahwa dengan program Asbatik ini penghasilan para petani nantinya dapat meningkat sehingga berdampak pada kesejahteraan keluarga mereka.


    "Saya yakin dan percaya jika Program Asbatik ini dilakukan sesuai dengan petunjuk pelaksanaan dilapangan oleh penyuluh maka akan berdampak pada peningkatan penghasilan petani, Pungkasnya.


    Sekedar diketahui program ini akan terus dikawal oleh pemerintah Desa Timusu dengan bekerjasama dengan pihak BPP Kecamatan  Liliriaja Kabupaten Soppeng. (Red).

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini