Dandim Bersama Pejabat Daerah Kab.Jayawijaya Ikuti Rakornis TMMD ke 110 TA 2021 Secara Virtual
  • Jelajahi

    Copyright © kabartujuhsatu.news
    Best Viral Premium Blogger Templates


    Daftar Blog Saya

    Dandim Bersama Pejabat Daerah Kab.Jayawijaya Ikuti Rakornis TMMD ke 110 TA 2021 Secara Virtual

    Kabartujuhsatu
    Kamis, 18 Februari 2021, Februari 18, 2021 WIB Last Updated 2021-02-18T12:03:32Z
    masukkan script iklan disini

    Rakor TMMD Kodim 1702 Jayawijaya (Foto Istimewa).

    Wamena (Papua), Kabartujuhsatu.news, -Bertempat di ruang data Makodim 1702/Jayawijaya, Jl. Yos Sudarso Distrik Wamena Kab. Jayawijaya, telah dilaksanakan kegiatan Rakornis TMMD ke-110 Tahun 2021 secara Virtual, dengan thema "TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri" (Kamis, 18 Februari 2021).

    Adapun yang hadir pada acara Vidcon tersebut, Letkol Inf Arif Budi Situmeang S. IP, M. Tr (Han), (Dandim 1702/ Jayawijaya), Bupati Kab Jayawijaya yang diwakili oleh Drh I Made Putra (Kepala Staf Ahli Bupati Kab jayawijaya), Ketua DPRD Kab Jayawijaya yang diwakili Senius Hilapok ( Wakil Ketua Komisi A DPRD Kab. Jayawijaya), Ka Bappeda Kab Jayawijaya yang diwakili Drs Dadi Permadi ( Sekertaris Bappeda Kab. Jayawijaya) dan Agustinus Wamo (Kabid Sosbud Bappeda Kab. Jayawijaya)

    Diawali dengan sambutan Aster Panglima TNI yg diwakili Oleh Waaster Bidang Tahwil, Komsos dan Bakti TNI Brigjen TNI Toto Nurwanto S.IP,. M.Si. selaku Pati Bod Ren PJO TMMD.
    mengatakan bahwa program TMMD merupakan kegiatan lintas sektoral dengan berbagai Kementerian/Lembaga Pemerintah Non-Kementerian (LPNK) dan komponen masyarakat lainnya, yang dilaksanakan secara gotong-royong dan bukan domain TNI saja, demi tercapainya percepatan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. Jenderal bintang sati ini juga mengajak para stakeholder untuk mendukung, dan berkontribusi baik fisik maupun nonfisik untuk menyukseskan tugas mulia tersebut.

    “Mari kita jadikan Rakornis TMMD ini menjadi wahana untuk berkoordinasi dan berkomunikasi secara teknis, berdiskusi, dan menyinkronkan berbagai program Kementerian/LPNK yang dapat disinergikan dalam pelaksanaan TMMD ke-110 TA. 2021 ini. Diharapkan pula dalam Rakornis ini ada saran, masukkan, serta ide-ide yang kreatif, inovatif, dan konstruktif guna mendorong upaya peningkatan dan pengembangan program TMMD ke depan,” ujarnya.

    Dilanjutkan sambutan menteri kesehatan yang disampaikan oleh Dirjen Kesmas Kemenkes RI dr. Kirana Pritasari, MQIH , mengatakan
    Dalam rangka mewujudkan akselerasi pembangunan kesehatan di daerah tentang peningkatan masalah kesehatan, maka Kementerian Kesehatan RI bermitra dengan TNI melalui kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) dengan fokus utama pada kegiatan pemberdayaan masyarakat bidang kesehatan.

    Kesehatan adalah utama dan merupakan ujung tombak karena dengan kesehatan, kita bisa berpendidikan, kita bisa sejahtera', tutur dr. Kirana Pritasari, MQIH, pada pembukaan Rapat Koordinasi Teknis TNI Manunggal Membangun Desa ke-110 TA 2021.

    Adapun kegiatan TMMD yang dapat dilakukan antara lain berupa bakti fisik dan non fisik. Kegiatan bakti fisik, antara lain melalui pemeriksaan kesehatan dan pengobatan massal; sanitasi, kesehatan lingkungan, taman obat keluarga, pembangunan atau rehabilitasi sarana prasarana kesehatan dan unit kesehatan berbasis masyarakat (UKBM) di Desa sasaran. Sementara itu, kegiatan bakti non fisik, antara lain berupa sosialisasi gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS), penyuluhan dan pemberdayaan masyarakat dalam program kesehatan ibu dan anak, gizi, penyakit tidak menular, penyakit menular, kesehatan lingkungan, dan Keluarga Berencana," pungkas dr. Kirana.

    Dikesempatan itu juga Bupati Jayawijaya yang diwakili Kepala Staf Ahli Drh. I Made Putra mengatakan, TMMD yang akan dilaksanakan ini merupakan program dan lintas sektoral yang melibatkan TNI, Kementerian Lembaga Pemerintah non kementerian dan pemerintah daerah serta lapisan masyarakat.

    Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, meningkatkan wawasan kebangsaan, meningkatkan kesadaran bernegara, agar tercipta situasi yang kondusif, terwujud kepatuhan hukum daya tangkal dan perlawanan wilayah untuk menghadapi ancaman dan gangguan serta terciptanya ketahanan nasional.

    "Jadi TMMD bukan semata membangunkan sarana fisik bagi masyarakat kampung tetapi dalam TMMD juga membangunkan semangat dan percaya diri masyarakat agar mampu mengelola potensi yang dimiliki serta kesiapsiagaan menghadapi setiap ancaman dan tantangan yang sedang dihadapi mengingat begitu besarnya manfaat kegiatan ini bagi masyarakat", ujar Bupati Jhon R Banua.

    Diakhir kegiatan Vidcon tersebut dipaparkan rencana lomba karya Jurnalistik TMMD ke-110 TA 2021 yang disampaikan oleh Kolonel Inf Sathari Wibowo (Kasubdispen Medtak Dispenad).
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini