Tim Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Arab UNJ Edukasi Strategi Pembelajaran Bagi Guru di Yayasan Attaqwa VIII Karang Tengah Bekasi
  • Jelajahi

    Copyright © kabartujuhsatu.news
    Best Viral Premium Blogger Templates


    Daftar Blog Saya

    Tim Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Arab UNJ Edukasi Strategi Pembelajaran Bagi Guru di Yayasan Attaqwa VIII Karang Tengah Bekasi

    Kabartujuhsatu
    Kamis, 28 September 2023, September 28, 2023 WIB Last Updated 2023-09-29T03:55:45Z
    masukkan script iklan disini


    Bekasi, Kabartujuhsatu.news, tim Pengabdian kepada Masyarakat Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (P2M), Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta (UNJ) bekerjasama dengan Yayasan Attaqwa VIII Karang Tengah Bekasi Provinsi Jawa Barat menggelar kegiatan pelatihan “Strategi Pengajaran Kooperatif dan Inovatif bagi Guru-Guru di Yayasan Attaqwa VIII Karang Tengah Jumat (29/9/2023).


    Kegiatan ini diselenggarakan secara luring bertempat di Yayasan Attaqwa 08, Jl. KH Abdulloh Rt.03 Rw.01 Karang Tengah, Pusaka Rakyat Kecamatan Taruma Jaya, Bekasi dan live streaming melalui kanal youtube PBA UNJ Channel.


    Adapun kegiatan pelatihan ini dihadiri oleh 24 orang Guru Yayasan Attaqwa VIII Karang Tengah Bekasi, serta 7 orang Dosen dan 24 orang mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta.


    Total keseluruhan peserta yang mengikuti pelatihan ini adalah 55 peserta.

     

    Sebelum memasuki ruangan, peserta melakukan registrasi terlebih dahulu.


    Setelah itu kegiatan dibuka oleh Alvina Nisa selaku pembawa acara dan dilanjutkan dengan sambutan-sambutan.


    Sambutan pertama disampaikan oleh Kepala Yayasan yaitu KH. Abidulloh Abdulloh.


    Dalam sambutannya beliau menyampaikan ucapan terima kasih atas terselenggaranya pelatihan dalam rangka memperkenalkan strategi pengajaran kooperatif dan inovatif guna meningkatkan kualitas Pendidikan di Yayasan Attaqwa VIII.


    Kemudian sambutan kedua disampaikan oleh Kepala Madrasah Tsanawiyah Attaqwa 06 yaitu H. Murtaki, S.Ag, dan sambutan terakhir dari perwakilan tim dosen UNJ yaitu Dr. Samsi Setiadi, M.Pd.


    Setelah sambutan, acara dilanjutkan dengan penandatanganan perjanjian Kerjasama antara Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta dengan MIS Attaqwa 20 dan MTs Attaqwa 06, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Sdr. Mahlil.

     

    Rangkaian kegiatan ini dibagi ke dalam tiga sesi materi dan pelatihan.


    Adapun untuk materi pertama yaitu “Pengantar Strategi Pembelajaran Kooperatif yang disampaikan oleh Dr. Fatwa Arifah, MA.Pd dan didampingi oleh Ahmad Marzuq, M.Pd sebagai moderator.


    Selanjutnya, penyampaian materi kedua yaitu “Pengenalan Metode-Metode Pembelajaran Kooperatif (CIRC, TGT, STAD, JIGSAW, Problem Posing, NHT, TPS)” yang disampaikan oleh Dr. Muhammad Kamal, M.A. dan yang bertindak sebagai moderator pada materi ini adalah Dr. Puti Zulharby, M.Pd.


    Penyampaian 2 materi pertama ini diakhiri dengan sesi diskusi dan tanya jawab.


    Penyampaian materi ketiga disampaikan oleh Andri Ilham, MA., Hum.  didampingi oleh Aina Salsabila (Mahasiswi PBA UNJ)  dengan topik  “Pelatihan Canva untuk Pembelajaran yang Inovatif”.


    Setelah penyampaian materi selesai, kegiatan dilanjutkan dengan pendampingan pembuatan infografis Metode-Metode Pembelajaran Kooperatif yang mana pada kegiatan ini, guru-guru di Yayasan Attaqwa VIII Karang Tengah Bekasi diminta untuk membuat infografis melalui Canva dengan mengikuti langkah-langkah yang sudah disampaikan melalui video materi sebelumnya dengan didampingi oleh tim mahasiswa.


    Rangkaian kegiatan pelatihan ditutup dengan pemberian Door Prize bagi kelompok dengan desain infografis terbaik.


    Selama berlangsungnya acara, para peserta mengikuti pelatihan dengan semangat keaktifan dan antusiasme yang tinggi dari awal hingga akhir. 


    Feedback yang dihasilkan dari survey kepuasan yang dibagikan setelah rangkaian acara berakhir bahwasanya para peserta merasa senang dan sangat menyambut baik kegiatan ini serta berharap pelatihan ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan guna meningkatkan pengetahuan dan kualitas kompetensi guru. 

     

    (Red/*)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini