Upaya Turunkan Angka Stunting, Pemkab Maros Launching Kampus S3 Hadirkan Ahli Gizi Dr Hj Andi Nurlinda
  • Jelajahi

    Copyright © kabartujuhsatu.news
    Best Viral Premium Blogger Templates


    Daftar Blog Saya

    Upaya Turunkan Angka Stunting, Pemkab Maros Launching Kampus S3 Hadirkan Ahli Gizi Dr Hj Andi Nurlinda

    Kabartujuhsatu
    Rabu, 24 Agustus 2022, Agustus 24, 2022 WIB Last Updated 2022-08-27T15:27:57Z
    masukkan script iklan disini

    Dr Hj Andi Nurlinda, SKM, M.Kes (paling kanan) bersama Bupati Maros dan jajaran (Ist).

    Maros, Kabartujuhsatu.news,- Dalam rangka menurunkan angka Stunting di kabupaten Maros Sulawesi Selatan, Pemerintah Daerah yang di pimpin langsung Bupati Maros H.A.S Chaidir Syam, S.IP menggelar rapat koordinasi Program Keluarga Harapan (PKH) sekaligus launching kampus Sekolah Sadar Stunting yang di singkat S3 menghadirkan ahli gizi dosen pasca sarjana dari Universitas Muslim Indonesia Dr Hj Andi Nurlinda, SKM, M.Kes, perancang menu sehat tapi murah yang dilangsungkan di Gedung Serba Guna Kabupaten Maros, Rabu (24/8/2022).


    Dalam rakor ini di hadiri sejumlah kepala Dinas terkait diantaranya Kadis Sosial, Kadis Kesehatan, Kadis Pendidikan, Kadis PMD dan Kepala DP3ADADUBKB.


    Selain itu hadir pula para Camat, Kepala UPTD Kesehatan, para kepala Desa, Ketua TP PKK Desa, SDM PKH Kabupaten Maros, Bidan Desa serta Anak Genre Maros.


    Kegiatan rakor ini juga dalam rangka dirgahayu PKH Maros ke 9 Tahun yang bertajuk merawat spirit kemerdekaan RI dalam Kolaborasi.


    Sementara Launching Kampus S3 bertema Keluarga Produktif Sejahtera Sekolah Sadar Stunting.


    Rakor kolaborasi ini dimaksudkan untuk membawa kabupaten Maros terdepan membangun peradaban pendidikan, kabupaten layak anak bebas Stunting, stop perkawinan anak, meraih Maros lebih sejahtera.



    Bupati Maros Chaidir Syam bincang santai usai kegian bersama Dr Andi Nurlinda (Ist).

    Dalam pemaparannya, Alumni S3 IPB jurusan gizi  masyarakat tahun 2010 ini, mengatakan bahwa dirinya siap mewakafkan ilmu, pikiran dan tenaganya tanpa  digaji untuk menghilangkan stunting di Sulawesi Selatan dan khususnya di kabupaten Maros, ujarnya.


    Bahkan dosen peminatan gizi FKM UMi ini siap menurunkan   mahasiswanya ke desa desa yang  memiliki masalah stunting, tuturnya.


    Dikatakannya, "Saat ini Maros menduduki urutan  kedua stunting  tertinggi di Sulsel, untuk itu Kabupaten Maros perlu dibuatkan kebijakan khusus yang bersifat mewajibkan setiap institusi untuk bersinergi dengan sekolah sadar stunting, imbuhnya.


    Menurutnya, "Dengan kerja keroyokan yang sistematis, maka dalam 1-2 tahun, kabupaten Maros dapat menurunkan angka stunting, katanya.


    Ia mencontohkan seperti halnya di kabupaten Enrekang, sebut Dr. Hj. Andi Nurlinda, SKM, MKes.


    Andi Nurlinda berharap, "Sinergitas seluruh pihak untuk menurunkan angka Stunting ini sangat di perlukan, pungkasnya.




    Berpose bersama usai kegiatan launching Kampus S3 (Ist).

    Sementara itu, sebelumnya, Bupati Maros Chaidir Syam menyambut baik atas terselenggaranya kegiatan ini, penurunan angka stunting harus segera ditangani, ujarnya.  


    Senada yang disampaikan Dr Andi Nurlinda bahwa, "Untuk mencapai itu, butuh sinergi semua pemangku kepentingan terkait dalam menurunkan angka stunting khususnya di Kabupaten Maros, ucap Bupati Maros.


    "Seperti halnya Konvergensi lintas sektor dalam pembangunan kampung keluarga berkualitas agar disinergikan dengan pemangku kepentingan terkait.


    "Ini merupakan kunci utama untuk menurunkan angka stunting di Kabupaten Maros.


    "Jadi ini bukan hanya menjadi tugas anggota tim KB”, tutur Bupati.


    "Di tambah lagi dengan launching Kampus S3 ini, saya berharap upaya ini agar betul-betul di laksanakan dengan mensinergikan seluruh stakeholder, paparnya.


    Menurut Bupati, upaya penurunan angka stunting ini dilakukan untuk menyiapkan generasi yang berkualitas di masa depan.


    Dimana telah diketahui stunting merupakan kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis pada 1000 hari pertama kelahiran (HPK).


    “Tugas besar kita saat ini butuh aksi yang maksimal, target pemkab dalam penurunan angka stunting mampu mencapai 14% sampai tahun 2024 agar generasi kita menciptakan generasi yang berkualitas di masa depan” imbuh Bupati.


    Bupati mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bekerja lebih giat agar target yang ditetapkan pemerintah pusat yaitu angka stunting tersisa 14 persen dalam tahun 2024 dapat tercapai, pungkasnya.


    (Red/K71)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini