Dukung dan Tingkatkan Nilai Tambah Usaha Tani Kementan Optimalisasi Peran P4S
  • Jelajahi

    Copyright © kabartujuhsatu.news
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Daftar Blog Saya

    Dukung dan Tingkatkan Nilai Tambah Usaha Tani Kementan Optimalisasi Peran P4S

    Kabartujuhsatu
    Minggu, 22 Mei 2022, Mei 22, 2022 WIB Last Updated 2022-05-22T13:27:19Z
    masukkan script iklan disini

    Bitung (Sulut), Kabartujuhsatu.news,-Untuk mendukung kecukupan pangan dan meningkatkan nilai tambah usaha tani, Kementerian Pertanian melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) mengoptimalkan peran Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S).

    Salah satunya dengan kegiatan Mimbar Sarasehan dan Workshop Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) se Provinsi Sulawesi Utara, bertempat di kelurahan Sagerat Weru ll lokasi P4S Komunitas Pejuang Kota Bitung.

    P4S sendiri merupakan lembaga pelatihan pertanian dan pedesaan yang didirikan, dimiliki, dikelola oleh petani secara swadaya baik perorangan maupun berkelompok. P4S diharapkan dapat berperan aktif dalam pembangunan pertanian melalui pengembangan sumber daya manusia pertanian, yaitu dalam bentuk pelatihan/permagangan bagi petani dan masyarakat di wilayahnya.

    Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan, saat ini pertanian menghadapi tantangan yaitu untuk mencukupi pangan bagi seluruh rakyat Indonesia.

    "Karena itu harus dipastikan ketersediaan pangan di seluruh tanah air. Ketahanan pangan bisa ditempuh melalui pendampingan petani untuk meningkatkan produksi, turun ke lapangan untuk sama-sama tanam, olah tanah, panen, mengolah hasil panen, mendistribusikan hasil panen, sehingga petani mendapat penghasilan yang layak," katanya.

    Sementara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kemetan, Dedi Nursyamsi, menyampaikan bahwa P4S sebagai pusat pembelajaran dari petani untuk petani, memegang peranan penting dalam pembangunan pertanian.

    "Khususnya dalam memenuhi kecukupan kebutuhan pangan rakyat Indonesia. Pengembangan Pertanian modern dengan memanfaat teknologi informasi harus senantiasa dilakukan, sehingga dapat meningkatkan perekonomian petani" ujarnya.

    Wakil Wali Kota menyambut baik terlaksananya agenda ini, serta memberikan apresiasi yang setinggi tingginya kepada forum komunikasi P4S sebagai mitra strategis pemerintah di bidang pertanian yang memiliki peran penting dalam hal penyampaian informasi percepatan inovasi-inovasi pertanian serta menjadi pendamping berbagai program pemerintah ditingkat lapangan

    Hadir dalam kegiatan mewakili Balai Pertanian Batang Kaluku Gowa Sulawesi Selatan Hari Ismanto. S.TP M.Si, Ketua FK P4S Sulut Ir. Yani Lasut, Ketua komunitas exportir milenial sulut Alan Harvey palar. SE, Ketua P4S komunitas pejuang kota bitung Yulius kowaas. SP, Kepala Dinas ketahan pangan dan pertanian Steven prok. SH.

    (tim humas bbpp-bk_ILm/YLn/AL)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini