Kementan Melalui BPPSDMP Tingkatkan Kualitas Kompetensi Pertanian Dengan Bantuan Sarana dan Prasarana
  • Jelajahi

    Copyright © kabartujuhsatu.news
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Daftar Blog Saya

    Kementan Melalui BPPSDMP Tingkatkan Kualitas Kompetensi Pertanian Dengan Bantuan Sarana dan Prasarana

    Kabartujuhsatu
    Minggu, 22 Mei 2022, Mei 22, 2022 WIB Last Updated 2022-05-22T13:34:19Z
    masukkan script iklan disini

    Tomohon (Sulut), Kabartujuhsatu.news,- Kementerian Pertanian, melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), memanfaatkan Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi SDM pertanian.

    Salah satu upayanya adalah dengan memberikan bantuan sarana dan prasarana kepada P4S agar bisa meningkatkan kualitas pelatihan. Dengan bantuan ini, P4S juga diharapkan menjadi pusat pelatihan pertanian yang berkualitas.

    Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo mengatakan pertumbuhan pertanian harus diikuti oleh sumber daya manusia (SDM) yang handal.

    "SDM pertanian yang handal dapat meningkatkan bobot pertumbuhan ekonomi dan meningkatnya kesejahteraan masyarakat. 

    Salah satunya dengan meningkatkan kapasitas dan kualitas petani dan penyuluh yang sebagai ujung tombak kegiatan pertanian," ujar Mentan Syahrul.

    Kepala BPPSDMP Dedi Nursyamsi mengatakan keberhasilan pembangunan pertanian tak lepas dari peran semua pihak. 

    SDM Pertanian memberikan kontribusi yang cukup baik dalam mendukung program pembangunan pertanian.

    Lebih lanjut Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Dedi Nursyamsi mengatakan bahwa BPPSDMP berada di garis terdepan dalam pembangunan SDM pertanian.

    “Itu berati segala sesuatu yang terkait peningkatan kapasitas SDM merupakan tugas BPPSDMP.

    Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Batangkaluku sebagai pembina dari P4S di wilayah Pulau Sulawesi , telah melakukan pembinaan dibeberapa P4S sebagai langkah untuk menumbuh kembangkan kelembagaan P4S.

    Pembinaan berupa pengembangan pelatihan yang diarahkan untuk meningkatkan kemampuan dan menerapkan metodologi terhadap pelaku-pelaku usaha atau petani yang berada disekitar wilayah P4S.

    Selain pengembangan pelatihan juga diberikan bantuan berupa sarana prasarana yang dibutuhkan oleh P4S.


    Widyaswara Hari Ismanto S.TP, M.Si sebagai perwakilan dari BBPP Batangkaluku, didampingi Staf BBPP Batangkalulu Muh. Arhamsyah S.Pd, menyerahkan bantuan berupa sarana dan prasarana kepada P4S, yaitu
    P4S Sahabat Tani, di Desa Kakasen Satu, Kecamatan Tomohon Utara, Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara dan P4S Eufraino, di Desa Malayang Satu Barat, Kecamatan Malalayang, Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara.

    Untuk P4S Sahabat Tani bantuan yang diberikan berupa 1Sound Sistem Merek LG X - BOOM CL 98 1 set,Mic DAT DM - 200 2 unit, TV LED LG 4K 55 Up 75 , Mesin Potong Rumput Narita BG338, Lemari Buku/Arsip , Dan Kursi plastik Napolly.

    Berbeda dengan P4S Eufraino yang berupa Laptop HP 240 G8 (526H5PA), Epson Projector EB E500 XGA 3LCD, Printer epson L121 Ecotank, Continous Band Sealer MSP-BSL-88, Etalase Kaca.

    Penyerahan Bantuan diberikan langsung oleh Hari Ismanto S.TP, M.Si dan diterima oleh Ketua P4S Sahabat Tani dan juga ketua P4S Eufraino.

    Harapannya agar bantuan ini dapat meningkatkan kualitas belajar dan mengajar di P4S Sahabat Tani maupun P4S Eufraino. 

    Selain itu dapat meningkatkan kompetensi petani yang belajar di P4S. dan semoga dapat menggunakan bantuan ini dengan sebaik-baiknya.

    (tim humas bbpp-bk_ILm/YLn/AL)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini