Ponpes Darul Fallaah Unismuh Makassar di Bissoloro Gelar Malam Halaqah Pasantren rutin, Kali Ini Fokus Kajian Ilmu Falak dan Al-Hikam.
  • Jelajahi

    Copyright © kabartujuhsatu.news
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Daftar Blog Saya

    Ponpes Darul Fallaah Unismuh Makassar di Bissoloro Gelar Malam Halaqah Pasantren rutin, Kali Ini Fokus Kajian Ilmu Falak dan Al-Hikam.

    Kabartujuhsatu
    Minggu, 12 September 2021, September 12, 2021 WIB Last Updated 2021-09-12T07:12:31Z
    masukkan script iklan disini

    Makassar, Kabartujuhsatu.news,-Dalam rangka ikhtiar pembinaan, pemantapan dan peningkatan iman, taqwa dan kesadaran Pentingnya Ilmu Pengetahuan Islam keluarga besar Ponpes Darul Fallaah Unismuh Makassar di Bissoloro, melaksanakan Malam Halaqah Pasantren, 11-12 September 2021 di Masjid Al-Aqabah Bissoloro. 

    kegiatan Ini merupakan Silaturahim Rutin yang dilaksanakan Pimpinan Pasantren dan segenap santri sebulan sekali dengan menekankan Semangat Perjuangan Ijtihad Muhammadiyah sebagaimana Ikhtiar Pendiri Muhammadiyah yakni KH. Ahmad Dahlan. 

    Pada Malam hari ini mengangkat Tema Kajian Al-Hikam dan Urgensi Ilmu Falak dengan mendatangkan pemateri Dosen Ahli Falak Unismuh Makassar Mursyid Fikri, S.Pd.I MH, dan Direktur Ponpes Darul Fallah Dr. Dahlan Lama Bawa M.Ag dan di hadiri pula oleh Dekan Fakultas Agama Islam Dr. Amirah Mawardi S.Ag. M.Si.

    Dr. Dahlan Lama Bawa, M.Ag  Direktur Pondok Pesantren Darul Fallaah Unismuh Makassar di Bissoloro ditengah menikmati santapan malam bersama media ini menceritakan  bahwa “
    Kami bersyukur karena segala bentuk budidaya baik ikan dan sayuran pondok tidak membeli melainkan buah dari Budidaya santri dan gurunya sehingga kehalalan dan kehegenisan makan di pondok ini insyaAllah terjamin, selain itu sudah pasti sangat nikmat untuk di nikmati karena ikannya segar-segar.

    Kegiatan ini Pula akan menjadi ajang silaturahim dan usaha kami untuk membangun ikatan emosional yang dalam antara dewan guru dan santri sehingga tidak ada sekat antara satu dengan yang lainnya kemudian kita bergerak bersama membangun dan memajukan pondok ini.

    Pada Malam Halaqah kali ini mengundang pemateri Dosen Fakutas Agama Islam Ahli Falak Mursyid Fikri S.Pd.I., M.H sekaligus menjawab segala Bentuk Keresahan Santri dan dewan Guru terkait permsalahan awal Bulan di Indonesia.

    Beliau di tengah Materinya dalam memberikan pemaparan Urgensi Pengetahuan Falak menekankan pada 4 dimensi yakni dimensi Spritualitas, Sosial, Ilmu pengetahuan dan Politis.


    Santri dan dewan Guru diberikan gambaran Praktis Implementasi Hadis Waktu shalat dalam dunia observasi sehingga muncul semangat santri dalam melakukan pengamatan Matahari, Bulan dan Bumi.

    Selain itu  Dekan FAI Unismuh, Dr. Amirah Mawardi, M.Si turut mengungkapkan kesyukurannya karena keaktifan Ponpes dalam menggelar kegiatan yang sangat bermanfaat seperti Ini. 

    Ini merupakan bentuk kegiatan yang sangat bermanfaat yang akan sangat berkesan di benak santri karena berbaur dengan ustad-ustadnya.

    Ibu Dekan juga menekankan bahwa ini perlu menjadi contoh oleh pasantren-pasantren Muhammadiyah yang ada di Sul-sel untuk melibatkan keilmuan dosen Yang ada di kampus kemudian diintegrasikan oleh kebutuhan peningkatan Potensi santri yang ada dipasantren. 

    Kyai Pondok, Amiruddin, S.Pd.I dalam memandu acara menyampaiakan bahwa Pilihan untuk mengambil tema Ilmu Falak malam ini dalam rangka mengembalikan semangat Muhammadiyah khususnya santri dalam mendalami Ilmu yang menjadi ciri khas gerakan Muhammadiyah diawal berdirinya. 

    Karena Kh. Ahmad Dahlan merupakan ulama pertama yang melakukan kalibrasi Arah Kiblat yang dulunya kiblat hanya dianggap mengarah Barat namun  sesungguhnya Kiblat itu harusnya mengarah ke Ka'bah.

    Sehingga kehadiran pemateri mampu memberikan gambaran kepada Kita semua kondisi arah kiblat di Indonesia. Tutupnya. (Mursyid Fikri).
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini