Rasa Syukur Usai Panen, Warga Desa Timusu Gelar Ritual Adat Budaya Mappadendang dan Massure Dikemas Dalam Bentuk Pesta Rakyat
  • Jelajahi

    Copyright © kabartujuhsatu.news
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Daftar Blog Saya

    Rasa Syukur Usai Panen, Warga Desa Timusu Gelar Ritual Adat Budaya Mappadendang dan Massure Dikemas Dalam Bentuk Pesta Rakyat

    Kabartujuhsatu
    Selasa, 09 Agustus 2022, Agustus 09, 2022 WIB Last Updated 2022-08-10T09:21:45Z
    masukkan script iklan disini

    Soppeng, Kabartujuhsatu.news,-
    Wakil Bupati Soppeng Ir H Lutfi Halide menghadiri kegiatan pembukaan malam Kesenian Tingkat Desa di Desa Timusu dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI yang ke 77, Selasa malam, 9 Agustus 2022.

    Kegiatan ini dibuka langsung oleh Wakil Bupati Soppeng Lutfi Halide, yang berlangsung sangat meriah yang di awali dengan adat budaya Barasanji.

    Nampak ribuan warga Timusu dan sekitarnya memenuhi lapangan kebanggaan warga Timusu, dengan adanya kegiatan Pesta Adat Budaya Maddoja Bine, yang dirangkaikan acara Mappadendang serta Massure.

    Kepala Desa Timusu Firdaus mengatakan, " Pesta ini adalah pesta adat dan pestanya rakyat yang dihadiri ribuan warga, dan sangat ramai sebab baru kembali terlaksana setelah dua tahun vakum akibat pandemi covid 19 kemarin, katanya.

    Firdaus mengaku, Acara budaya Maddoja Bine, Pemerintah Desa Timusu sudah menjadikan agenda Tahunan artinya setiap bulan Agustus dalam setiap tahunnya dilaksanakan kegiatan semacam , ini, yang tiada lain bertujuan untuk menjaga dan melestarikan budaya yang sejak dulu tetap dipertahankan oleh masyarakat Desa Timusu pada umumnya, jelasnya.




    Hal ini bermakna, lanjut Firdaus sebagai tanda rasa syukur atas segala limpahan Reski yang diberikan oleh Allah SWT, dimana hasil pertanian mereka sudah mulai panen, maka dituangkan rasa kegembiraan para petani kita melalui acara ritual Mappadendang serta Massure, yang merupakan buah karya sastra dari Lagaligo terkait cerita legenda Meong Palo Karellae, tutur Kades Timusu Firdaus.


    Dikatakannya, Diacara ini juga menjadi pembuktian bahwa masyarakat Timusu memiliki sifat-sifat pemurah, dan hal itu terlihat begitu antusiasnya masyarakat Timusu membawa makanan dengan berbagai macam terutama masakan ayam kampung yang ditaburi lengkuas yang dikenal dengan istilah Anrian Sakke arinya menu yang lengkap, urai Firdaus.

    Sementara itu, Wakil Bupati Soppeng Lutfi Halide dalam sambutannya memberikan apresiasi yang luar biasa' pada Warga Timusu terkhusus Pemerintah Desa Timusu yang membuat kegiatan begitu semarak dan luar biasa, tentu ini bisa terjadi karena adanya kebersamaan yang terbangun dilingkup masyarakat Timusu dengan Pemerintah setempat, ujarnya.

    Selain itu, Wabup Soppeng Lutfi Halide kembali mengingatkan pada petani untuk terus berusaha meningkatkan produksi demi untuk menjaga Ketahanan pangan apalagi Desa Timusu kembali menorehkan sejarah dan mengharumkan nama Sulawesi Selatan dan Soppeng secara khusus, karena Timusu sebagai Desa pertama dipulau Sulawesi yang berhasil juara Dalam Lomba Aman pangan Desa 2021 tingkat nasional, pungkas Wakil Bupati Soppeng Lutfi Halide.




    Selain Wakil Bupati Soppeng, juga hadir Ketua DPRD Soppeng H. Saharuddin Adam, Kadis DPMD Kamaruddin SE, Camat Liliriaja Andi Bangka, , Ketua APDESI Cab Soppeng Junaldi Bakri, Kapolsek Liliriaja serta Danramil dan berbagai undagan lainnya sempat hadir bahkan mereka para pejabat ini ikut larut dalam kegembiraan bersama warga Timusu hingga larut malam.

    (K71)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini