Wujud Nyata Dalam Implementasi Program, TP PKK Desa Panincong Gelar Sejumlah Lomba
  • Jelajahi

    Copyright © kabartujuhsatu.news
    Best Viral Premium Blogger Templates


    Daftar Blog Saya

    Wujud Nyata Dalam Implementasi Program, TP PKK Desa Panincong Gelar Sejumlah Lomba

    Kabartujuhsatu
    Selasa, 26 Oktober 2021, Oktober 26, 2021 WIB Last Updated 2021-10-26T10:51:16Z
    masukkan script iklan disini

    Ketua PKK Desa Panincong saat memberikan lapora kegiatan (Ist).

    Soppeng (Sulsel), Kabartujuhsatu.news,- Di momen hari perempuan pedesaan, Tim penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Desa Panincong Kecamatan Marioriawa menggelar sejumlah Lomba.


    Gelaran lomba tersebut ditandai dengan acara pembukaan yang dihadiri TP PKK Kabupaten Soppeng, Camat Marioriawa, Dewan Juri, PKK Kecamatan Marioriawa, Kadis PMD, Tenaga Ahli pemberdayaan, Ketua BPD, Tokoh masyarakat, Pemuda, P3MD, Tokoh Agama, Babinsa Babinkantibmas.


    Pelaksanaan Kegiatan Lomba TP. PKK Berkreasi Desa Panincong ini dilaksanakan dalam durasi waktu 1 (Satu) hari efektif, yakni pada hari Selasa, 26 Oktober  2021, di Lapangan Sepak Bola Hj.A.Besse Desa Panincong Kecamatan Marioriawa.



    Sementara tema kegiatan PKK BERKREASI ini adalah"Membentuk Perempuan Pedesaan yang maju dan Mandiri dalam membangun desa bersama PKK.


    Ketua TP PKK Desa Panincong Hj.Andi Nurwana,S.Pd dalam laporannya mengatakan, " Tim Penggerak PKK Desa Panincong sebagai mitra pemerintah dan organisasi kemasyarakatan yang berfungsi sebagai fasilitator, perencana, pelaksana, pengendali dan penggerak untuk terlaksananya Program PKK yang banyak mendukung program pemerintah. 


       

    "Sehingga, dengan momen hari Perempuan Pedesaan sedunia, Tim Penggerak PKK desa Panincong melaksanakan berbagai kegiatan lomba sebagai wujud kegiatan yang nyata dan bermanfaat bagi masyarakat yang merupakan salah satu upaya untuk membuktikan bahwa PKK Desa Panincong benar-benar merupakan pemberdayaan Keluarga  kearah yang lebih baik, ujarnya.


    Menurut Hj. Andi Nurwana, sejumlah lomba yang digelar tersebut yakni Lagu Mars PKK, Administrasi Posyandu Balita, Remaja,dan Lansia, Senam Cuci Tangan, Hias Telur.



    Dikatakannya, maksud dan tujuan diadakannya kegiatan ini yakni Untuk mengevaluasi berbagai langkah inovatif, baik administrasi maupun implementasi pada kegiatan pembangunan bidang kesehatan.

    Sementara Kepala Desa Panincong Andi Mardiana, S.Sos mengungkapkan bahwa kegiatan ini digelar agar terbinanya kader Posyandu dalam melaksanakan Tugas dan Fungsi dalam Pengelolaan Administrasi Posyandu serta sebagai upaya untuk membiasakan masyarakat untuk berprilaku hidup bersih dan sehat, urai Kades Panincong, Selasa (26/10).


    Camat Marioriawa Usman Achmad, S.IP, M.Pd saat memberikan sambutan (Ist).

    Sementara itu Camat Marioriawa Usman Achmad, S.IP, MPd dalam sambutannya berharap lomba ini dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.


    Begitupun dengan kegiatan lomba yang digelar PKK Desa Panincong yang merupakan implementasi dari 10 program PKK, ujar Usman.


    Dia juga menyebut bahwa Peran perempuan pedesaan dilihat dari kontribusi yang dihadirkan maka perempuan pedesaan di seluruh dunia  adalah penyumbang terbesar,  baik dari segi pengurangan kemiskinan hingga pemenuhan kebutuhan pangan itu sendiri, katanya.

          
    Dengan momen Hari Perempuan Pedesaan sedunia, maka peran PKK diharapkan dapat menggugah masyarakat agar termotivasi untuk selalu dinamis, mau mengubah keadaan kepada yang lebih.



    Karena itu, pengetahuan dan keterampilan mutlak dimiliki bagi kader PKK, untuk memajukan serta meningkatkan mutu dan kemampuan organisasi, karena kesejahteraan bangsa dimulai dari kesejahteraan keluarga yang merupakan salah satu sasaran pembangunan, tutur Camat Marioriawa.


    Yang mewakili Kadis PMD kabupaten Soppeng Syamsuddin, SE, M.Si (Ist).

    Syamsuddin Nur mewakili Kadis PMD dalam sambutannya menyampaikan bahwa TP PKK salah satu organisasi yang telah diakui manfaatnya bagi masyarakat, terutama dalam upaya meningkatkan keberdayaan dan kesejahteraan keluarga adalah PKK, Pungkasnya.


    Ketua TP PKK Kabupaten Soppeng yang diwakili Sekretaris PKK drg.yuliana, S.Kg saat membuka acara lomba PKK BERKREASI dalam arahannya menyampaikan bahwa Lomba yang dilaksanakan Tim Penggerak PKK Desa Panincong jangan dilihat aspek kompetisinya saja lebih dari itu menjadikan bahan evaluasi agar 10 Program PKK bisa berjalan secara maksimal dalam jangka Panjang, ujarnya.


    "Patut disyukuri sebagaimana uraian Kadis PMD bahwa PKK adalah organisasi yang diakui oleh UU sebagaimana saya contohkan dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 99 tahun 2017 Tentang Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga, begitupun dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 1 Tahun 2013 tentang Pemberdayaan masyarakat melalui gerakan Pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga.



    "Juga dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 18 Tahun 2018 tentang Lembaga kemasyarakatan Desa dan Lembaga Adat Desa serta Peraturan Bupati soppeng Nomor 96 Tahun 2019 tentang Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Lembaga adat desa maupun
    dalam Program Kerja Tim Penggerak PKK Desa Panincong secara secara jelas, tuturnya.


    "Olehnya itu saya berharap PKK Desa Panincong terus mengimplementasikannya dalam program kerja nyata yang salah satunya yang dilakukan hari ini, imbuhnya.


    "Dengan ucapan bismillahirrahmanirrahim acara ini saya buka dengan resmi. Pungkasnya. (MSL).

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini