Satgas TMMD 118 Kodim 1416/Muna Gelar Sosialisasi Pencegahan PMK
  • Jelajahi

    Copyright © kabartujuhsatu.news
    Best Viral Premium Blogger Templates


    Daftar Blog Saya

    Satgas TMMD 118 Kodim 1416/Muna Gelar Sosialisasi Pencegahan PMK

    Kabartujuhsatu
    Jumat, 06 Oktober 2023, Oktober 06, 2023 WIB Last Updated 2023-10-06T08:29:26Z
    masukkan script iklan disini

    Muna, Kabartujuhsatu.news,--Satuan Tugas (Satgas) TNI Manungal Membangun Desa (TMMD) ke 118 Kodim 1416/Muna Lakukan Penyuluhan dan Sosialisasi Peternakan Pencegahan Penyakit Kuku dan Mulut (PMK) pada hewan ternak.

    Penyuluhan tersebut diberikan kepada warga yang berada di Desa Lamorende Kec. Tongkuno Kab. Muna yang berlangsung di Aula Kantor Desa Lamorende Jumat (6/08/2023).

    Program Penyuluhan dan Sosialisasi Peternakan Pencegahan Penyakit Kuku dan Mulut (PMK) itu ialah salah satu program TMMD yang ada dan masuk dalam objek sasaran Non Fisik Satgas TMMD ke 118 Kodim 1416/Muna.

    Ibu Maulana selaku penyuluh Peternakan Kec. Tongkuno dan Kec. Tongkuno Selatan mengatakan, penyuluhan Peternakan ini kita titik beratkan pada penyuluhan PMK (Penyakit Mulut Dan Kuku) pada Hewan ini merupakan sebagai bentuk antisipasi dan deteksi dini tentang persoalan PMK pada hewan ternak, mengingat penyakit itu dapat menyebar dengan cepat.

    “Tujuan dilaksanakan penyuluhan PMK, dengan harapan tepat sasaran bagi masyarakat yang mempunyai hewan ternak. 

    Setelah ada penyuluhan PMK ini, masyarakat peternak bisa memahami cara mencegah atau mengobati apabila hewan ternaknya ada gejala PMK", Ucapnya.


    "Para peternak diberikan pemahaman tentang apa saja gejala virus PMK pada sapi serta melaporkan kepada petugas jika ada ternak yang mengalami gejala.

    “Langkah yang bisa dilakukan pemilik ternak jika sapinya terkena wabah PMK diantaranya ialah, memantau serta melaporkan kepada petugas kesehatan jika ada hewan ternak yang sakit, di larang membeli/ memasukkan hewan ternak area dalam maupun luar Kabupaten. 

    Mengontrol akses masyarakat terhadap ternak dan peralatan, di sinfeksi kandang secara rutin minimal dua kali sehari dan memberikan suplemen (jamu tradisional/herbal yang terbuat dari temulawak, kunyit dan gula), perawatan pada luka, serta vitamin kepada ternak untuk daya tahan tubuh".

    Pada kegiatan tersebut dihadiri Dan SSK TMMD Lettu Inf Hamid, Kapolsek Tongkuno Iptu Hasan, Babinsa Desa Lamorende Serka Laode Beni, Sekretaris PPK Kabupaten Muna La Berita, petugas Penyuluhan Peternakan dari Kecamatan Ibu Maulana, Kepala Desa Lamorende, serta undangan sekitar 50 orang..

    (Pen)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini