Mendagri Tito Karnavian Puji Warga Bulukumba Dalam Membuat Kapal
  • Jelajahi

    Copyright © kabartujuhsatu.news
    Best Viral Premium Blogger Templates


    Daftar Blog Saya

    Mendagri Tito Karnavian Puji Warga Bulukumba Dalam Membuat Kapal

    Kabartujuhsatu
    Minggu, 13 Agustus 2023, Agustus 13, 2023 WIB Last Updated 2023-08-14T01:34:37Z
    masukkan script iklan disini

    Bulukumba, Kabartujuhsatu.news, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian memuji warga masyarakat Kabupaten Bulukumba provinsi Sulawesi Selatan dalam membuat kapal Pinisi.

    Hal itu diutarakan mantan Kapolri RI itu saat hadir di pusat pembuatan kapal di Tanah Lemo Kecamatan Bontobahari Kabupaten Bulukumba provinsi Sulawesi Selatan pada Jum'at (11/8/2023) lalu.

    Bahkan saat menyampaikan sambutan pada acara Puncak Gerakan Nasional Pembagian 10 Juta Bendera di lapangan Hitam sore harinya, Tito menyebut Bulukumba menjadi salah satu daerah yang istimewa karena keberadaan pembuatan kapal Pinisi yang oleh UNESCO telah menetapkan sebagai Warisan Budaya Dunia Takbenda.

    “Bulukumba istimewa karena ada Pinisi. Pinisi yang saya temui di Raja Ampat, Labuan Bajo dan Bali, semua dari Bulukumba,” ujar Tito.

    Tito juga mengatakan nilai luhur dari Pinisi adalah kita harus meniru orang Bulukumba.

    “Mereka petarung sejati, karena dengan Pinisinya berani berlayar menjelajahi dunia, tuturnya.

    “Kita harus menirunya menjadi bangsa petarung,” ungkapnya di hadapan ribuan orang yang memadati lapangan Hitam Tanjung Bira.

    Dalam kunjungan kerja tersebut Mendagri Tito Karnavian menyempatkan berkunjung ke bantilan kapal yang ada di Tanah Lemo usai mengunjungi kawasan Adat Ammatoa Kajang, Jumat 11 Agustus 2023.

    Tiba di lokasi, Tito Karnavian didampingi Bupati dan Wakil Bupati menaiki salah satu kapal Pinisi besar yang saat ini masih dalam proses pekerjaan.


    Untuk menaiki kapal tersebut, mantan Kapolri ini melewati titian papan kayu yang dipasang di samping geladak kapal.

    Kepala Balai Besar Pelatihan Pertanian Batangkaluku yang mewakili Kementerian Pertanian Muhammad Sidiq menyampaikan bahwa Rasa nasionalisme, persatuan, dan kesatuan di Indonesia memiliki keunikan tersendiri.

    Dari banyaknya suku, adat, dan budaya di Indonesia, masyarakat tetap bersatu, bekal tersebut perlu didorong agar semakin diperkuat, imbuhnya.

    Penguatan nasionalisme bisa dilakukan melalui pengibaran merah putih.

    Bendera menjadi salah satu simbol persatuan dan kebanggaan bangsa Indonesia.

    Diketahui Kabupaten Bulukumba ditunjuk Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia sebagai tuan rumah pelaksanaan kegiatan puncak Gerakan Nasional Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih yang dihadiri oleh pemerintah daerah dari seluruh Indonesia.

    (Red)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini