Kabupaten Manggarai Timur Raih Pos Kupang Awards 2022
  • Jelajahi

    Copyright © kabartujuhsatu.news
    Best Viral Premium Blogger Templates


    Daftar Blog Saya

    Kabupaten Manggarai Timur Raih Pos Kupang Awards 2022

    Kabartujuhsatu
    Selasa, 06 Desember 2022, Desember 06, 2022 WIB Last Updated 2022-12-06T13:35:09Z
    masukkan script iklan disini

    Borong, Kabartujuhsatu.news,  (6/12/12), Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur ( NTT) pada (6/12/2022) terus berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia masyarakat Kabupaten Manggarai Timur khususnya pengelolaan dan pengembangan mutu bidang pendidikan.aspek dasar ini menjadi perhatian khusus dalam rangka menyiapkan generasi Manggarai Timur yang inovatif, kreatif dan berdaya saing serta siap menghadapi dinamika perubahan dunia. 

    Upaya peningkatan kualitas pendidikan tidak hanya difokuskan pada perbaikan sarana prasarana dan metode pembelajaran tetapi juga pada manajemen sumber daya manusia (tenaga pendidik dan anak didik). 

    Sinergitas penyelenggaraan program strategis pendidikan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah menjadi salah satu faktor kunci keberhasilan terlaksananya visi misi Pendidikan Nasional. 

    Wujud komitmen pemerintah daerah juga dibuktikan dengan berbagai penghargaan pada bidang Pendidikan, antara lain penghargaan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi pada 29 Juli 2022 terkait kontribusi Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Timur dalam mendukung transformasi Pendidikan di Indonesia (Partisipan Studi Proses dan Konteks Perubahan Program Sekolah Penggerak Tahun 2021).

    Terbaru, pada tanggal 5 Desember 2022, Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Timur kembali mendapatkan penghargaan Pos Kupang Awards 2022 terkait percepatan transformasi pendidikan, khususnya program sekolah penggerak dan guru penggerak di Kabupaten Manggarai Timur. Kegiatan yang dilaksanakan di Kupang ini, dihadiri langsung oleh Bupati Manggarai Timur dan Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Manggarai Timur.

    Program Sekolah Penggerak (PSP), Program Guru Penggerak (PGP) dan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) merupakan program prioritas Kemendikbudristek yang bertujuan melakukan transformasi pendidikan di Indonesia dengan mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian, melalui terciptanya Pelajar Pancasila yang bernalar kritis, kreatif, mandiri, beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, bergotong royong dan berkebhinekaan global.

    Saat ini sekolah yang melaksanakan program sekolah penggerak di Kabupaten Manggarai Timur, sebanyak 57 sekolah (PAUD 3 sekolah, SD 22 sekolah, SMP 17 sekolah dan SMA 16 sekolah). 

    Guru penggerak adalah program pendidikan kepemimpinan bagi guru untuk menjadi pemimpin pembelajaran. 

    Jumlah guru penggerak di Kabupaten Manggarai Timur saat ini sebanyak 122 orang, yang sedang dalam proses verifikasi dan menunggu hasil seleksi administrasi sebanyak 645 orang. 


    Terkait Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM), saat ini telah dilaksanakan melalui 2 (dua) jalur, yakni jalur sekolah penggerak dan jalur mandiri dengan total sekolah pelaksana IKM sebanyak 333 sekolah.

    Bupati Manggarai Timur (Agas Andreas, SH., M.Hum), pada malam penganugerahan menyampaikan terima kasih atas dukungan berbagai pihak dalam memajukan pendidikan di Kabupaten Manggarai Timur, baik Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, Dinas PPO Kabupaten Manggarai Timur, private sector, masyarakat Kabupaten Manggarai Timur dan semua yang terlibat.

    “Terima kasih kepada semua pihak khususnya kalangan pendidikan yang telag mendukung kemajuan pendidikan di Manggarai TImur. 

    "Secara khusus kepada Pos Kupang, sebagai media yang selalu menjadi corong dalam menyalurkan informasi-informasi pembangunan dan secara obyektif menyampaikan isu-isu yang membutuhkan respon cepat dari pemerintah Daerah. 

    "Kiranya kita semua sebagai anak bangsa dapat menjadi lilin yang menjadi penerang bagi Pendidikan di Kabupaten Manggarai Timur",katanya.
     
    Kepala Dinas PPO Kabupaten Manggarai Timur (Drs. Basilius Teto) pada kesempatan yang sama  menjelaskan bahwa sebagai perangkat daerah yang menjalankan urusan wajib pendidikan, Dinas PPO berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Manggarai Timur sesuai dengan program-program strategis kependidikan yang berkelanjutan.

    (Ardi)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini