Unipol Soppeng Resmi Buka Program Studi Magister Manajemen, Rektor Andi Adawiah Beberkan Capaian
  • Jelajahi

    Copyright © kabartujuhsatu.news
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Daftar Blog Saya

    Unipol Soppeng Resmi Buka Program Studi Magister Manajemen, Rektor Andi Adawiah Beberkan Capaian

    Kabartujuhsatu
    Jumat, 14 Juni 2024, Juni 14, 2024 WIB Last Updated 2024-06-15T14:14:59Z
    masukkan script iklan disini


    Soppeng, Kabartujuhsatu.news, Universitas Lamappapoleonro (Unipol) kabupaten Soppeng provinsi Sulawesi Selatan resmi membuka program magister manajemen (S2) berdasarkan SK Izin Operasional Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor: 330/E/O/2024.

    SK Operasional tersebut diserahkan langsung oleh Kepala LLDIKTI Wilayah IX Sultanbatara Dr Andi Lukman, M.Si dalam acara peresmian pembukaan program magister manajemen Unipol yang dilangsungkan di ruang pola Kantor Bupati Soppeng, Jumat (14/6/2024). 


    Penyerahan SK tersebut diserahkan oleh Dr Andi Lukman, M.Si Kepala LLDIKTI Wilayah IX Sultanbatara kepada Rektor Unipol  DR.Hj .Andi Adawiah, SE., MM yang disaksikan oleh Penjabat Sekda Kabupaten Soppeng Andi Ibrahim Harta Sanjaya, SH, M.Si, Dandim 1423 Soppeng, Ketua Pengadilan Negeri dan Ketua Yayasan Universitas Lamappapoleonro.



    Rektor Unipol Dr Hj Andi Adawiah mengatakan, Alhamdulillah pada hari ini kita merasa bersyukur dengan adanya SK izin operasional mendikbudristek untuk mendirikan program Magister Manajemen pasca Sarjana di Unipol yang telah lama kita nantikan bersama.


    "Keinginan untuk mendirikan telah diupayakan sejak 2021 lalu namun karena berbagai keterbatasan dan banyaknya program yang kami rencanakan harus terlaksana secara bersama-sama seperti penggabungan sekolah tinggi dibawah naungan yayasan Lamappapoleonro menjadi Universitas dan alhamdulillah telah terwujud pada tahun 2021dan menjadi Universitas pertama dan satu-satunya di kabupaten Soppeng.


    Selain itu, lanjut Rektor Unipol mengatakan, "Kami juga berkeinginan kedepannya Universitas Lamappapoleonro harus memiliki kualitas yang sama atau bahkan melebihi Universitas yang ada di kota-kota besar lainnya, dan Alhamdulillah dengan kerja bersama pemerintah daerah kabupaten Soppeng, Pemerintah Pusat dalam hal ini LLDikti Wilayah IX Sulawesi Selatan, Barat dan Tenggara (Sultanbatara) beserta civitas akademika universitas Lamappapoleonro tahun 2023 kami berhasil meraih akreditasi institusi dengan predikat BAIK SEKALI dari Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi.


    "Bahkan Perguruan Tinggi di kota besar masih banyak yang belum mampu mendapatkan predikat BAIK SEKALI, namun tentu saja kami tidak langsung berpuas diri, dalam tahun ini kami mempersiapkan diri kembali untuk meningkatkan akreditasi Unipol ke predikat UNGGUL dan tentu bukan lagi standar Nasional akan tetapi menggunakan standar Internasional.


    "Oleh karena itu, dalam beberapa bulan ini Kami rutin melakukan kerjasama dengan Universitas Internasional, diantaranya minggu lalu, Kami dari Universitas ternama di Kairo Mesir, setelah beberapa waktu lalu kami juga bersama Kepala LLDIKTI wilayah IX berangkat ke Uzbekistan dengan tujuan menjalin kerjasama luar negeri, hal itu dilakukan agar nantinya Kualitas pendidikan di Unipol dapat memiliki standar Internasional.


    "Insyaallah dengan dukungan pemda kabupaten Soppeng beserta arahan dan bantuan dari kepala LLDIKTI wilayah IX Sultanbatara, insyaallah apa yang dicita-citakan dapat kita capai bersama sehingga dampaknya dapat dirasakan oleh masyarakat utamanya masyarakat kabupaten Soppeng.


    "Dengan berkembangnya Unipol serta hadirnya program pasca Sarjana di kabupaten soppeng yang juga menjadi program pasca Sarjana yang pertama yang ada di kabupaten Soppeng.


    Rektor Unipol Dr Andi Adawiah mengungkapkan bahwa tentu saja capaian itu tidak bisa berjalan sendiri, namun Unipol bekembang karena didukung oleh infrastruktur dan sumber daya yang mumpuni.


    "Kami bersyukur bahwa yayasan yang menaungi UNIPOL tidak henti-hentinya mensupport setiap rencana dan kebutuhan Universitas Lamappapoleonro, bahkan seringkali menggunakan dana sendiri (pribadi) dari Ketua Yayasan bersama pengurus, mulai dari pembangunan kampus yang baru yang hingga saat ini telah menelan biaya Rp. 11, 2 Milliar yang berada di belakang/ samping kantor Bupati dan gedung DPRD kabupaten Soppeng.


    "Di area tersebut terdapat Gedung Rektorat, Gedung Auditorium, Gedung Kuliah, Masjid Kampus dan Asrama Mahasiswa/Rumah Susun Mahasiswa, Sarana Olahraga yang pemanfaatannya sudah mulai dirasakan oleh mahasiswa Unipol.


    "Bahkan Kepada Dosen yang sedang studi lanjut, sangat diperhatikan oleh pihak Yayasan.


    Ia juga menyampaikan bahwa Dosen yang akan melakukan studi lanjut pada program Doktor di dalam negeri dan luar negeri juga terus disediakan dana pendidikan dari Yayasan untuk menjadi tenaga pendidik yang berkualitas.


    Rektor Unipol menuturkan bahwa program magister manajemen akan dimulai perkuliahannya pada bulan Agustus 2024 mendatang tahun akademik 2024-2025 meskipun sebelum penyerahan SK Izin pembukaan program pascasarjana ini, minat masyarakat yang mendaftar  sangat tinggi bahkan dimulai beberapa tahun yang lalu.


    "Untuk mahasiswa pascasarjana akan menggunakan kampus yang ada di jalan kesatria Watansoppeng yang insyaallah fasilitasnya bahkan lebih bagus dari kampus yang ada di makassar.


    Dikesempatan itu juga Rektor Unipol mengatakan bahwa meski tenaga Dosen yang memiliki kualifikasi Doktor yang secara kualitas dan kuantitas lebih dari cukup  namun pihaknya tetap berkolaborasi dengan Universitas Hasanuddin dan Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar untuk pembelajaran dari pakar managemen seperti Prof Acha Munir (Unhas), Prof Hamid Habbe (Guru besar Unhas),  Prof Baharuddin Semmaila (Guru Besar UMI) dan lainnya, yang nantinya sebagai Dosen Tamu dan kesemuanya putra terbaik kabupaten Soppeng.


    Rektor Unipol menyatakan bahwa nantinya Direktur Program Pascasarjana Magister Manajemen akan dipimpin oleh Doktor Nurmal Idrus, SE, MM yang juga Direktur Nurani Strategic, mantan Ketua KPU Makassar tahun 2012, COE D'Kayangan Resort dan pernah menjadi Ketua Dewas Rumah Sakit yang memabawa RSUD Latemmamala ke tingkat paripurna, ulas Rektor Andi Adawiah.


    "Semoga kedepan dalam kepemimpinannya dapat membawa program pascasarjana Unipol ke peringkat paripurna dan peringkat Unggul, harap Rektor Unipol.




    Kepala LLDIKTI Wilayah IX Sultanbatara Andi Lukman dalam sambutannya mengatakan, Selamat atas dibukanya Program Pascasarjana Magister manajemen di Universitas Lamappapoleonro.


    Dikesempatan itu juga Kepala LLDIKTI Wilayah IX, Dr. Andi Lukman, memuji kemampuan Unipol dalam pengelolaan organisasi kampus yang menurutnya menjadi kunci utama kesuksesan perguruan tinggi ini.


    Kata Lukman "Tak banyak perguruan tinggi di daerah dengan stabilisasi mantap seperti Unipol. Ini karena Rektor dan civitas akademika sukses membangun ekosistem manajemen kampus yang luar biasa," Ujarnya.


    "Mendapatkan izin operasional magister manajemen kata Andi Lukman, bukanlah hal yang mudah, "Sebab syaratnya sangat ketat, dan harus punya lima Doktor dan fasilitas baik dan yang lebih penting penguruan tinggi itu harus punya akreditasi baik sekali. Unipol mampu menembus ketatnya syarat itu," terangnya.


    Andi Lukman berharap kedepan Universitas Lamappapoleonro juga dapat membuka program studi Kedokteran seperti di Palopo yang juga Rektor nya adalah perempuan, tandasnya. 



    Sementara itu, Pj Sekda Soppeng Andi Ibrahim, SH, M.Si dalam sambutannya mengatakan, Dengan kehadiran program studi pascasarjana Magister manajemen di Unipol adalah sebuah anugerah kepada masyarakat kami, Khususnya di kabupaten Soppeng sehingga dengan demikian, "Atas nama pemerintah daerah kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Rektor dan jajarannya yang telah membuktikan bahwa telah berkomitmen dan mendukung visi misi pemerintah kabupaten soppeng yakni Soppeng yang lebih melayani, maju dan sejahtera.


    "Universitas Lamappapoleonro sebagai salah satu perguruan tinggi menjadi kebanggaan kami sebagai masyarakat soppeng dan telah membuktikan kepada kita semua bahwa memajukan sumber daya manusia bukan hanya tanggungjawab pemerintah.


    "Menghadapi era persaingan yang sangat kompetitif seperti sekarang ini, maka diharapkan kepada Ibu Rektor agar terus berkomitmen untuk mendukung kebijakan pemerintah, melalui Kemendikbudristek dikti yaitu peningkatan daya saing bangsa dan kelulusan dengan memberikan bekal lompatan pendidikan, berkarakter dan program unggulan mahasiswa melalui kegiatan penelitian, pengabdian masyarakat, keterampilan sehingga dapat menjawab tantangan program pasar untuk masyarakat.


    "Atas nama pemerintah menyampaikan selamat kepada Rektor dan seluruh civitas akademik Universitas Lamappapoleonro atas pembukaan program studi Magister manajemen pascasarjana dan ucapan terimakasih kepada Kepala LLDikti yang telah melakukan pendampingan kepada Institusi Universitas Lamappapoleonro kabupaten Soppeng.


    "Kepada seluruh hadirin dan undangan untuk mengajak sanak keluarganya untuk terus belajar dan melanjutkan pendidikan di kabupaten Soppeng yang saat ini telah hadir beberapa perguruan tinggi, termasuk Universitas Lamappapoleonro, pungkas Pj Sekda Andi Ibrahim.


    Turut hadir Ketua Yayasan Universitas Lamappapoleonro Drs H Muslimin, M.Si, Wakil Rektor, Direktur Pasca Sarjana Magister Manajemen Dr Nurmal Idrus, Dandim 1423 Soppeng, Ketua Pengadilan Negeri, Kepala SKPD Lingkup Pemkab Soppeng, para kepala unit kerja BUMD/BUMN, Kapolsek Lalabata, Camat Lalabata, Kades dan Lurah se-Kecamatan Lalabata, Kepala SMU/SMK, para Dosen dan staf serta mahasiswa Civitas Akademika Unipol.


    (Red) 

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini