Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XIX Sulsel Akan Tampilkan MUMI di Pameran Hari Jadi Soppeng ke 763 Tahun
  • Jelajahi

    Copyright © kabartujuhsatu.news
    Best Viral Premium Blogger Templates


    Daftar Blog Saya

    Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XIX Sulsel Akan Tampilkan MUMI di Pameran Hari Jadi Soppeng ke 763 Tahun

    Kabartujuhsatu
    Senin, 22 April 2024, April 22, 2024 WIB Last Updated 2024-04-22T13:27:42Z
    masukkan script iklan disini
    Jayadi Adam, Illustrasi MUMI dan Andi Ayyub (ist)

    Soppeng, Kabartujuhsatu.news, Dalam Rangka memeriahkan hari jadi Soppeng yang ke 763 tahun, Instansi Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XIX Sulawesi Selatan (Sulsel) akan ikut berpartisipasi dalam kegiatan Pameran yang bakal digelar Pemkab Soppeng di Stadion H.A.Wana yang akan di mulai besok (23/4/2024). 

    Hal itu diungkapkan pejabat Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah XIX Sulsel yang bertugas di kabupaten Soppeng, Jayadi Adam, Senin malam (22/4/2024). 

    Menurutnya, "Dalam Pameran kali ini BPK X1X Sulsel akan memamerkan salah satu koleksi yaitu Berupa mumi atau mayat kering, ujarnya. 

    Kata Jayadi, "Tentunya dalam hal ini masyarakat kabupaten Soppeng khususnya dan atau para pengunjung nantinya dapat melihat secara langsung di Stand Pameran BPK wilayah XIX, terang Jayadi Adam.

    Dikatakan juga bahwa, "Selain Mumi, ada juga koleksi artefak/ alat yang terbuat dari batu yang merupakan peninggalan budaya zaman prasejarah kabupaten Soppeng, tuturnya. 


    Sementara itu, Pemerhati Kebudayaan kabupaten Soppeng Andi Ayyub mengapresiasi Pihak Balai Pelestarian Kebudayaan, yang menurutnya, "Selama ini masyarakat hanya mendengar istilah Mumi dan atau hanya melihat di media serta di film-film, jadi dengan ditampilkannya nanti di Pameran Hari Jadi Soppeng ke 763 tahun, tentu berbagai pertanyaan yang selama ini, apa sih sebenarnya Mumi dan bagaimana sehingga dapat tumbuh rambutnya meskipun sudah mati, tandas Cucu Datu Mangkona ini. 

    Selain itu kata Andi Ayyub, "Terkait artefak memang kabupaten Soppeng khususnya di daerah Lompulle telah banyak ditemukan bahkan masuk di musim nasional sehingga hal ini juga sangat penting untuk diketahui masyarakat Soppeng khususnya para generasi saat ini, tandasnya. 

    "Dengan adanya penampilan artefak nantinya, masyarakat Soppeng dapat melihat peradaban Soppeng di masa lampau yang merupakan pembeda zaman dan merupakan identitas daerah, pungkasnya. 

    (Red) 

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini