Kebakaran Kilang Balongan Pertamina Diduga Dilakukan Mafia Migas
  • Jelajahi

    Copyright © kabartujuhsatu.news
    Best Viral Premium Blogger Templates


    Daftar Blog Saya

    Kebakaran Kilang Balongan Pertamina Diduga Dilakukan Mafia Migas

    Kabartujuhsatu
    Senin, 05 April 2021, April 05, 2021 WIB Last Updated 2021-04-05T15:05:50Z
    masukkan script iklan disini

    Ketua Umum LSM Penjara 1 Teuku Z Arifi. tanggapi kebakaran di Kilang Minyak Balongan (Foto Istimewa)

    Jakarta, Kabartujuhsatu.news, -Ketua Umum LSM Penjara 1 Teuku Z. Arifin curiga Kebakaran di Kilang Balongan, Indramayu, Jawa Barat bisa saja disengaja oleh mafia migas.
    Sebagai kilang modern, menurutnya Balongan selayaknya punya sistem pengamanan berlapis dalam menghadapi kebakaran, termasuk disebabkan petir. Kebakaran kilang tersebut, menurutnya semakin memperbesar indikasi adanya pihak yang tidak ingin Indonesia memiliki kilang minyak.

    "Sebelumnya, rencana pengembangan Kilang Cilacap, Bontang dan Tuban juga belum dapat direalisasikan. Dengan terbakarnya kilang Balongan, impor BBM semakin membesar, yang menguntungkan bagi mafia migas berburu rente pada impor BBM," kata dia melalui pesan singkat kepada wartawan, Minggu (4/4).

    Arifin menilai banyak hal yang bisa menyebabkan Kilang Balongan kebakaran, entah apakah benar karena tersambar petir, kebocoran, kesengajaan, serta bisa juga karena faktor perawatan fasilitas kilang, dan lain sebagainya.

    "Lakukan segera investigasi menyeluruh terhadap penyebab kebakaran itu," sebutnya.

    "Bila misalnya disengaja, kenapa disengaja? siapa yang membakar? kan pertanyannya begitu. Jadi saran saya serahkan kepada yang berwenang karena ini kan objek vital nasional ya, ya sudah diinvestigasi, dicek penyebabnya, apakah ada kesengajaan atau tidak, apakah kelalaian sifatnya," tutup Arifin (Red/SW).
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini