Universal Health Coverage Hadiah Istimewa Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Timur
  • Jelajahi

    Copyright © kabartujuhsatu.news
    Best Viral Premium Blogger Templates


    Daftar Blog Saya

    Universal Health Coverage Hadiah Istimewa Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Timur

    Kabartujuhsatu
    Kamis, 01 Desember 2022, Desember 01, 2022 WIB Last Updated 2022-12-01T09:51:46Z
    masukkan script iklan disini

    Borong, NTT, Kabartujuhsatu.news, - Universal Health Coverage (UHC) menjadi salah satu hadiah istimewa yang dipersembahkan Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Timur kepada masyarakat Kabupaten Manggarai Timur pada hari jadi yang ke-15. 

    Bertempat di Media Center Kabupaten Manggarai Timur, Bupati Manggarai Timur (Agas Andreas, SH., M.Hum.) menandatangani rencana kerja tentang penyelenggaraan jaminan kesehatan nasional bagi penduduk Manggarai Timur dalam rangka UHC. Bersama penandatanganan tersebut, Kabupaten Manggarai Timur resmi mencapai UHC pada bulan Desember 2022. Hal ini merupakan perwujudan komitmen, tanggungjawab dan kepedulian Pemerintah terhadap kualitas kesehatan masyarakat Kabupaten Manggarai Timur. Kamis, (1/12/22).

    Bupati Manggarai Timur menyampaikan rasa syukurnya atas pencapaian UHC di Kabupaten Manggarai Timur, hal ini menunjukan bahwa komitmen Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Timur untuk memberikan akses jaminan pelayanan kesehatan yang layak kepada masyarakatnya telah terwujud.

    “Kado ini setelah perayaan hari jadi Kabupaten Manggarai Timur ke-15, ini kami berikan untuk seluruh masyarakat Manggarai Timur. Melalui capaian UHC ini, maka masyarakat tidak lagi kesulitan untuk mendapatkan akses pelayanan kesehatan di fasilitas Kesehatan. Pemerintah Daerah juga berterima kasih kepada BPJS Kesehatan untuk dukungan dan kerjasamanya sehingga akhirnya Manggarai Timur bisa mencapai UHC.”

    Bupati Manggarai Timur juga menghimbau dan mengajak masyarakat untuk menggunakan fasilitas yang telah disediakan oleh pemerintah.

    “Kalau sakit, jangan ragu lagi untuk datang ke fasilitas Kesehatan terdekat. Pemda sudah menyiapakn semua sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk meningkatkan derajat Kesehatan masyarakat. Tenaga Kesehatan, sarana prasarana Kesehatan dan sekarang BPJS Kesehatan. Asal warga Mangarai Timur yang dibuktikan dengan dokumen kependududkan yang valid maka bisa berobat gratis. Jangan menimbun sakit karena alasan biaya.”


    Pada kesempatan yang sama, Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Manggarai Timur (Eka Pristiwati Suryaningrum) menyampaikan apresiasi atas predikat UHC yang diperoleh Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Timur. Kepada Bupati Manggarai Timur dilaporkan bahwa capaian kepesertaan JKN di Kabupaten Manggarai Timur mencapai 100%. Berdasarkan data per 01 Desember 2022, Pemerintah Daerah sudah mendaftarakan 13.344 jiwa sebagai peserta JKN.

    Pendaftaran UHC ini memiliki keistimewaan yakni Pemerintah Daerah dapat mengajukan pendaftaran peserta dan peserta yang terdaftar akan langsung aktif kepesertaannya. Peserta BPJS Kesehatan yang sudah langsung dijaminkan tersebut dapat langsung mengakses layanan Kesehatan. Syarat utama yang harus dipenuhi adalah memiliki dokumen kependudukan (KTP) Manggarai Timur yang valid. Namun keistimewaan ini hanya dikhususkan bagi peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang ditanggung oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Timur.

    “Sinergitas dan kolaborasi yang baik antara BPJS Kesehatan dan Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Timur serta para pemangku kepentingan yang melatarbelakangi tercapainya UHC ini. Jaminan kesehatan masyarakat ini, menjadi hal yang sangat penting karena merupakan hak warga masyarakat yang berada di Kabupaten Manggarai Timur. Harapan kami sinergi dan komitmen Pemerintah Daerah terhadap program JKN akan dapat terus berjalan serta dapat mendorong peningkatan kualitas layanan di fasilitas kesehatan baik tingkat pertama maupun lanjutan” ujar Eka. 

    Sumber: Prokopim Matim
    Tensi Rea
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini