PT Malino Higlands Kunjungi BBPP-BK Jalin Kerjasama Antara Petani dan Ikamaja Terkait Smart Farming
  • Jelajahi

    Copyright © kabartujuhsatu.news
    Best Viral Premium Blogger Templates


    Daftar Blog Saya

    PT Malino Higlands Kunjungi BBPP-BK Jalin Kerjasama Antara Petani dan Ikamaja Terkait Smart Farming

    Kabartujuhsatu
    Kamis, 10 Maret 2022, Maret 10, 2022 WIB Last Updated 2022-03-10T15:49:22Z
    masukkan script iklan disini

    Gowa (Sulsel), Kabartujuhsatu.news,-PT. Malino Highlands dalam hal ini MITORA GROUP melakukan kunjungan ke Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Batangkaluku terkait kerjasama antara petani alumni magang Jepang yang berasal dari Sulawesi Selatan dan Penjajakan kerjasama dalam Smart Farming, Kamis (10/3/2022).

    MITORA GROUP ini merupakan perusahaan yang bergerak di layanan konsultasi bisnis dan manajemen.

    Kedatangan perwakilan MITORA Group didampingi langsung oleh Koordinator Program dan Evaluasi BBPP Batangkaluku, Fitriani yang dilangsungkan di ruang AOR BBPP Batangkaluku dan dihadiri oleh Alumni IKAMAJA, Kepala Dinas Pertanian dan Hortikultura Kabupaten Gowa serta Widyaiswara BBPP Batangkaluku.

    Dalam kegiatan ini membahas perencanaan kerjasama antara MITORA Group dengan IKAMAJA dan BBPP Batangkaluku.

    Fokus kerjasama yang menjadi pembahasan yaitu mengenai kiprah alumni magang jepang dan kerjasama smart farming.

    Selain itu juga dibahas terkait bagaimana produktivitas petani agar bisa lebih meningkat dengan hasil yang berkualitas.


    Dalam kunjungan ini perwakilan MITORA Group, Ani Andayani melakukan pemaparan kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan serta model kerjasama yang akan dilakukan kedepannya.

    Pemaparan ini bertujuan untuk membuka peluang kerjasama kepada IKAMAJA dan Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Batangkaluku.

    Ani Andayani perwakilan MITORA Group dalam kesempatannya mengatakan bahwa MITORA Group adalah salah satu pihak swasta yang berminat untuk mengembangkan smart green house dalam rangka memproduksi buah dan sayur semusim yang sehat, katanya.

    Menurutnya, “Kenapa mesti buah dan sayur yang sehat?, Karena tujuannya adalah untuk Health and Wellness yang merupakan suatu kolaborasi yang baik apabila perusahaan swasta tidak sendiri pada suatu program pemerintah yang bisa menjadi partner, kemudian juga melibatkan petani untuk menjadi bagian didalam kerjasama itu,”katanya.

    “Salah satu kolaborasi yang merupakan program pemerintah adalah smart farming, yang merupakan suatu timing yang pas untuk kerjasama.

    Saat ini MITORA masih dalam penjajakan yang nanti akan diterapkan di Malino Highlands.

    Malino Highlands nantinya tidak hanya memproduksi buah dan sayurnya akan tetapi disana ada Agrotourism, yang kemudian pengunjung dapat melihat bagaimana teknologi yang digunakan serta bagaimana memproduksi buah dan sayur yang sehat,”jelasnya.

    Lanjut beliau mengatakan, Selain Malino Highlands yang sebagai showcase juga ada di Taman MINI Jakarta dan rencananya juga akan ada di Manado.

    Intinya bagaimana kita bisa memproduksi buah dan sayur yang sehat dengan kualitas prima, terangnya.


    Kami juga berharap dari IKAMAJA sebagai lulusan jepang bisa menerapkan bagaimana karakter mengerjakan pertanian di Jepang, mereka tentunya sudah paham dan lebih baik, sehingga jika bekerjasama dan diterapkan nantinya tentunya hasilnya akan lebih baik dan tidak menutup kemungkinan petani yang ada khususnya di Kabupaten Gowa bisa diusulkan nantinya menjadi kandidat untuk dikirim magang di Jepang.

    BBPP Batangkaluku memberikan tanggapan positif dalam pertemuan itu, dan mereka merencanakan untuk melakukan survei lapangan terkait lokasi pertanaman hortikultura serta melihat langsung hasil dari pelatihan smart farming yang telah dilaksanakan oleh BBPP Batangkaluku beberapa waktu lalu.

    (timhumas bbpp-bk)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini