Sebanyak 56 Mahasiswa Universitas Tomakaka Mamuju Sulbar Kembangkan Ilmu Pertanian di BBPP Batangkaluku
  • Jelajahi

    Copyright © kabartujuhsatu.news
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Daftar Blog Saya

    Sebanyak 56 Mahasiswa Universitas Tomakaka Mamuju Sulbar Kembangkan Ilmu Pertanian di BBPP Batangkaluku

    Kabartujuhsatu
    Sabtu, 19 Februari 2022, Februari 19, 2022 WIB Last Updated 2022-02-19T18:33:16Z
    masukkan script iklan disini

    Gowa (Sulsel), Kabartujuhsatu.news,-Sebanyak 56 mahasiswa dari Fakultas Pertanian, Universitas Tomakaka, Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat melakukan pengembangan ilmu pertanian di Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Batangkaluku.

    Tujuan utama kegiatan ini adalah mengembangkan ilmu pengetahuan pertanian yang telah dipelajari di kampus. Selain itu mahasiswa juga nantinya akan mengadakan seminar hasil.

    Mereka akan mempersentasekan Kegiatan yang telah dilakukan dan diperoleh di BBPP Batangkaluku yang merupakan suatu bentuk pertanggungjawaban sekaligus mengukur sejauhmana pemahaman mahasiswa selama melaksanakan kegiatan tersebut. Pelaksanaan presentasi merujuk pada satu tema terkait dengan Pengembangan Pertanian Berbasis Digitalisasi.


    Mahasiswa yang didampingi Dosen dan Dekan Fakultas Pertanian Tomakaka, tiba di BBPP Batangkaluku pada Hari Kamis 17 Februari 2022 lalu, diterima langsung oleh Koordinator Program dan Kerjasama, Fitriani.

    Saat serah terima mahasiswa, Fitriani menyampaikan semoga ilmu yang didapat selama tiga hari ke depan dapat bermanfaat bagi mahasiswa itu sendiri, maupun masyarakat umum khususnya, agar dapat dijadikan suatu ide usaha untuk memulai usaha dalam mengembangkan pertanian kedepannya.

    Seperti yang kita ketahui digitalisasi pertanian menjadi efektif dan penggunaan mekanisasi semakin maju sehingga produksi terus meningkat dengan kualitas yang tinggi dan pendapatan petani semakin naik.

    Menurut Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, “Kemajuan pertanian turut didukung generasi milenial karena memiliki semangat berinovasi yang tinggi untuk melakukan cara-cara yang baru terhadap penanganan pertanian yang maju, mandiri, dan modern.” Pungkasnya.



    Dekan Fakultas Pertanian Tomakaka, Haedar Harun menuturkan, agar seluruh mahasiswa mampu mengembangkan kompetensinya di bidang pertanian. Serap juga ilmu tentang Agribisnis terutama di hilir, sehingga kita mampu mengemas hasil pertanian menjadi produk unggulan yang mampu menembus pasar.

    Jusniati, salah satu mahasiswa Tomakaka, mengatakan selama tiga hari ini ilmu yang didapatkan sangat banyak terlebih lagi 60% adalah kegiatan praktek mulai dari Budidaya Tanaman Padi, penyiapan lahan sampai penanaman Jagung, Hidroponik, Pengenalan dan Pengoperasian ALSINTAN, yang tidak kalah menarik yaitu pengolahan hasil pertanian nugget jamur tiram dan susu kedelai yang bercita rasa jahe, pandan juga cokelat.

    Sugeng Mulyono Widyaiswara BBPP Batangkakulu mengatakan bahwa sudah Tugas dan fungsinya sebagai widyaiswara di UPT Pengembangan SDM agar alumninya unggul dan tangguh, tandasnya.

    ”Universitas Tomakaka sudah tepat memilih BBPP Batangkaluku sebagai tempat pembelajaran." Jelasnya sebagai perwakilan Kepala Balai saat melepas sekaligus menutup kegiatan Kerjasama Universitas Tomakaka dan BBPP Batangkaluku, Sabtu 19 Februari 2022.
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini