Pastikan Ketersediaan Pangan Dimasa Pandemi, Program READSI Solusi Ideal
  • Jelajahi

    Copyright © kabartujuhsatu.news
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Daftar Blog Saya

    Pastikan Ketersediaan Pangan Dimasa Pandemi, Program READSI Solusi Ideal

    Kabartujuhsatu
    Kamis, 22 Juli 2021, Juli 22, 2021 WIB Last Updated 2021-07-22T11:55:24Z
    masukkan script iklan disini

    Kabartujuhsatu.news,- Rural Empowerment and Agricultural Development Scaling-up Initiative atau yang dikenal dengan sebutan READSI, merupakan program yang berada dibawah Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Kementerian Pertanian.

    BPPSDM Kementan melalui BBPP Batangkaluku menggelar pelatihan pertanian dan pedesaan Swadaya program READSI yang dilaksanakan di BBPP Batangkaluku, (22 -24/7/2021).

    Kehadiran program ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga tani miskin di wilayah sasaran program serta memastikan ketersediaan pangan terlebih dimasa pandemi seperti saat ini.

    Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengungkapkan, apresiasi upaya stakeholder pertanian Indonesia yang terus berpikir kreatif dan inovatif.

    Dalam kondisi pamdemi Covid-19 seperti saat ini, dalam mengolah komoditas pertanian agar mudah didistribusikan jadi opsi ideal. Tujuannya agar komoditas tetap terserap pasar, lalu feed back pendapatannya jadi lebih besar.


    Lanjut, beliau juga berkomitmen dalam pembangunan infrastruktur pertanian di desa serta terus melakukan pengawalan ketat terhadap pelaksanaan READSI di daerah sasaran demi terwujudnya petani sejahtera,” ungkapnya.

    Kewirausahaan termasuk salah satu kebutuhan strategis bagi petani dalam mengelola usaha bisnis mikro berbasis sumberdaya lokal di pedesaan. Kehidupan masyarakat petani di pedesaan menuntut untuk berwirausaha yang diharapkan kedepannya mampu mengarahkan perilaku berorientasi pada better farming, better business dan better living.

    Untuk itu Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP Batangkaluku) sebagai Unit Pelaksana Teknis pelatihan pertanian akan menyelenggarakan “E-Learning Pelatihan Manajemen Pengelolaan P4S Program READSI.

    Andi Amal Hayat selaku koordinator penyelenggaraan pelatihan mengungkapkan bahwa tujuan pertanian saat ini guna meningkatkan produksi, produktivitas dan kesejahteraan petani.

    Kementerian Pertanian terus mendukung dengan melaksanakan pelatihan dan bantuan ALSINTAN. Beliau menerangkan bahwa P4S merupakan wadah mempercepat akses dan penerapan informasi teknologi yang di peroleh dari luar dan dikelola oleh P4S lalu diterapkan dan berhasil menjadi contoh untuk kelompok sekitarnya. P4S juga harus mampu mendekatkan kegiatan pelatihan kepada masyarakat.

    Diharapkan hasil dari kegiatan ini mampu mengelola manajemen P4S agar nantinya peserta yang mengikuti nantinya mampu mengelola pelatihan. Tindak lanjut dari kegiatan ini yaitu P4S yang menjadi peserta saat ini akan di monitoring dan diidentifikasi keunggulan/komoditas utamanya. (Al-Aziz/Yuli N).
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini