Diskusi Publik Bahas Pancasila Ditengah Kondisi Bangsa Saat Ini, Diikuti Sejumlah Elemen
  • Jelajahi

    Copyright © kabartujuhsatu.news
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Daftar Blog Saya

    Diskusi Publik Bahas Pancasila Ditengah Kondisi Bangsa Saat Ini, Diikuti Sejumlah Elemen

    Kabartujuhsatu
    Senin, 26 Juli 2021, Juli 26, 2021 WIB Last Updated 2021-07-27T02:46:12Z
    masukkan script iklan disini

    Takalar (Sulsel), Kabartujuhsatu.news,- Gelaran Diskusi Publik yang diselenggarakan oleh 4 elemen organisasi dan lembaga yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan itu, sukses digelar pada sore kemarin di warkop agang ngopi, Galesong Kabupaten Takalar.(26/7/2021)

    Keempat itu diantaranya, Perkumpulan Persaudaraan Muslim Internasional DPD I Provinsi Sulawesi Selatan, Dewan Pimpinan Daerah Jurnalis Online Indonesia Kabupaten Takalar (DPD JOIN Takalar), Dewan Pimpinan Provinsi Lembaga Investigasi Mendidik Pro Rakyat Nusantara Provinsi Sulawesi Selatan (DPP LIDIK PRO Sulsel), dan Forum Pemerhati Galesong (FPG).

    Kegiatan ini yang dikemas santai tapi serius dalam membahas sesuai dengan tema yang diangkat pada kegiatan Diskusi Publik tersebut yaitu “Eksistensi Pancasila Sebagai Ideologi Berbangsa dan Bernegara Dalam Bingkai NKRI” dihadiri puluhan pemuda dan tokoh ormas Islam yang ada di Takalar.

    Mulai dari kalangan pemuda Muhammadiyah, pemuda Anshor, pemuda Karang Taruna kecamatan Galesong, hingga pengurus Perkumpulan Persaudaraan Muslim Internasional Kabupaten Takalar yang juga sebagai pendukung suksesnya acara dalam diskusi publik tersebut.

    Hadir dalam diskusi publik ini, Ketua Karang Taruna Kecamatan Galesong, Rifai Jayandy, ketua Banser Kab. Takalar (Asrul Magau), Sekretaris PPMI DPD II Takalar (Ustad Syam,S.Pd), Ketua Dewan Pembina Karang Taruna Desa Pa’lalakkang (Muh. Tasyrik Dekal), Sekretaris FPG Pusat (Ustad Jamaluddin Ago,S.Ag), Ketua 1 PPMI DPD I Sulsel (Ustad Sirajuddin,S.Pdi), Bendahara Umum PPMI DPD I Sulsel (Ustad Jamaluddin Manda,SE), Plt. Ketua DPD LIDIK PRO Takalar (Anriadi,A.Md Kep), Ketua Partai Perindo Kabupaten Takalar (Kamba Siriwa), Wakil Ketua Jurnalis Online Indonesia Kab. Takalar (Makmur Dg. Pasang), Ketua JOIN Takalar (Aimal Situru), Ketua DPP LIDIK PRO Sulsel (Muh. Kemal,S.Pd.,M.Si) serta tokoh-tokoh ormas lainnya.

    Narasumber dalam acara diskusi publik ini, Ustad Jamaluddin Ago,S.Ag dalam penyampaiannya saat membawakan materi diskusi publik tersebut, mengatakan bahwa pancasila sudah final dan tak bisa diubah lagi dan tugas serta pekerjaan rumah kita bersama adalah bagaimana menjaga nilai-nilai pancasila dalam berbangsa dan bernegara dengan ruang lingkup negara kesatuan republik Indonesia (NKRI), terang Sekjen FPG tersebut.

    Sementara Ustad Jamaluddin Manda, SE dalam diskusi publik menyampaikan bahwa Kondisi bangsa Indonesia saat ini dapat identifikasi dengan melihat prilaku dan kepribadian masyarakat Indonesia yang tercermin dari tingkah laku sehari-hari.Globalisasi tidak bisa dihindarkan. Globalisasi yang menjadikan semua Negara seakan tiada batas. Untuk itu perlunya Pancasila sebagai penyaring dari arus globalisasi. Perlunya pembudayaan nilai-nilai Pancasila tidak sekedar memahami saja, namun harus dihayati dan diwujudkan dalam pengalamannya oleh setiap diri pribadi dan seluruh masyarakat sehingga menumbuhkan kesadaran dan kebutuhan untuk melaksanakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila, terang Bendahara Umum PPMI DPD I Sulsel itu yang juga adalah alumni aksi 212 di Jakarta.

    Ditempat yang sama, Asrul Magau mewakili Pemuda Banser NU mengungkapkan bahwa pancasila sebagai dasar negara kita sudah termaktub didalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 dan itu sudah final, maka dari itu keberadaan pancasila tak bisa ditawar-tawar lagi ataupun digantikan oleh ideologi lain, tegas Asrul.

    Dari tokoh pemuda lainnya, Muh. Tasyrik menyampaikan bahwa Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa mempunyai arti bahwa Pancasila menjadi pedoman bagi setiap perilaku bangsa Indonesia. Perilaku setiap warga Negara harus dijiwai oleh nilai-nilai Pancasila, sehingga bangsa Indonesia mempunyai kepribadian dan jati diri sendiri yang membedakan dengan bangsa-bangsa lain di dunia. Karakter bangsa Indonesia akan ditentukan oleh implementasi fungsi Pancasila sebagai pandangan hidup Bangsa, terangnya.

    Dengan tetap menjaga dan mengekedepankan protokol kesehatan, kegiatan diskusi publik ini berlangsung dari sore hingga jelang magrib dan diakhiri dengan deklarasi bersama sebagai wujud dukungan bersama dalam menjaga eksistensi pancasila serta mendukung pemerintah dalam menjaga keutuhan NKRI.
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini