Berdayakan Rumah Tangga di Pedesaan, Program READSI Tingkatkan Kompetensi Petani Kakao
  • Jelajahi

    Copyright © kabartujuhsatu.news
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Daftar Blog Saya

    Berdayakan Rumah Tangga di Pedesaan, Program READSI Tingkatkan Kompetensi Petani Kakao

    Kabartujuhsatu
    Rabu, 21 Juli 2021, Juli 21, 2021 WIB Last Updated 2021-07-21T14:15:22Z
    masukkan script iklan disini

    Kabartujuhsatu.news,-Program Rural Empowerment and Agricultural Development Scalling Up Initiative (READSI) yang menjadi salah satu bagian dari program utama Kementerian Pertanian guna mendukung terwujudnya Visi Pembangunan Pertanian yaitu tercapainya kedaulatan pangan dan meningkatnya kesejahteraan petani serta mendukung regenerasi petani.


    Program yang bertujuan untuk memberdayakan rumah tangga dipedesaan di lokasi program, baik secara individu maupun secara kelompok dengan ketrampilan, dan pemanfaatan sumberdaya sehingga mampu untuk meningkatkan pendapatan dari sektor pertanian dan non pertanian dan taraf hidup petani secara berkelanjutan.

    Menggandeng fasilitator pelatihan di PT MARS, pelatihan yang berlangsung selama tiga minggu mulai dari tanggal 5 Juli s/d 6 Agustus ini diharapkan peserta dengan mudah menguasai karena diberikan materi praktek dan penyajian materi dengan sangat baik oleh fasilitator sehingga dengan mudah memahami materi.

    Kedepannya (pasca pelatihan) peserta akan tetap dimonitor sehingga setiap peserta dapat menyampaikan hasil perkembangan kegiatan setelah pelatihan.

    Pelatihan dilaksanakan secara Face to Face seperti halnya pelatihan yang dilakukan di Cocoa Academy Tarengge, sehingga secara kualitas dapat dipastikan peserta sudah memiliki pengetahuan, keterampilan dan sikap sebagai kompetensi yang dipersyaratkan untuk bekal peserta sebagai Calon CVC (Cocoa Village Center).



    Lokasi Praktek dilaksanakan di CVC Mars diantaranya pembangunan rumah pembibitan di CVC Rusleli, dan melakukan penyambungan di CVC Masir dengan ini diharapkan peserta dapat menyerap pengalaman dan kisah sukses dari beberapa CVC Mars dalam hal pendampingan, coaching petani dan penyaluran bahan Input ke patani dampingan.

    Kegiatan ini sesuai dengan arahan Kepala BPPSDMP Dedi Nursyamsi yang menyatakan bahwa penting membangun SDM pertanian yang berkualitas. Beliau juga menegaskan bahwa semua harus siap untuk menghadapi Industri 4.0.

    Muhammad Mudhofir salah satu peserta dari Desa Mukti Jaya mengungkapkan bahwa peningkatkan kompetensi seperti ini sangat tepat sasaran karena petani kakao seperti kami ini memang perlu didorong untuk mengelola kebun, sehingga dapat bekerja lebih baik.

    Ditambah dengan pengenalan prinsi-prinsip pertanian kakao yang menguntungkan dan ilmu berkelanjutan serta pemberikan pendidikan dan pendampingan ini sangat berguna kepada masyarakat.

    Melalui transfer pengetahuan tentang produktivitas yang menyangkut soal praktik pertanian yang baik, pemilihan benih unggul, dan pupuk yang tepat ditargetkan dapat meningkatkan hasil panen para petani kakao di daerah tersebut. (Al-Aziz/Yuli N).
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini