Mensyukuri Nikmat Tuhan, Majlis Ta'lim Ahbabul Manaqib Gelar "TADABUR ALAM
  • Jelajahi

    Copyright © kabartujuhsatu.news
    Best Viral Premium Blogger Templates


    Daftar Blog Saya

    Mensyukuri Nikmat Tuhan, Majlis Ta'lim Ahbabul Manaqib Gelar "TADABUR ALAM

    Kabartujuhsatu
    Minggu, 04 April 2021, April 04, 2021 WIB Last Updated 2021-04-04T16:49:17Z
    masukkan script iklan disini


    Remaja Majlis ta'lim AHBABUL MANAQIB (Foto Istimewa)

    Karawang (Jabar), Kabartujuhsatu.news,-Sebagai rasa syukur kepada Allah atas rahmat yang berlimpah, banyak cara untuk menggali potensi diri dalam mendekatkan diri kepada Allah dengan lebih dekat pada alam. Allah telah menciptakan alam dengan begitu indah, tugas sebagai manusia adalah menjaga dan melestarikan segala anugerah keindahan tersebut. Dengan melakukan aktivitas di alam akan semakin mendekatkan kita pada alam. Mendekatkan diri kepada Allah dengan lebih dekat pada alam bisa melalui kegiatan Tadabur alam. Sabtu (3/4/2021)

    Tadabur alam merupakan sarana pembelajaran untuk lebih mengenal Allah SWT yang menciptakan langit dan bumi beserta isinya. Tadabur alam akan membersihkan diri dan jiwa kita dari energi-energi negatif yang mungkin telah bersemayam di hati dan fikiran kita dan sebagai rasa syukur atas karunia Allah yang maha luas. 

    Untuk itu Remaja Majlis ta'lim AHBABUL MANAQIB yang dipimpin oleh seorang Ustad Muda yaitu ABDUL AZIS.MA  mengadakan kegiatan Ziarah ke makam waliyulloh yang terdapat di daerah Karawang yang di kenal dengan sebutan Syekh Quro, Sekaligus penutupan sementara kegiatan di majlis dikarenakan datangnya bulan suci Ramadhan 1442 H yang tinggal menghitung hari. 

    Para remaja yang tergabung di majlis tersebut mengadakan ziarah kubur dan tadabur alam. Tadabur alam yang bertempat di Air Terjun Cigentis yang berlokasi dikampung Sirnaruju Desa Mekar Buana Kecamatan Tegal Waru Kabupaten Karawang Jawa Barat.

    Curug Cigentis merupakan salah satu dari rangkaian air terjun yang ada di kawasan Gunung Loji dan Gunung Sanggabuana. Kawasan ini berada di bawah pengawasan RPH Cigunungsari BKPH Purwakarta. Air terjun ini memiliki tinggi total kurang lebih 25 meter dan berada di ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut.

    Oleh karena itu dalam Al-Qur’an terdapat ajakan untuk mengalihkan perhatian manusia terhadap benda-benda yang ada, agar dapat membuktikan adanya Allah SWT. 

    Dengan mengamati benda-benda tersebut, bagaimana satu dengan yang lain saling membutuhkan, akan memberikan suatu pemahaman yang meyakinkan dan pasti, akan adanya Allah Yang Maha Pencipta lagi Maha Pengatur.  Adapun firman-firman Allah SWT:

    Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang, terdapat tanda-tanda (ayat) bagi orang yang berakal (QS. Ali Imran (3): 190).

    (Dan diantara tanda-tanda kekuasaan-Nya adalah diciptakan-Nya langit dan bumi serta berlain-lainnannya bahasa dan warna kulitmu (QS. Ar-Rum (30): 22)

    Inilah makna tadabbur alam yang sebenarnya cukup dengan memperhatikan dan memfokuskan benda-benda sekitar. Seraya mengajaknya turut mengamati dan memfokuskan perhatian terhadap benda-benda tersebut dan segala sesuatu yang ada di sekelilingnya. 


    Syarif
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini