Pemkab Soppeng Tanam 5.000 Bibit Pohon dan Sedekah Pohon Serentak Pada Peringatan Hari Bumi Tahun 2024
  • Jelajahi

    Copyright © kabartujuhsatu.news
    Best Viral Premium Blogger Templates


    Daftar Blog Saya

    Pemkab Soppeng Tanam 5.000 Bibit Pohon dan Sedekah Pohon Serentak Pada Peringatan Hari Bumi Tahun 2024

    Kabartujuhsatu
    Senin, 22 April 2024, April 22, 2024 WIB Last Updated 2024-04-22T18:14:59Z
    masukkan script iklan disini


    Soppeng, Kabartujuhsatu.news, Peringatan Hari Bumi dirangkaikan Penanaman Pohon dan Sedekah Pohon Serentak 24 Kab/Kota Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2024 dengan tema “Menanam Pohon, Selamatkan Bumi”, bertempat di Jl. La Tenri Bali, Kec. Lalabata. Senin, 22 April 2024.


    Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Soppeng, Ariyadin Arif dalam laporannya, maksud dan tujuan kegiatan pada hari ini adalah untuk melakukan penyerahan bibit secara simbolis dan program sedekah pohon dilanjutkan penanaman pohon secara serentak sebagai wujud peringatan Hari Bumi Sedunia yang bertujuan untuk mengantisipasi perubahan iklim global, degradasi, deforestasi hutan, serta kerusakan lingkungan lainnya.


    Peserta undangan melibatkan seluruh elemen masyarakat mulai dari unsur pemerintah, pelaku usaha, para pelajar, organisasi masyarakat. Adapun jumlah bibit yang kami serahkan sekitar 5.000 bibit. 


    "Untuk pelaksanaan penanaman hari ini sebanyak 1.000 bibit dan masing-masing 500 bibit diserahkan di 8 kecamatan yang ada di Kab. Soppeng. Adapun jenis bibitnya yaitu bibit pohon Mahoni, pohon ketapang kencana, pohon pucuk merah dan pohon bitti.


    Bupati Soppeng, H. A. Kaswadi Razak, SE dalam sambutannya Hari bumi adalah acara tahunan yang bukan hanya dilaksanakan di tingkat Provinsi tapi dilakukan di seluruh dunia pada setiap tanggal 22 April. 


    Hal ini mengingatkan kita betapa pentingnya dalam menjaga lingkungan, sehingga melalui peringatan hari bumi menjadi motivasi kepada seluruh masyarakat di dunia mengingat kondisi bumi kita yang begitu mprihatinkan karena adalah perubahan iklim, muatan aerosol, penipisan atmosfer dan peningkatan emisi gas rumah kaca.


    Oleh karena itu, diperlukan sikap dan upaya yang serius melalui upaya mitigasi selain pengurangan limbah plastik dengan melakukan penanaman pohon untuk mengantisipasi perubahan iklim global serta kerusakan lingkungan.


    Kegiatan hari ini, bukan hanya kegiatan seremonial belaka, tapi harus terus menerus dibiasakan sehingga menjadi kebiasaan dan memunculkan kesadaran dalam menanam pohon setiap orang. Olehnya itu, pada hari ini, kita juga melibatkan anak-anak sekolah demi kepentingan masa depan mereka.


    Permasalahan iklim menjadi masalah, jadi kita smua sebagai penghuni bumi dapat mengatasinya dengan berkolaborasi dalam melaksanakan upaya-upaya perbaikan iklim salah satunya kegiatan menanam pohon dan perluasan lahan untuk mendapatkan nilai manfaat dimasa yang akan datang.


    Olehnya itu, Atas nama pemerintah daerah menyampaikan apresiasi dan terimakasih atas terselenggaranya kegiatan ini. Semoga kegiatan ini menjadi perhatian kita bersama dan semoga apa yang kita tanam menjadi ibadah bagi kita.



    Acara dilanjutkan penyerahan bibit pohon secara simbolis oleh Bupati Soppeng kepada Dadim 1423 Soppeng, Sekretaris Daerah, dan Camat Labatata. Dan dilanjutkan penanaman pohon secara serentak di tempat yang telah disediakan.


    Kegiatan ini juga dilaksanakan secara daring melalui via zoom meeting yang berpusat di Kab. Wajo dan diikuti oleh Pj. Gubernur Sulawesi Selatan dan seluruh pemerintah Kabupaten/Kota se Prov. Sulawesi Selatan.


    Turut hadir pada kegiatan ini, Wakil Bupati Soppeng, Ketua DPRD Kab. Soppeng, para Anggota Forkopimda, Ketua Pengadilan Negeri Watansoppeng, Ketua Pengadilan Agama Watansoppeng, Sekretaris daerah, para Staf Ahli, para Asisten Setda, Kepala BPN Kab. Soppeng, para Kepala SKPD, para Kabag Setda, para Camat, para pimpinan perguruan tinggi, para kepala sekolah tingkat SMA/SMK se Kab. Soppeng, para perwakilan lembaga/organisasi masyarakat.


    (Red) 

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini