Momen Open House, Dewas Perumdam Tirta Ompo Diskusi Dengan Bupati Soppeng Bahas Sumber Air Baku
  • Jelajahi

    Copyright © kabartujuhsatu.news
    Best Viral Premium Blogger Templates


    Daftar Blog Saya

    Momen Open House, Dewas Perumdam Tirta Ompo Diskusi Dengan Bupati Soppeng Bahas Sumber Air Baku

    Kabartujuhsatu
    Rabu, 10 April 2024, April 10, 2024 WIB Last Updated 2024-04-11T00:42:56Z
    masukkan script iklan disini

    Soppeng, Kabartujuhsatu.news, Hari raya idul fitri 1445 H/2024 dan open house Bupati Soppeng Andi Kaswadi Razak, SE menjadi momen bagi salah seorang anggota Dewan Pengawas (Dewas) Perusahaan Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Ompo A. Agus PH Rauf, SE dengan melakukan diskusi bersama pemilik modal tentang perkembangan perusahaan daerah air minum di kabupaten Soppeng untuk melayani masyarakat terkait distribusi air bersih.

    Momen yang berlangsung di hari raya idul fitri rabu malam ini (10/3/2024) dimulai dengan membahas pasca di tunjuknya plt Direktur Perundam Tirta Ompo yang baru, yang sebelumnya memiliki sejumlah persoalan, baik tentang keterlambatan penggajian karyawan hingga beban listrik yang harus ditanggung perusahaan umum daerah ini.

    Dalam diskusi tersebut terungkap perumdam yang pengelolaannya pernah sehat bahkan tertutur bahwasanya pemasukan penghasilan PDAM melalui tangki air jangan dipandang enteng, kata Bupati Soppeng Andi Kaswadi Razak.

    Di kesempatan itu Dewas PDAM Soppeng A. Agus PH Rauf mengutarakan terkait rencana pembangunan sumber Air Baku air sungai ARA yang dinilainya berpotensi untuk menyuplai kebutuhan air masyarakat Soppeng.

    Menurut Agus PH Rauf, rencana pemanfaatan Sungai Ara sebagai sumber air baku Perumdam Tirta Ompo memiliki debit air yang cukup besar dan diperkirakan mampu melayani kebutuhan masyarakat di wilayah kota Watansoppeng hingga ke wilayah Kecamatan Ganra.

    Sebelumnya, Bupati Soppeng minta rencana itu dimatangkan lebih dahulu dengan melalui desain dan serangkaian survey agar rencana ini bisa terealisasikan.

    Di kesempatan open house itu, Bupati Soppeng Andi Kaswadi Razak menegaskan bahwa perlunya memakai ahli terlebih dahulu, ucapnya.

    Namun bila dibandingkan potensi sumber air Baku di sungai ARA dengan sumber air sungai Lawo, Bupati Soppeng Andi Kaswadi Razak menilai lebih bagus di Lawo.

    Andi Kaswadi mengurai bila mengunakan sumber air dari Sungai Lawo, kita bisa mengintervensi dengan memberikan kaporit yang dapat membunuh bakteri patogen dan menjernihkan air.


    "Sementara jika menggunakan sumber air dari sungai ARA itu, langsung mengalir tidak melalui proses, ungkapnya.

    Bupati Soppeng sebagai Kuasa Pemilik Modal Perumdam Tirta Ompo meminta kepada Dewas untuk terus mengawasi
    Direktur dalam menjalankan tugasnya dengan secara teratur dan memantau efektivitas pelaksanaan kebijakan dan proses pengambilan keputusan yang dilakukannya, termasuk pelaksanaan strategi untuk mencapai target yang diharapkan Pemilik Modal.

    Di kesempatan itu juga dibahas terkait sumber air lempa yang dinilainya sudah bagus, namun untuk sumber air Panjilange rencana akan dilakukan normalisasi, hanya saja akses jalan mesti diperbaiki lebih awal karena alat yang akan digunakan untuk pengerukan harus dimobilisasi ke sana, terang Bupati Soppeng Andi Kaswadi.

    Bupati Soppeng dua periode ini pun berkelakar dengan mengatakan, "Asal lancar air, pembayaran pun pasti akan lancar, tuturnya.

    Di kesempatan itu, Bupati Soppeng Andi Kaswadi Razak juga menyinggung terkait adanya penagihan di titik tertentu tanpa diawali dengan nilai jumlah pemakaian melalui meteran.

    Bupati Soppeng berharap Dewas jangan melakukan pembiaran, harus memantau terus perkembangan dan pelaksanan, tegas Andi Kaswadi.

    (Red)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini