Tingkat Kriminal Meningkat, Pengamat Angkat Bicara
  • Jelajahi

    Copyright © kabartujuhsatu.news
    Best Viral Premium Blogger Templates


    Daftar Blog Saya

    Tingkat Kriminal Meningkat, Pengamat Angkat Bicara

    Kabartujuhsatu
    Jumat, 01 Maret 2024, Maret 01, 2024 WIB Last Updated 2024-03-02T01:51:52Z
    masukkan script iklan disini

    Pontianak Kalbar, Kabartujuhsatu.news,
    Kenyamanan ketenangan lingkungan merupakan dambaan setiap warga atau merupakan suatu kebutuhan dasar yang senantiasa diharapkan masyarakat dalam
    melaksanakan aktifitas sehari-hari kata Dr Herman Hofi Kepada Awak Media Jumat 01 Maret 2024.

    Menurut Herman Hofi, Atas dasar hal tsb pemda kabupaten / Kota telah membentuk  Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW). 

    Lembaga ini merupakan  lembaga kemasyarakatan  yang berperan sebagai mitra pemerintah  dalam meningkatkan partisipasi, pemberdayaan, dan pelayanan masyarakat. 

    Bahkan  dapat dikatakan RT dan RW  merupakan front terdepan untuk menciptakan  kenyamanan dan ketenangan dan jembatan  komunikasi  pemda  dan  masyarakat. 

    Mengingat  akan pentingnya  peran  RT dan RW ini maka  dinatur  dalam berbagai regulasi yang diatur dalam Permen dagri  No. 18 Thn 2018 tentang Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Lembaga Adat.

    Masih kata Herman," Proses  pembentukan kepengurusan RT maupun  RW  atas dasar prakarsa masyarakat, tidak boleh direkayasa untuk kepentingan  kelurahan  atau pemerintah  desa, beberapa daerah  seperti  pemkot  pontianak telah ada perda khusus tentang  RT dan RW dengan struktur organisasi disesuaikan  dengan kebutuhan masyrakat  setempat. didasarkan  pada kebutuhan dan kondisi masyarakat.

    Tugas  pokok RT dan RW membantu kelurahan / desa  dalam bidang pelayanan pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan.

    Terlibih lagi Kota Pontianak  sebagai ibukota  provinsi kalbar, dimana  aktivitas  masyarakat  sangat  dinamis dan pluralis,  dengan demikian sangat memungkinkan terjadi  gangguan  ketertiban masyarakat. 

    Dewasa ini di kota pontianak  tingkat kriminalitas cukup mengkhawatirkan.  

    Keamanan dan ketertiban masyarakat semakin terganggu tidak ada kenyamanan  lagi jalan pada malam hari. Tindak pidana pencurian dengan kekerasan dan pencurian kendaraan motor.

    Kondisi ini tentu  perlu  segera  diatasi dengan cara  optimalisasi kinerja  RT dan RW serta membangun sinergisitas dengan  Polresta  dan Koramil  dalam  hal ini  babinkantibmas   dan Babinsa  yang  ada di setiap  keluarahan atau  desa.  Tentu saja   sinergisitas  itu  tidak hanya   sebatas  wacana  atau tertuang  di atas kertas semata. 

    Tapi pemda perlu memikirkan  penambahan fasilitas  atau kesejahteraan  babinsa  dan babinkantibmas yang  selama  ini tidak mendapatkan perhatian pemda  padahal kerja mereka tidak  dibatasi jam kantor sebagaimana  halnya  ASN,  sudah  selayaknya pemkot atau pemda  mengalokasikan  angaran  khusus   untuk  babinsa dan babinkantibmas.

    Jika ada upaya optimalisasi kinerja  RT dan RW  serta berkolaborasi  dengan babinsa dan babinkantipmas  maka 
    banyak hal yang  dapat dilakukan guna  menciftakan  ketertiban dan keamanan  dalan masyarakat tegas Dr Herman Hofi,dengan lantang.

    Sumber: Dr.Herman Hofi
    Jono
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini