Sekretaris Disdikbud Soppeng Sebut SDN 3 Lemba Jadi Roll Model dan Icon Pendidikan di Soppeng, Nyata dalam Aksi P5
  • Jelajahi

    Copyright © kabartujuhsatu.news
    Best Viral Premium Blogger Templates


    Daftar Blog Saya

    Sekretaris Disdikbud Soppeng Sebut SDN 3 Lemba Jadi Roll Model dan Icon Pendidikan di Soppeng, Nyata dalam Aksi P5

    Kabartujuhsatu
    Sabtu, 23 Desember 2023, Desember 23, 2023 WIB Last Updated 2023-12-23T13:33:12Z
    masukkan script iklan disini

    Soppeng, Kabartujuhsatu.news, Agenda Penerimaan Hasil Nilai Belajar (Raport) Semester 1 Tahun Ajaran 2023-2024 dan Panen Hasil Karya P5 UPTD SPF SDN.3 Lemba Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng sukses digelar dengan Khidmad disertai keceriaan yang dilangsungkan di halaman sekolah Sabtu, 23 Desember 2023.

    Dalam kegiatan ini turut hadir selaku undangan terhormat Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab Soppeng Dr. Nur Alim, M.Pd; Sekretaris BKPSDM Kab Soppeng Asdar, S.Sos.,MM; Pengawas Gugus 3 Kab Soppeng Hasanuddin, S.Pd.,M.Pd; Pengurus Komite; Orang tua/Wali murid; beserta seluru Tenaga Pendidik dan Kependidikan SDN.3 Lemba dan Peserta didik.

    Pelaksanaan agenda meliputi Penerimaan Buku raport dan Pagelaran Panen Hasil Karya P5 yakni, Kelas 1 dan 2 menyajikan berbagai jenis Kue Tradisional Bugis serta persembahan tari tradisional daerah; Kelas 4 menyajikan ragam kue tradisional dan makanan tradisional serta mensimulasikan Barzanji atau Mabbarasanji versi Bugis; Kelas 5 menyajikan makanan tradisional, persembahan tarian daerah, mensimulasikan Proses Tradisi Mappacci, dan Proses resepsi inti Mappabotting (MC, mappendre botting, mappakawing, mappassikkarawa, managji, dan membawa hikma pernikahan). Semua sesi dalam kegiatan ini murni diperankan oleh peserta didik.


    Pagelaran acara ini diawali dengan penyerahan buku raport dan dibuka langsung oleh Kepala SDN.3 Lemba Falmunadi, S.Pd dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar besarnya kepada seluruh Orang tua murid yang terlibat dan turun tangan dalam kegiatan ini, boleh dikata keterlibatan orang tua disini cukup terbilang 100% pelaku utama mulai dari perencanaan sampai diakhir kegiatan, inilah yang dinamakan Kolaborasi sempurna.

    "Semoga dengan keterlibatan orang tua selaku mitra kami guna mensukseskan jalannya sistem pendidikan untuk menciptakan generasi yang handal dimasa yang akan datang.

    Selain itu, kata Falmuladi, dirinya berharap semoga kolaborasi ini tetap terjalin dan bisa lebih dari saat ini.

    Kepala UPTD SPF SDN 3 Lemba Falmunadi menuturkan bahwa tujuan pagelaran ini agar peserta didik bisa menjaga budaya dan menanamkan jiwa nasionalisme, mengajak anak-anak mencintai makanan tradisional yang bergizi serta sangat aman untuk dikonsumsi, serta memperkenalkan tradisi budaya kearifan lokal agar generasi yang saat ini bisa menjadi jembatan penerus dan pelestari budaya. Ungkapnya dengan penuh harap dan haru.

    Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Soppeng Dr. Nur Alim, M.Pd dalam sambutannya mengatakan bahwa, Gelaran karya atau panen hasil Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) ini merupakan unjuk karya kreativitas siswa yang merupakan hasil belajar selama kegiatan projek. 


    "Selama projek, siswa ditanamkan dimensi Profil Pelajar Pancasila (beriman, bertakwa serta berakhlak mulia, kreatif, mandiri, bernalar kritis, berkebinekaan global, bergotong royong) dan hari ini sudah terwujud dan kami saksikan langsung, ujar Sekdisdikbud mengakui. 

    "Pagelaran yang dilaksanakan SDN.3 Lemba ini patut diapresiasi sekali, semenjak diberlakukannya Kurikulum Merdeka khususnya pelaksanaan P5 baru kali ini saya melihat Kolaborasi yang sangat luar biasa dan hampir sempurna yang dibangun oleh Orang tua dan Guru.

    "Dan pelaksanaan P5-nya (simulasinya) pun sangat luar biasa, yang menjadi nilai plus luar biasanya adalah pemeran simulasinya.

    "Ini dari jenjang SD loh ! apa yang kami lihat di depan ini, sangat mirip apa yang dilakukan sebagaimana yang dilakukan yang sesungguhnya, apalagi saya sangat terkesan pada Pak Penghulunya". Terang Dr. Nur Alim penuh kagum.

    Dikatakan pula bahwa, Dirinya mewakili Pemerintah Kabupaten Soppeng khususnya Dinas Pendidikan cukup bangga dengan Satuan Pendidikan SDN.3 Lemba ini yang selalu menjadi roll Model dan bisa menyajikan kegiatan hal hal baru atau yang luar biasa, baik dari inovasi proses pembelajaran maupun kegiatan kegiatan lainnya dan itu terbukti sudah diapresiasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI selaku Sekolah Inspiratif dan selalu menyebar video video pembelajaran dan atau hal pendidikan.

    "Kami juga sangat berharap agar SDN.3 ini bisa konsisten untuk selalu berbagi praktek, baik kepada guru dan sekolah lainnya. Ucap Sekretaris Disdikbud.

    Sementara itu, Kordinator pelaksana kegiatan, Sumarni, S.Pd.I, M.Pd menyampaikan kepada pihak media bahwa, dalam kegiatan ini peran kami dari guru-guru hanya bertindak sebagai fasilitator dan mengarahkan (memperkenalkan tradisi kepada peserta didik yang dilaksanakan dari awal semester sampai panen hasil diakhir semester). 

    "Keterlibatan orang tua dalam pelaksanaan P5, ini diluar dugaan kami, mereka bisa berpartisipasi penuh dan sangat antusias sekali, pungkasnya.
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini