Inovasi MIS Al-Muhajirin Puncak Indah Terapkan System QR Code Absen dan Pembelajaran Berbasis Digital
  • Jelajahi

    Copyright © kabartujuhsatu.news
    Best Viral Premium Blogger Templates


    Daftar Blog Saya

    Inovasi MIS Al-Muhajirin Puncak Indah Terapkan System QR Code Absen dan Pembelajaran Berbasis Digital

    Kabartujuhsatu
    Rabu, 22 November 2023, November 22, 2023 WIB Last Updated 2023-11-23T01:57:09Z
    masukkan script iklan disini

    Lutim, Kabartujuhsatu.news, Di era perkembangan industri digital saat ini, memacu kreatif dan inovasi setiap orang dalam melaksanakan kegiatan berbasis Digital. 

    Melihat perkembangan digital, MIS Al-Muhajirin Puncak Indah Kab Luwu Timur melakukan berbagai inovasi dalam memanfaatkan media Digital untuk menunjang pembelajaran di sekolah. Salah satu inovasi yang di terapkan adalah system QR Code Absen.

    QR Code Absen ini berfungsi untuk mengabsen kehadiran siswa melalui Scan QR Code pada ID Card masing-masing siswa. Kemudian secara otomatis akan terekap ke ms. Exel atau Spreenshet Google Drive. 

    Hal ini di gagas oleh Muh. Ishak HM, S.Pd Salah satu guru kelas di MIS Al-Muhajirin puncak indah. 

    Menurutnya QR Code Absen ini sangat memudahkan guru dalam melakukan rekapitulasi absensi kehadiran siswa secara otomatis tanpa harus merekap secara manual.

    Adapun mekanisme penggunaan QR Code Absen Siswa yaitu, Setiap Guru menggunakan Aplikasi Scan QR Code Untuk scan Barcode pada Id Card siswa yang hadir di sekolah. 

    Kemudian secara otomatis akan masuk ke Microsoft Excel dengan tanda warna hijau. Jika siswa tidak hadir di sekolah dengan keterangan izin, sakit dan Alpa guru cukup scan barcode yang telah di pajang di kelas dan mengklik keterangan siswa yang tidak hadir. 

    Untuk siswa yang izin di beri kode warna kuning, siswa yang sakit di beri kode warna biru sementara siswa yang alpa di beri kode warna merah. Setelah di lakukan absensi maka akan terekapitulasi secara otomatis. 

    Selain memudahkan dalam merekapitulasi kehadiran siswa secara otomatis, QR Code Absen dapat meningkatkan semangat siswa untuk selalu hadir di sekolah.

    MIS Al-Muhajirin juga telah menerapkan sistem pembelajaran berbasis digital. Salah satunya memanfaatkan Aplikasi Android dan website flatfrom untuk memberikan materi ajar dan Kuis kepada para siswa. 

    Hal ini lebih meningkatkan semangat belajar siswa sehingga siswa lebih interaktif dalam belajar. Selain itu pembelajaran berbasis digital juga memberikan pengalaman baru kepada siswa. 

    MIS Al-Muhajirin juga telah mengembangkan Website sekolah, hal ini berguna demi untuk memberikan informasi kepada orang tua siswa dan masyarakat luas terkait aktivitas dan kegiatan-kegiatan siswa di Madrasah. Pada website sekolah tersebut orang tua siswa juga dapat memantau perkembangan anak-anaknya. 

    Terdapat berbagai fitur di dalamnya di antaranya adalah Informasi Madrasah, Galeri Kegiatan Siswa, Grafik perkembangan Prestasi Siswa serta materi pelajaran yang dapat di akses oleh orang tua siswa.

    Sementara itu, Kepala Madrasah Sumarni S.Pd.I sangat bersyukur atas perkembangan yang di alami MIS Al-Muhajirin khususnya dalam system Media Digital. Ujarnya Kamis (22/11/2023).

    "Saya sangat bersyukur atas kemajuan MIS Al-Muhajirin, khusus dalam Kemajuan Media Digital. Hal ini sangat menunjang pembelajaran di Madrasah" Ungkap Sumarni.
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini