SDN 3 Lemba Gelar Aksi Penguatan Jiwa Nasionalisme dan Patriotisme Siswa
  • Jelajahi

    Copyright © kabartujuhsatu.news
    Best Viral Premium Blogger Templates


    Daftar Blog Saya

    SDN 3 Lemba Gelar Aksi Penguatan Jiwa Nasionalisme dan Patriotisme Siswa

    Kabartujuhsatu
    Selasa, 22 Agustus 2023, Agustus 22, 2023 WIB Last Updated 2023-08-23T03:36:04Z
    masukkan script iklan disini

    Soppeng, Kabartujuhsatu.news, Warga masyarakat di berbagai seluruh penjuru Tanah Air Indonesia di daerah, instansi dan lembaga lainnya punya cara tersendiri dalam menyambut dan atau merayakan hari Proklamasi kemerdekaan Indonesia. 

    Selain upacara bendera, mengikuti perlombaan, dan menghias tempat tinggal dengan beragam pernak-pernik khas 17-an. 

    Kali ini terkhusus warga SDN 3 Lemba Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng punya kegiatan terbarukan dalam menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI ke 78 tahun 2023.

    Pelaksanaan kegiatan yang bukan merupakan perlombaan ini dilaksanakan selama tiga hari berturut turut diakhir bulan kemerdekaan (Agustus) pada tanggal 21 s/d 23 Agustus 2023 di halaman sekolah.

    Kepala Sekolah SDN 3 Lemba, Falmunadi, S.Pd dalam pemaparannya mengatakan bahwa kegiatan yang digelar ini, sengaja kami laksanakan setelah mengikuti semua rangkaian kegiatan yang digelar oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Soppeng provinsi Sulawesi Selatan.

    "Kegiatan yang digelar ini bukan merupakan perlombaan antar siswa atau pun antar kelas akan tetapi berupa aksi secara personal peserta didik dalam rangka "Penguatan Jiwa Nasionalisme dan Patriotisme Siswa" dalam peng-Implementasian Kurikulum Merdeka, jelasnya.

    Menurut Falmunadi, sejak dari dini perlu ada penempaan penanaman karakter dan jiwa Nasionalisme terhadap peserta didik atau generasi muda yang harus memiliki bekal rasa nasionalisme sebagai modal dalam mencintai Bangsanya sendiri serta bagaimana mereka dapat mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), karena rasa dan jiwa Nasionalisme merupakan kesadaran diri yang mesti terus meningkat, yang diwujudkan oleh kecintaan yang melimpah pada negeri atau bangsa sendiri, tutur Kepala sekolah Falmunadi.

    Sementara itu ditemui salah satu pembina kesiswaan SDN.3 Lemba, Andi Rahman Sulo sapaan akrabnya. 

    Ia mengatakan bahwa kegiatan yang diprakarsai seluruh jajaran SDN 3 Lemba ini, bukan merupakan kegiatan lomba akan tetapi kegiatan yang melibatkan seluruh peserta didik mulai dari kelas 1 sampai dengan kelas 6 tanpa terkecuali. 


    Ia juga menyebut bahwa, "Titik beratnya disini adalah menghindari dan mengesampingkan kesenjangan hebat dan tidak hebat, bagus dan tidak bagus, juara dan tidak juara, katanya.

    I"ntinya adalah, mereka semua sama, punya kelebihan dan kekurangan, semua bebas berekspresi tapi dalam pantauan. 

    "Yang jelasnya kami di sini ingin mereka semua berpartisipasi dalam menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI dengan suka cita, tandas Andi Rahman.


    Dijelaskan, "Jenis kegiatan yang kami persembahkan buat peserta didik diantaranya, mengekspresikan jiwa juangnya melalui gambar dan mengarang narasi perjuangan, serta membuat kreativitas yang bernuansakan Merah Putih untuk kelas tinggi (Kelas 4, 5, dan 6), Menggambar dan mewarnai gambar untuk kelas awal (Kelas 1, 2, dan 3). 

    'Dengan kegiatan yang laksanakan ini, kami berharap agar peserta didik dapat mempunyai dan atau memiliki rasa Nasionalisme dan patriotisme yang tinggi dari sejak dini, pungkasnya.


    (Red/ARS)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini