Berpotensi Kemarau, Pemerintah Desa Timusu Bagikan Bibit Padi Unggul Untuk Warga
  • Jelajahi

    Copyright © kabartujuhsatu.news
    Best Viral Premium Blogger Templates


    Daftar Blog Saya

    Berpotensi Kemarau, Pemerintah Desa Timusu Bagikan Bibit Padi Unggul Untuk Warga

    Kabartujuhsatu
    Selasa, 28 Maret 2023, Maret 28, 2023 WIB Last Updated 2023-03-29T05:51:06Z
    masukkan script iklan disini


    Soppeng, Kabartujuhsatu.news,-
    Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Melalui rilis resminya memprediksi bahwa musim kemarau 2023 lebih kering dibandingkan tiga tahun terakhir.


    Selain itu juga Kemarau tahun ini diprediksi datang lebih awal dan bertahan hingga akhir 2023.


    Berdasarkan hal tersebut, Pemerintah Desa Timusu Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng, melakukan antisipasi yakini menyiapkan Bibit padi unggul bagi warganya dengan jenis varietas Inpari 13.


    Menurut Kepala Desa Timusu Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng Firdaus bahwa kelebihan jenis varietas unggul ini adalah umurnya pendek hanya 90 hari sudah bisa panen, katanya.


    Hal itu disampaikan Kepala Desa Timusu Firdaus saat melaksanakan Kegiatan Safari Ramadhan atas nama Pemerintah Desa Timusu di seluruh Masjid diwilayahnya, Selasa (28/3/2023).


    Dalam kesempatan safari Ramadhan tersebut, Kades Firdaus juga meminta kepada seluruh petani diwilayahnya untuk mempercepat pengelolaan kembali sawah mereka setelah panen.


    Bahkan Kades Timusu Firdaus menganjurkan untuk mempercepat pertanaman dengan alasan mumpung masih ada air sehingga jangan lagi ditunda-tunda, imbuhnya.



    Pengadaan bibit unggul ini dari Pemerintah Desa Timusu Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng, yang dialokasikan melalui Anggaran Dana Desa 2023 dengan program Ketahanan Pangan.


    Dari Penyampaian Kades Timusu, potensi lahan pertanian diwilayah Desa Timusu sekitar 600 Ha lebih , dan pemerintah Desa sudah menyiapkan 12 ton untuk memenuhi kebutuhan bibit bagi para petani di Desa Timusu, terang Firdaus.


    "Program ini dilakukan, kata Firdaus, "Mengingat pada musim tanam kemarin ada keterlambatan penanaman karena persoalan teknis yakni irigasi Langkemme mengalami kerusakan, sehingga secara otomatis akan mempengaruhi keterlambatan musim tanam periode berikutnya, oleh karena itu menurut Firdaus sebagai Kepala Desa Timusu menyerukan dan menghimbau pada warganya untuk menanam bibit yang umurnya cepat dan tahan kekeringan, dan pilihannya adalah jenis varietas Inpari 13 dan kini bibit tersebut sudah tersedia dikantor Desa Timusu secara gratis.


    (Red/**)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini