Dukung Budaya Literasi, Sekretaris Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Soppeng Terima Kunjungan Murid SDN 3 Lemba
  • Jelajahi

    Copyright © kabartujuhsatu.news
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Daftar Blog Saya

    Dukung Budaya Literasi, Sekretaris Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Soppeng Terima Kunjungan Murid SDN 3 Lemba

    Kabartujuhsatu
    Kamis, 19 Januari 2023, Januari 19, 2023 WIB Last Updated 2023-01-19T09:10:38Z
    masukkan script iklan disini


    Soppeng, Kabartujuhsatu.news,- Dalam rangka mendukung literasi budaya pendidikan di kabupaten Soppeng, Pelaksana Harian kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (PKD) Kabupaten Soppeng menerima sejumlah murid SDN 3 Lemba Kecamatan Lalabata yang di dampingi pengelola perpustakaan sekolah SDN 3 Lemba bersama Guru Kelas.

    UPTD SPF SDN. 3 LEMBA Kec. Lalabata Kab. Soppeng berkunjung ke Perpustakaan dan Kearsipan Kab. Soppeng, Kamis 19 Januari 2023. Kunjungan ini didampingi oleh Pengelola Perpustakaan SDN.3 Lemba Hj. Musdalifah Salama, S.Sos bersama Guru Kelas mereka yakni Jamila, S.Pd dan Rosita, S.Pd.


    Hj. Musdalifah S Kepala Perpustakaan SDN 3 Lemba yang di dampingi guru kelas Jamila, S.Pd dan Rosita, S.Pd dikesempatan kunjungan tersebut menyampaikan maksud murid-muridnya melakukan kunjungan di kantor perpustakaan dan kearsipan daerah kabupaten Soppeng.


    Hj Musdalifah mengatakan bahwa tujuan dari dilakukannya kunjungan ini adalah dalam rangka mengenalkan kepada siswa-siswi kami tentang dunia literasi yang lebih luas.


    Selain itu, Hal ini dilakukan untuk menjembatani para siswa-siswi dalam menemukan motivasi kepada dirinya untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih bermakna, ujarnya.


    "Kita ingin memperkenalkan dan memacu siswa untuk mempunyai cita-cita yang lebih tinggi, melalui perpustakaan, sehingga motivasi diri untuk belajar dan gemar membaca akan tercipta, terangnya.


    "Oleh karena itu, diawali dengan mengenalkan siswa terhadap perpustakaan, akan muncul rasa cinta terhadap buku, rasa cinta terhadap membaca, sehingga dari membaca akan tercipta suatu ide dan gagasan yang luar biasa di kemudian hari di masa depan mereka, papar Hj. Musdalifah.


    Dalam kunjungan ini, siswa tidak hanya mendapatkan motivasi tentang dunia literasi yang ada di Perpustakaan Soppeng, tetapi mereka diajak untuk jalan-jalan berkeliling di setiap ruang Perpustakaan, melihat lebih dekat buku dan koleksi yang ada di Perpustakaan serta memperkenalkan perpustakaan digital dan layanan internet.


    Sementara itu, Kepala Bidang Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Soppeng Mappanganro, S.Sos yang juga selaku pelaksana harian Sekretaris DPK Soppeng, mengatakan bahwa, "Kami dari pihak (Perpustakaan Daerah, (Perpusda) Soppeng sangat menyambut baik dengan kehadiran anak anak kita ini untuk membaca dan mengenal lebih jauh lagi dunia perpustakaan, ujarnya dalam kunjungan siswa siswi SDN 3 Lemba tersebut.


    Kata Mappanganro, "Ini bisa terus galakkan dan berkelanjutan, yang tentunya kita harus memberi pemahaman kepada mereka akan pentingnya dan fungsi adanya perpustakaan, jelasnya


    Menurutnya, "Karena kita ketahui perpustakaan sebagai lembaga penyedia ilmu pengetahuan dan informasi yang memiliki peran serta yang sangat penting bagi semua  orang.


    "Demikian juga halnya dalam dunia pendidikan seperti sekolah, tambahnya.


    Dikatakannya, "Perpustakaan itu memiliki peran yang sangat penting untuk mendukung agar siswa gemar membaca, meningkatkan literasi informasi, menambah wawasan, juga untuk memenuhi kebutuhan siswa agar lebih memperdalam  ilmu pengetahuan, terang Mappanganro dalam kesempatan itu.


    "Membaca itu sangat penting bagi siswa, karena dengan membaca, siswa bisa mendapatkan banyak informasi, yang nantinya  dapat terbuka wawasan berpikir mereka secara luas, tandasnya.


    Dirinya mengurai penyebab kurangnya minat baca siswa.


    Kata Dia"Tidak semua siswa berminat pergi ke perpustakaan, sehingga, disaat istirahat masih banyak siswa memilih bermain atau jajan dari pada membaca buku di perpustakaan.


    "Hal itu disebabkan masih kurangnya minat untuk membaca para siswa, sehingga hal ini juga menjadi tantangan bagi para guru dan orang tua siswa untuk lebih memberikan dorongan, motivasi kepada para siswa  agar mereka menyadari betapa pentingnya gemar membaca, tandasnya.


    "Kami dari Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Soppeng sangat mendukung budaya literasi, pungkasnya.




    (Red/ARS)

    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini