SMKN 3 Soppeng Terima Apresiasi 15 Terbaik Giat UKBI Merdeka Se-Indonesia Tahun 2022
  • Jelajahi

    Copyright © kabartujuhsatu.news
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Daftar Blog Saya

    SMKN 3 Soppeng Terima Apresiasi 15 Terbaik Giat UKBI Merdeka Se-Indonesia Tahun 2022

    Kabartujuhsatu
    Jumat, 25 November 2022, November 25, 2022 WIB Last Updated 2022-11-26T03:16:48Z
    masukkan script iklan disini

    Soppeng, Kabartujuhsatu.news,-SMKN 3 Soppeng dapat Penghargaan Apresiasi giat UKBI Tahun 2022 Tingkat Nasional dalam Kegiatan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) Oleh Kepala Balai Bahasa Sulawesi Selatan Drs. Yani Paryono, M.Pd mewakili Kemdikbudristek, bertepatan dengan Peringatan Hari Guru Nasional, 25 Nopember 2022 dilapangan Upacara SMKN 3 Soppeng 

    Mendapatkan penghargaan dari Kementrian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Selatan sebagai sekolah terbaik tingkat nasional, peraih Apresiasi Giat UKBI 2022. Yang diselenggarakan oleh Pusat Pembinaan Bahasa dan sastra, badan Pengembangan dan Pembinaan Bahas, Kemendikbud.

    Kepala Balai Bahasa Sulawesi Selatan Drs. Yani Paryono, M.Pd menyampaikan apresisi yang sangat luar biasa terkait kegiatan tersebut karena yang telah mengharumkan nama Sulawesi Selatan bahwa ini sebuah prestasi yang luar biasa diraih SMKN 3 Soppeng, karena salah satunya sekolah kejuruan yang ada di Indonesia menerima penghargaan tersebut . 

    Pesan khusus kepala balai bahasa Sulawesi selatan Kepada Dr. Settaraming, M.Si
    Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IV Soppeng, Wajo, Sidrap bahwa kiranya pelaksanaaan UKBI pada tahun 2023 senantiasa diperhatikan, sehingga seluruh jenjang mulai dari SMA dan SMK dapat mengikuti.

    Kepala SMKN 3 Soppeng kepada awak media kami sangat bangga dan merespon kegiatan ini, apalagi merupakan sebuah prestasi yang sangat luar biasa di dunia pendidikan, telah mengharumkan nama Sulawesi selatan pada kegiatan UKBI, prestasi yang di raih pada tahun ini bisa dipertahankan.

    Kegiatan UKBI yg dilaksanakan di SMKN 3 SOPPENG disamping siswa mengikuti Uji, sekolah juga mengirimkan video dan artikel tentang kegiatan giat UKBI yg dilaksanakan di sekolah, hal inilah yg menjadi penilaian di Tingkat Pusat sehingga SMKN 3 SOPPENG di tetapkan oleh dewan juri sebagai peraih 15 sekolah terbaik giat UKBI tingkat Nasional. 

    "Dari kegiatan ini kami satu-satunya sekolah SMK yang lolos, dan ini adalah kado terindah untuk SMKN 3 SOPPENG dalam moment Hari Guru Nasional tahun ini.

    Faisal,S.Pd.,M.Si  selaku penaggung jawab kegiatan UKBI dan guru mata pelajaran bahasa Indonesia di SMKN 3 Soppeng menjelaskan bahwa UKBI merupakan tes standar  dalam mengukur kemahiran berbahasa bagi para penutur bahasa Indonesia.


    Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI ) sangat penting karena dapat mengevaluasi kemampuan berbahasa sekaligus memotivasi pendidik  dan peserta didik untuk menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, sehingga dapat terhindar dari kesalahan presepsi akibat kesalahan dalam berbahasa. 

    Materi yang diujikan pada pelaksanaan UKBI tersebut, meliputi empat kemahiran berbahasa, keempat kemahiran berbahasa tersebut adalah:  mendengarkan, membaca, menulis dan berbicara. 

    Selain materi tersebut, pada UKBI juga mengujikan materi tentang kaidah berbahasa Indonesia.

    Hasil UKBI yang dilaksanakan  dikelompokkan  kedalam tujuh predikat yaitu: istimewa, sangat unggul, unggul, madya, semenjana, marginal dan terbatas). 

    UKBI adaptif  yang kami laksanakan di SMKN 3 Soppeng pada tahun 2022 ini, merupakan kegiatan perdana.

    Berdasarkan testimoni dari peserta didik, mereka sangat bangga dengan kegiatan UKBI adaptif  ini karena memperoleh pengalaman baru khususnya  materi berbahasa Indonesia, sehingga mereka berharap agar UKBI ini dapat dijadikan sebagai program rutin di sekolah yang bukan hanya untuk kepentingan pembelajaran, tetapi menjadikan sebagai prasyarat kepada seluruh peserta didik yang akan diterima di sekolah, sehingga kemahiran berbahasa Indonesia bisa lebih diunggulkan.

    Turut hadir, Kepala Cabang Dinas Wil IV, Guru dan Staf SMKN 3 Soppeng dan Undangan

    Reporter : A.Adhy
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini