Warisi Semangat KH Ahmad Dahlan, Begini Bentuk Aktualisasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Unismuh Makassar
  • Jelajahi

    Copyright © kabartujuhsatu.news
    Best Viral Premium Blogger Templates


    Daftar Blog Saya

    Warisi Semangat KH Ahmad Dahlan, Begini Bentuk Aktualisasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Unismuh Makassar

    Kabartujuhsatu
    Sabtu, 08 Januari 2022, Januari 08, 2022 WIB Last Updated 2022-01-08T14:32:56Z
    masukkan script iklan disini

    Makassar, Kabartujuhsatu.news,-Muhammadiyah di awal berdirinya dikenal sebagai Organisasi yang mempelopori semangat gerakan "Akurasi Arah Kiblat" yang dulunya Masyarakat masa itu melaksanakan shalat hanya sebatas menghadap barat tanpa memperhitungkan Letak Geografis Indonesia.

    KH Ahmad Dahlan selaku pendiri Muhammadiyah pada masa itu melakukan ijtihad akurasi arah Kiblat Masjid Kraton Jogjakarta berdasarkan perhitungan arah Kiblat dengan menggunakan instrumen Kompas.

    Melalui semangat KH Ahmad Dahlan tersebut Fakultas Agama Islam (FAI) Prodi Pendidikan Agama Islam di bawah bimbingan Dosen Ahli Falak Unismuh Makassar Mursyid Fikri SPdi, MH mengajak mahasiswa melakukan praktek lapangan dalam rangka Tadabbur Ilmu Falak dengan tema "Aktualisasi Pembelajaran Ilmu Falak Pengukuran Arah Kiblat Di Alam Terbuka" Malino 7-8 Januari 2022.


    Mursyid Fikri, SPdi,MH selaku Dosen pembimbing sekligus Dosen Pengampuh mata kuliah Ilmu Falak mengatakan bahwa,"Aktualisasi keilmuan Pembelajaran Ilmu Falak ini merupakan salah satu tuntutan Merdeka Belajar yakni Mahasiswa diharapkan mampu mengimplementasikan keilmuannya secara langsung baik dalam kehidupan pribadinya maupun kehidupan masyarakat nantinya".

    Kegiatan ini sekligus memberikan spirit kepada Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Makassar akan lerjuangan KH Ahmad Dahlan selaku pendiri Persyarikatan Muhammadiyah.


    Terkahir beliau berharap semoga kelak dengan adanya perhatian penuh kampus Universitas Muhammadiyah Makassar dengan perkembangan Ilmu Falak bisa melahirkan kader-Kader pelanjut Perjuangan KH Ahmad Dahlan kelak, katanya.

    Melalui media ini beliau juga menyatakan bahwa dengan kegiatan seperti ini pula menjadikan Universitas Muhammadiyah sebagai kampus yang siap merealisasikan program besar pembangunan Observatorium Pertama di Indonesia Timur.

    Aiman Abu Khair selaku Ketua Pelaksana menyampaikan kesyukurannya atas terealisasikannya Tadabbur Ilmu Falak ini.

    "Kami sangat bersyukur atas terlaksananya kegiatan ini karena Kami dapat mengenal lebh jauh lagi terkait pembelajaran ilmu Falak yang notabennya ternyata asyik dan tidak sesulit dari apa yang pernah kami bayangkan"

    Pada kegiatan ini kami diajarkan oleh Dosen pembimbing berbagai metode dalam menentukan arah kiblat di alam terbuka sebagai bentuk aktualisasi keilmuan yang telah kami pelajari di kelas.

    "Yakni menentukan arah kiblat menggunakan : Kompas, Istiwaaini, Tongkat Istiwa dan Miswala Kiblat, serta prosedur mendapatkan logika rumusnya.

    "Pembelajaran kali ini merupakan Wisata Intelektual yang sangat berkesan bagi kami sekligus Proyek Pembelajaran sebagai tugas Akhir, Pungkasnya.
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini