Mahasiswa KKLP Lamappapoleonro Gandeng Dinas PPK dan UKM Gelar Penyuluhan Kewirausahaan di Desa Kebo
  • Jelajahi

    Copyright © kabartujuhsatu.news
    Best Viral Premium Blogger Templates


    Daftar Blog Saya

    Mahasiswa KKLP Lamappapoleonro Gandeng Dinas PPK dan UKM Gelar Penyuluhan Kewirausahaan di Desa Kebo

    Kabartujuhsatu
    Rabu, 24 Maret 2021, Maret 24, 2021 WIB Last Updated 2021-04-23T11:45:47Z
    masukkan script iklan disini


    Mahasiswi KKLP Lamappapoleonro bersama perwakilan Kadis PPK dan UKM Andi Hamzah Bahuwali serta pendamping UMKM Kabupaten Soppeng Arsi Susianti saat melaksanakan penyuluhan kewirausahaan di Desa Kebo kecamatan Lilirilau (Foto Istimewa).

    Soppeng (Sulsel), Kabartujuhsatu.news, Mahasiswa STIMIK Lamappapoleonro melaksanakan penyuluhan yang di langsungkan di Desa Kebo Kecamatan Lilirilau, Selasa (23/3/2021).


    Menurut koordinator Mahasiswa STIMIK Lamappapoleonro bahwa kegiatan ini sebagai salah satu program kerja dalam kegiatan KKL Lamappapoleonro, ujarnya.


    Adapun tujuan kegiatan ini yakni sebagai upaya memberikan pengetahuan tentang kewirausahaan kepada masyarakat di Desa Kebo, ujarnya.


    Sementara itu Andi Hamzah Bahuwali yang mewakili Kepala Dinas PPK dan UKM dalam pemaparannya menyampaikan bahwa Kewirausahaan adalah sebuah proses dalam menciptakan sesuatu yang baru, dimana proses dalam pengerjaannya dilakukan dengan kreatif dan penuh dengan inovasi.


    "Tujuan dari kewirausahaan itu adalah untuk menciptakan sesuatu yang baru agar bermanfaat bagi orang lain serta memiliki nilai lebih. Jelasnya.


    Andi Hamzah menuturkan bahwa, Kewirausahaan merupakan sebuah sikap mental seseorang yang memiliki kreativitas yang tinggi.


    "Seseorang yang memiliki jiwa kewirausahaan adalah orang yang aktif, unik, berdaya guna membuat sesuatu, serta bermanfaat bagi banyak orang.


    Kegiatan kewirausahaan memiliki proses yang dinamis demi menciptakan sesuatu yang disertai dengan model, sumber daya, waktu, serta risiko yang mungkin terjadi. Paparnya.


    Dikatakannya"Kewirausahaan merupakan proses dalam mengidentifikasi, mengembangkan dan mewujudkan visi dan misi usaha.jelasnya.


    Dikesempatan itu juga diungkapkan tentang ciri-ciri orang yang memiliki jiwa kewirausahaan yakni Memiliki sifat kreatif dan berani, Berkemauan keras dan memiliki semangat yang tinggi, Mampu menganalisis dengan baik, Memiliki jiwa kepemimpinan dan tidak boros, Dapat membuat keputusan dengan bijak dan bertanggung jawab serta Mengabdi pada bisnis yang dijalankannya.


    Lanjut dikatakan "tujuan kewirausahaan yang sesungguhnya agar dapat membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain, Menciptakan jaringan bisnis yang baru yang bisa menyerap banyak tenaga kerja, Meningkatkan kesejahteraan kehidupan diri sendiri serta masyarakat sekitar dari usaha yang dijalankannya dengan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat, Menularkan serta mengembangkan semangat berwirausaha pada orang lain, Membantu para pengusaha muda guna berkreasi serta berinovasi. Terangnya.


    "Yang terpenting adalah bagaimana meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya yang ada di Wilayah, tandasnya.


    Penyuluhan Kewirausahaan UMKM di Desa Kebo kecamatan Lilirilau (Foto Istimewa).

    Sementara itu pendamping Arsi Susianti selaku pendamping Kewirausahaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) kabupaten Soppeng menambahkan, "Kami berharap kegiatan ini dapat mengoptimalkan sumber daya manusia serta terbentuk pelaku usaha yang tangguh dan inovatif menuju kemajuan perekonomian di kabupaten Soppeng” jelasnya.


    Kata Dia, "Kendala dalam berwirausaha adalah soal mental di mana sebagian masyarakat bercita-cita menjadi pekerja kantoran. Masalah lain adalah kemudahan yang diberikan pemerintah untuk menumbuhkan iklim wirausaha.


    Para peserta Penyuluhan Kewirausahaan di Des Kebo (Foto Istimewa).

    Susianti juga menyebut persaingan sekarang ini justru menyenangkan. Ibarat balap sepeda motor, intinya bagaimana pelaku usaha berani mengambil risiko. “Seperti Valentino Rossi berani ambil risiko di tikungan,” ujarnya mencontohkan.


    Dikatakannya, " Untuk bisa sukses, pelaku UMKM harus melakukan sesuatu yang tidak dilakukan orang lain atau pelaku UMKM lain. “Jadi mentalitas harus disiapkan dalam menjalankan usaha, jangan menyerah tetap semangat,” tegas Susianti.


    Kami berharap masyarakat dapat menelaah apa yang disampaikan oleh pemateri sehingga nantinya dapat diimplementasikan dalam kegiatan usaha untuk menumbuhkembangkan perekonomian di desa Kebo begitupun kepada mahasiswa (i) KKLP Lamappapoleonro agar kiranya dipahami sehingga nantinya dapat menjadi interpreniur handal, pungkasnya. (Red/Hendra).

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini