Terjadi Gempa di Sidrap, Setelah Gempa Susulan di Majene
  • Jelajahi

    Copyright © kabartujuhsatu.news
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Daftar Blog Saya

    Terjadi Gempa di Sidrap, Setelah Gempa Susulan di Majene

    Kabartujuhsatu
    Jumat, 15 Januari 2021, Januari 15, 2021 WIB Last Updated 2021-01-16T03:47:39Z
    masukkan script iklan disini

    Ilustrasi: Tim Basarnas mengevakuasi korban reruntuhan di Mamuju dengan alat seadanya, Jumat 15 Januari 2021 / [Foto Basarnas]


    Sidrap (Sulsel), Kabartujuhsatu.news, - Gempa bumi berkekuatan 3,7 juga mengguncang Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan. Gempa terjadi pukul 09.08 Wita pada hari Sabtu (16/1/2021).

    "Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo 3,7," kata Kepala Sub Pelayanan Jasa BMKG Wilayah IV Makassar, Siswanto.

    Ia mengatakan, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 3,97 LS dan 120.15 BT, atau tepatnya berlokasi pada jarak 23 kilo meter Tenggara Sidrap, Sulawesi Selatan pada kedalaman 10 kilo meter.

    Kata Siswanto, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Saddang.

    Baca Juga:
    Kembali Gempa Susulan di Majene Pagi Ini, Terasa Sampai Mamuju

    Dampaknya, guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Sidrap dan Wajo II-III MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang.

    "Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami," tambah Siswanto.

    Ia pun mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Ia juga meminta agar masyarakat menghindar dari bangunan yang retak atau rusak yang diakibatkan oleh gempa.

    "Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, atau pun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah," jelasnya.

    Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android).
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini