Dinas Pertanian Kabupaten Soppeng Menggelar Sosialisasi Budi Daya Tanaman Porang
  • Jelajahi

    Copyright © kabartujuhsatu.news
    Best Viral Premium Blogger Templates


    Daftar Blog Saya

    Dinas Pertanian Kabupaten Soppeng Menggelar Sosialisasi Budi Daya Tanaman Porang

    Kabartujuhsatu
    Sabtu, 10 Oktober 2020, Oktober 10, 2020 WIB Last Updated 2020-10-11T04:45:56Z
    masukkan script iklan disini


    Soppeng (Sulsel), Kabartujuhsatu.news, Dinas Tanaman Pangan Holtikultur dan Perkebunan (DTPHP) melaksanakan Sosiialisasi Budi Daya Tanaman Porang yang dilangsungkan di Aula Kantor BPP Mallanroe, Kecamatan Lalabata,  Sabtu (10/10/2020). 

    Sebagaimana diketahui bahwa Visi DTPHP Kabupaten Soppeng yakni “Terwujudnya Sistem Pertanian yang Melayani dan Pro Petani serta Berkelanjutan di Kabupaten Soppeng Tahun 2021”.

    Dengan visi tersebut Kadis DTPHP Ir.Fajar telah berupaya untuk melayani kebutuhan petani utamanya dalam misinya yakni Meningkatkan nilai tambah dan daya saing produk hasil pertanian.

    Saat ini Tanaman Porang yang lagi trend khususnya di kabupaten Soppeng dan hasilnyapun menjajikan jika membudidayakan tanaman tersebut dengan tepat dan memahami proses pemasarannya. 

    Dengan dasar tersebut Kadis Pertanian kabupaten Soppeng menghadirkan pemateri kelahiran Madiun 5 Juli 1979 Didik Kuswandi, SE, M.Mar.Eng

    Dia adalah kepala Desa yang saat ini terbilang sukses dalam pengembamgan budidaya Tanaman Porang khususnya di wilayah Blitar Jawa Timur. 




    Master Marine Engineer ini mempunyai Motto, Harta Semakin Kita Kejar Semakin Miskin Terasa Karena Harta Terindah Adalah Ilmu Yang Bermanfaat Bagi Orang Lain.

    Dikesempatan itu Kadis Pertanian Kabupaten Soppeng Ir. Fajar mengungkapkan dengan kehadiran pemateri ini petani Soppeng dan pecinta pertanian yang ingin sukses dalam berbudiya tanaman Porang dapat memahami Janis tanaman porang yang tepat berikut cara pengelolaannya, ujarnya. 

    Sementara itu Naharuddin salah satu peserta yang hadir dalam sosialisasi tersebut mengungkapkan, Tanaman porang menjadi perbincangan beberapa waktu terakhir. Pasalnya tanaman yang satu ini disebut-sebut mampu menghasilkan keuntungan berlipat ganda. Ujar nahar saat ditemui, minggu (11/10) 

    Tanaman porang atau nama lainnya Iles-iles mempunyai nama latin Amorphophallus muelleri merupakan tanaman penghasil umbi yang dapat dimakan, anggota marga Amorphophallus.

    Manfaat iles-iles terutama untuk bidang industri dan kesehatan, karena kandungan glukomannan pada tepung umbinya. Porang mampu menghasilkan karbohidrat dan tingkatan panen yang tinggi.jelasnya.

    Porang dapat tumbuh di jenis tanah apa saja. Meski begitu tanaman ini tumbuh dengan baik di tanah yang memiliki naungan misalnya di bawah pohon jati, mahoni dan sengon. Ujar Naharuddin. 

    Teknik Perkembangbiakan porang bisa dengan menggunakan biji.katanya.

    Terakhir kata Naharuddin, Saya mengapresiasi Dinas Pertanian Kabupaten Soppeng yang telah mengahdirkan nara sumber yang handal dan tidak pelit ilmu itu sehingga saya yakin jika para peserta penelaah dengan baik saat sosialisasi insyah allah kedepan semua akan sukses, pungkas Nahar. 

    Untuk diketahui Misi pada Dinas Pertanian Kab. Soppeng Untuk Mewujudkan Visi yang ingin dicapai yaitu :
    1. Memantapkan dan meningkatkan produksi, produktivitas dan mutu hasil tanaman pangan, hortikultura, perkebunan dan hasil ternak secara berkelanjutan.

    2. Meningkatkan nilai tambah dan daya saing produk hasil pertanian.

    3. Menciptakan Lingkungan yang kondusif bagi masyarakat veteriner.

    4. Mewujudkan sistem penyelenggaraan penyuluhan pertanian yang efektif serta memantapkan koordinasi dan sinergitas dalam penyelenggaraan penyuluhan pertanian.

    5. Mendorong pengembangan kapasitas Sumber Daya Manusia Aparatur, Pelaku Utama dan Pelaku Usaha serta pengembangan kelembagaan Petani. (Red/Nhr). 
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini