Survei LSJ Ungkap Alasan Publik Pilih Prabowo-Gibran: Kelanjutan Program Strategis Jokowi
  • Jelajahi

    Copyright © kabartujuhsatu.news
    Best Viral Premium Blogger Templates


    Daftar Blog Saya

    Survei LSJ Ungkap Alasan Publik Pilih Prabowo-Gibran: Kelanjutan Program Strategis Jokowi

    Kabartujuhsatu
    Jumat, 29 Desember 2023, Desember 29, 2023 WIB Last Updated 2023-12-30T07:57:35Z
    masukkan script iklan disini

    Jakarta, Kabartujuhsatu.news - Lembaga Survei Jakarta (LSJ) merilis hasil survei terbaru bertajuk “Pasca Debat, Paslon Mana Melesat?” untuk periode 22 sampai 27 Desember 2023.

    Hasilnya, elektabilitas pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul jauh dari 2 paslon lainnya, yaitu paslon nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) serta paslon nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

    Prabowo-Gibran mendapat perolehan persentase suara sebesar 50,3%. Sementara itu, Anies-Cak Imin dengan 23,2% dan Ganjar-Mahfud mendapat 23,1% suara.

    “Hasil survei yang dilakukan oleh LSJ menunjukkan bahwa pasangan Prabowo-Gibran mendominasi dengan elektabilitas yang mencapai 50,3%. Keunggulan ini menciptakan peluang kemenangan satu putaran yang terbuka lebar bagi mereka, mengingat jarak yang signifikan dari pesaing terdekat, yakni pasangan Anies-Cak Imin dengan elektabilitas sebesar 23,2%,” ungkap Direktur Riset LSJ Fenta Ardianto dalam rilis survei virtual, Kamis (28/12).

    Hasil survei yang sama juga menyoroti sejumlah alasan yang membuat publik memilih pasangan Prabowo-Gibran. Tiga di antaranya adalah Prabowo dinilai sebagai sosok yang tegas dan berani; kinerja Prabowo sebagai Menhan; serta sosok Gibran yang cerdas dan tenang.


    “Ketika LSJ mencoba mengetahui lebih jauh mengenai alasan-alasan yang membuat responden memilih pasangan Prabowo-Gibran, kami menemukan bahwa sebanyak 30,2% responden menyatakan memilih pasangan tersebut karena menganggap Prabowo sebagai sosok yang tegas dan berani,” jelas Fenta.

    “Sementara itu, 21,4% responden memilih pasangan ini karena selama menjadi Menhan, Prabowo memilik kinerja yang luar biasa. Selain itu, 14,5% responden menyatakan bahwa mereka kagum terhadap sosok Gibran,” sambungnya.

    Sementara itu, dua alasan lainnya yang membuat publik memilih paslon Prabowo-Gibran karena keduanya dinilai sebagai sosok yang akan melanjutkan program strategis Jokowi dengan persentase suara sebesar 12,9%; serta Prabowo-Gibran yang dinilai sebagai pasangan ideal (sipil-militer-dan tua-muda) dengan perolehan 9,6% suara.

    Survei ini dilakukan terhadap 1.200 responden di 38 provinsi yang ada di Indonesia dengan menggunakan teknik wawancara melalui telepon. Pemilihan sampel dilakukan dengan metode _multistage random sampling_ dan _margin of error_ sekitar ±2,83%.
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini